Pemerintah kabupaten memulai program desa wisata tematik di Pamekasan - WisataHits
Jawa Timur

Pemerintah kabupaten memulai program desa wisata tematik di Pamekasan

MADURA RAYA (ANTARA) – Pemerintah Kabupaten Pamekasan mencanangkan program desa tematik untuk mendorong peningkatan potensi ekonomi desa di wilayah yang telah menerapkan tema pembangunan ekonomi desa atau desa tematik.

Menurut Bupati Pamekasan Baddrut Tamam di Pamekasan, Kamis, program darmawisata desa merupakan program yang dirancang untuk mendukung pembangunan ekonomi desa sesuai dengan tema ekonomi desa yang ingin dikembangkan desa.

“Desa tematik adalah desa yang menetapkan tema tertentu dalam bidang ekonomi, seperti “dia berkata.

Bupati menjelaskan, untuk menciptakan pertumbuhan ekonomi yang mantap di Pamekasan, pemerintah kabupaten menginstruksikan kepada setiap desa agar program pembangunan ekonomi desa memperhatikan potensi yang ada di desa tersebut.

Di suatu desa, jika potensi ekonomi masyarakat yang dominan adalah pariwisata, maka desa tersebut dapat menjadikan pengembangan ekonomi desa wisata sebagai subyek pembangunan ekonomi di desa tersebut.

Jika di desa potensi ekonomi masyarakat yang dominan adalah di bidang kerajinan seperti B. Batik tulis, maka tema pembangunan ekonomi desa dapat mengangkat tema desa batik.

“Dengan begitu, pembangunan ekonomi di desa akan lebih terarah, sehingga program pembangunan Pemkab Pamekasan juga bisa lebih terarah,” ujarnya.

Di Kabupaten Pamekasan terdapat 178 desa yang tersebar di 13 kecamatan.

Beberapa tema telah ditentukan. Diantaranya adalah desa wisata, desa UMKM, desa laut dan sebagainya.

“Ada 17 dari 178 desa yang mengangkat tema pembangunan ekonomi desa di Pamekasan, dan khusus untuk desa tematik ini, pemerintah kabupaten mendukungnya dengan program desa wisata,” ujarnya.

“Program ini penting untuk mendorong kemandirian berbagai sektor di desa. Pemerintah Kabupaten Pamekasan berkomitmen untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dari bawah secara adil dan merata. Jika perekonomian di desa bagus, maka akan berdampak positif bagi pertumbuhan ekonomi kabupaten,” imbuhnya.

Peluncuran program desa wisata ini dilakukan pada 14 Desember 2022 di Desa Wisata Bukit Kehi, Desa Kertagena Daya, Kecamatan Kadur, Pamekasan.

Menurut Fathorrohman, Kepala Dinas Pembangunan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Pamekasan, rombongan selanjutnya akan melakukan kunjungan ke berbagai jenis kegiatan di 17 desa yang sudah teridentifikasi tema pembangunan desa.

“Dengan demikian, setelah dicanangkannya program desa wisata, akan dilakukan kegiatan-kegiatan yang berpotensi membangkitkan perekonomian masyarakat di desa-desa tersebut sesuai dengan potensi ekonomi desa yang berkembang,” ujarnya.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button