Misalnya, Injourney Group Synergy menyiapkan fasilitas dan layanan untuk mendukung KTT G20 di Bali - WisataHits
Jawa Timur

Misalnya, Injourney Group Synergy menyiapkan fasilitas dan layanan untuk mendukung KTT G20 di Bali

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Injourney dan anak usahanya telah melakukan sejumlah persiapan untuk mendukung KTT G20.

Baca juga:
Angkasa Pura I raih 3 Penghargaan BUMN Branding & Marketing 2022

Berbagai pembenahan mulai dari pembangunan infrastruktur hingga layanan pariwisata telah disiapkan untuk mensukseskan KTT G20 Bali pada 15-16 November 2022.

Hal ini sejalan dengan arahan Menteri BUMN Erick Thohir bahwa BUMN memiliki tiga peran kunci, yaitu Logistik dan Infrastruktur, Komunikasi dan Media, serta Dukungan dan Kemitraan.


Direktur Utama Injourney Dony Oskaria menyatakan bahwa berbagai upaya revitalisasi yang dilakukan Injourney bersama anak perusahaannya merupakan bentuk keterlibatan dan dukungan terhadap pelaksanaan KTT G20.

Baca juga:
Hebatnya, 12 bandara di Angkasa Pura I mendapatkan penghargaan Pelayanan Prima Bidang Perhubungan dari Kementerian Perhubungan

“Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang pariwisata dan asistif, Injourney terus berkontribusi dengan menyediakan sarana dan prasarana di bandara, hotel, kawasan Nusa Dua dan pendukungnya yang aman dan nyaman untuk memudahkan mobilitas para delegasi.

Dari kedatangan hingga kembali ke negara masing-masing.

Baca juga:
Angkasa Pura Logistics Tandatangani Nota Kesepahaman dengan MGLOG, Kirimkan Kargo Melalui Laut dan Udara

Melalui G20, kami berharap Indonesia sebagai tunawisma tetap menjadi destinasi wisata yang dapat berkontribusi bagi pembangunan ekonomi lokal dan nasional,” kata Dony, Sabtu (11/12/2022).


Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, pintu masuk peserta dan delegasi KTT G20, merupakan salah satu infrastruktur yang dihidupkan kembali.

Anak perusahaan Injourney PT Angkasa Pura I selaku pengelola Bandara Ngurah Rai telah melakukan facelift yang meliputi terminal internasional, VIP, VVIP dan domestik.


Sebagai gerbang utama para delegasi, bandara sangat penting untuk memberikan kesan pertama bagi mereka. Angkasa Pura I telah memasang instalasi seni yang juga menjadi ajang pamer keragaman budaya Indonesia. Karya seni tersebut antara lain Mataya Gate, Paradise Scape, Segara Gunung, Weaving the Harmony, Nata Dewa, Tree of Life, Palemahan, dan Sky Vehicle.


Direktur Utama Angkasa Pura I Faik Fahmi mengatakan, pihaknya juga telah menyiapkan skenario penyesuaian operasional bandara, yang meliputi operasional sisi udara dan sisi darat.

“Penyesuaian operasional di Bandara I Gusti Ngurah Rai bertujuan untuk mendukung kelancaran KTT G20 Bali, khususnya dalam hal keselamatan dan kelancaran penanganan penerbangan delegasi,” jelas Faik.


Dari sisi darat, Angkasa Pura I juga telah menyiapkan hingga 40 slot di Bandara I Gusti Ngurah untuk pesawat delegasi KTT G20.

Faik mengungkapkan pihaknya juga melakukan simulasi untuk memastikan kelancaran pergerakan pesawat saat kedatangan delegasi sehingga tidak mengganggu penerbangan reguler.

Angkasa Pura I juga menyiagakan posko pengawasan terpadu di Bandara I Gusti Ngurah Rai mulai 10 hingga 20 November 2022.

Item ini merupakan hasil sinergi antara Angkasa Pura I dengan Polda Bandara, KKP, Basarnas, Imigrasi, BMKG, Airnav, Airlines dan Ground Handling.


Tak hanya Bandara I Gusti Ngurah Rai, tiga bandara yang dikelola PT Angkasa Pura II yakni Soekarno-Hatta (Banten), Halim Perdanakusuma (DKI Jakarta) dan Banyuwangi (Jawa Timur) juga bersiap untuk mendukung penyelenggaraan KTT G20 yang mengambil bertempat di Bali pada tanggal 15-16 November 2022.

Selain untuk menyambut sejumlah delegasi KTT G20, ketiga bandara tersebut juga disiapkan sebagai tempat Remain Over Night (RON) beberapa pesawat negara selama KTT G20 di Bali.


Persiapan juga dilakukan untuk menyambut kedatangan tamu negara dan delegasi KTT G20 di Bali. Delapan hotel di kawasan Nusa Dua yang dikelola PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau ITDC masuk dalam daftar 23 hotel yang disiapkan Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif.

