Borobudur marathon weekend, candi masih buka untuk turis - WisataHits
Jawa Tengah

Borobudur marathon weekend, candi masih buka untuk turis

Magelang

Presiden dan Direktur PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (TWC) Edy Setijono mengatakan pihaknya mendukung dan mengapresiasi segala bentuk kegiatan, termasuk yang digagas Pemprov Jateng untuk menggairahkan kunjungan wisatawan.

“Hari ini Tour de Borobudur. Minggu depan Borobudur marathon, itu bagian dari wisata olahraga. Wisata olahraga diharapkan bisa dipromosikan, semoga ke arah internasional ke depan,” kata Edy.

Edy menambahkan, Candi Borobudur akan tetap dibuka untuk wisatawan selama Borobudur Marathon pada Sabtu (11/12) dan Minggu (13/11).

“Memang acara ini menjadi daya tarik bagi pengunjung. Seperti yang kita lihat hari ini, pengunjung juga menikmati acara Tour de Borobudur. Besok (maraton Borobudur) tetap sama, hanya karena di jalan ini ada ruas jalan yang digunakan untuk segmen trayek kita tutup,” kata Edy, Minggu (11/6/2022).

Sementara itu, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mempromosikan promosi Tour de Borobudur (TDB) sebagai event sport tourism.

“Sekarang untuk Tour de Borobudur, minggu depan kita akan Borobudur marathon. Jadi kita akan terus dorong agar pariwisata bisa dimulai dan agar masyarakat sekitar dapat menikmatinya dan agar lebih banyak lagi orang yang mau berolahraga,” kata Ganjar saat menghadiri Destinasi Tour de Borobudur di Taman Lumbini, Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Minggu (6/6). /11/2022).

Tour de Borobudur berlangsung selama dua hari dan dimulai hari ini dari Manahan Solo hingga Prambanan dan berakhir di Candi Borobudur. Peserta pada acara tahunan tersebut mencapai sekitar 1.500 orang, termasuk Ganjar.

“Setelah 103,2 km tepatnya, tangannya tidak menjadi masalah meskipun dia mengganti motor di tengah jalan. Menarik,” kata Ganjar saat disambut istrinya Siti Atikoh yang mengalungkan medali.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo salah satu peserta Tour de Borobudur, Minggu (11/6/2022).Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo salah satu peserta Tour de Borobudur, Minggu (11/6/2022). Foto: Eko Susanto/detikJateng

jersey ABK

Pada acara Tour de Borobudur ini, anak-anak berkebutuhan khusus (ABK) ikut serta dalam mendesain jersey untuk peserta bersepeda. Penyelenggara bekerja sama dengan beberapa ABK yang tergabung dalam Zoleka, wadah pemberdayaan ABK.

“Zoleka bersyukur dan mengapresiasi atas kesempatan dan dukungan yang diberikan oleh Panitia TDB 2022 dan Pak Ganjar Pranowo untuk bisa tampil di event internasional,” ujar Founder Zoleka Irene Ridjab.

“Anak-anak berkebutuhan khusus dan keluarganya juga bersyukur memiliki ruang untuk menunjukkan karya dan keahliannya,” tambah Irene.

Menurut Ganjar, karya anak berkebutuhan khusus patut diacungi jempol.

“Bangga bisa mempresentasikan (karya) dari teman-teman berkebutuhan khusus. Semoga nanti banyak yang datang ke sana,” kata Ganjar.

Saksikan video “Dipanggil DPP PDIP, Ganjar Saja Bilang”.
[Gambas:Video 20detik]
(dil/dil)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button