Delapan hotel tersebut adalah The Laguna a Luxury Collection Resort & Spa Nusa Dua Bali, Grand Hyatt Bali, The St Regis Bali Resort, Melia Bali, Merusaka Nusa Dua, The Westin Resort Nusa Dua Bali, Sofitel Bali Nusa Dua Beach Resort dan Nusa Dua Beach Hotel & Spa Bali.


Selain itu, Westin Resort Nusa Dua Bali dipilih sebagai lokasi G20 Media Center, sedangkan Sofitel Bali Nusa Dua Beach Hotel and Museum Pasifika dipilih sebagai lokasi Affiliate Program/Side Event dan Bali Collection dipilih sebagai lokasi lokasi G20 Media Center adalah pameran UMKM.


Direktur Utama ITDC Ari Respati mengatakan ITDC juga telah menyiapkan berbagai fasilitas yang nantinya dapat digunakan delegasi untuk menikmati waktu mereka di kawasan Nusa Dua.

“Beberapa fasilitas yang kami siapkan antara lain museum, teater (Devdan Show), pusat perbelanjaan, lapangan golf, Water Blow The Nusa Dua Peninsula, Pulau Nusa Dharma sebagai pulau yoga dan meditasi, serta pusat seni dan budaya. panggung di Semenanjung Islandia sebagai fasilitas regional baru,” kata Ari.


ITDC juga menyediakan kendaraan ramah lingkungan untuk transportasi.

Pengerahan kendaraan listrik sebagai sarana transportasi di dalam dan di dalam kawasan ini sejalan dengan salah satu tema prioritas KTT G20, yaitu transisi energi berkelanjutan yang bertujuan untuk mencapai target net-zero emisi pemerintah yang telah berkembang. melalui peralihan dari Penggunaan kendaraan berbahan bakar fosil yang tercermin dari penggunaan kendaraan listrik yang bersih dan ramah lingkungan.


Selain itu, ITDC juga telah berkoordinasi dengan otoritas terkait termasuk PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) atau PLN terkait penyiapan infrastruktur Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU), dimana 18 shelter dengan 36 unit Ultra-Fast Charging (UFC) dan tambahan Ponsel UFC 2 unit.


*Keamanan Kawasan Nusa Dua*


Sebagai kawasan dengan sistem keamanan yang telah teruji di ajang internasional, The Nusa Dua memiliki fasilitas keamanan yang beroperasi 24 jam sehari, terdiri dari satpam dengan 93 staf, dua unit pemadam kebakaran dengan 23 staf dan 143 unit CCTV di 39 titik di kawasan Nusa Dua, tiga posko Balawista di pantai hotel, pos pemeriksaan keamanan di tiga pintu masuk kawasan dan satu posko di pusat komando.


Selain itu, ITDC juga telah menyiapkan command center sebagai posko terpadu, pengendalian, pengawasan dan pemantauan.

Dalam pelaksanaannya, ITDC bekerja sama dengan TNI, BPBD, Dinas Perhubungan dan instansi terkait lainnya untuk mendukung pelaksanaan pengamanan acara. Command Center ITDC terhubung dengan Command Center Polda Bali sehingga setiap operator dapat memantau tempat-tempat berlangsungnya kegiatan, mengamankan dan mengawal pergerakan kendaraan serta mengamankan jalur/rute yang dilalui.


Direktur Utama ITDC Ari Respati mengatakan selain Command Center, ITDC juga sedang mempersiapkan pembatasan pergerakan dan pengaturan lalu lintas untuk mendukung penyelenggaraan KTT G20 di The Nusa Dua.

Pembatasan dan peraturan ini akan berlaku mulai 12 hingga 17 November 2022 dan mencakup mobilisasi wisatawan non-delegasi dan pembatasan akses kendaraan ke lokasi khusus kendaraan listrik.

“Kami sudah berkoordinasi dengan berbagai pihak terkait dengan manajemen lalu lintas. Kami berharap masyarakat dan wisatawan dapat memahami aturan untuk membatasi pergerakan lalu lintas dan aktivitas di kawasan Nusa Dua selama penyelenggaraan KTT G20 sebagai salah satu upaya bersama untuk mensukseskan World Summit ini,” ujar Ari.


Diharapkan KTT G20 akan membawa banyak manfaat bagi bisnis pariwisata di Bali dan Indonesia pada umumnya.

Direktur Utama Injourney Dony Oskaria mengatakan: “Berbagai persiapan yang telah dilakukan merupakan bentuk kerjasama yang erat antara Injourney dan anak perusahaannya dengan berbagai pemangku kepentingan.

Oleh karena itu, diharapkan melalui persiapan yang matang, KTT G20 dapat berjalan lancar, sukses, dan membawa manfaat positif bagi Indonesia.


“Saya mengucapkan terima kasih kepada para pemangku kepentingan, pemerintah daerah dan lembaga terkait atas dukungan dan kerjasamanya sehingga semua persiapan dapat berjalan dengan baik. Ini merupakan komitmen bersama untuk turut menyukseskan penyelenggaraan KTT G20 di Bali,” tutup Dony. (ku)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button