Pembersihan Curug Sodong, Dana Poles Rp 7M - WisataHits
Jawa Barat

Pembersihan Curug Sodong, Dana Poles Rp 7M

jakarta

Curug Sodong di kawasan Geopark Ciletuh Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat mengalami facelift dan akan dibuka untuk umum. Bagaimana rasanya berdandan dengan dana Rp 7 miliar?

Dananya berasal dari APBN 2021. Riky Agus Ramdan, Sub Koordinator Destinasi Baru Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabumi, mengatakan peresmian destinasi wisata itu sebenarnya sudah dilakukan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil beberapa waktu lalu.

“Curug Sodong diresmikan oleh gubernur awal tahun ini tetapi dalam pemeliharaan dari Januari hingga Juni sekarang telah diserahkan kepada kami. Rencananya akan dibuka Bupati Marwan Hamami pada 4 September mendatang,” kata Riky.

IKLAN

GULIR UNTUK LANJUTKAN KONTEN

Riky menjelaskan, tanggal tersebut dipilih karena bertepatan dengan rangkaian hari jadi Kabupaten Sukabumi. Setelah dibuka, kawasan tersebut resmi menjadi destinasi wisata pilihan yang dipersilakan wisatawan berkunjung di kawasan Geopark Palabuhanratu Ciletuh.

“Mudah-mudahan dengan peresmian kawasan ini bisa dikunjungi wisatawan, pada konsep aslinya pengunjung hanya datang untuk melihat air terjun. Fasilitas yang dibutuhkan pengunjung kita tambah, misalnya kita perbaiki tempat parkir, lalu kita siapkan mushola untuk beribadah. Kemudian paviliun untuk istirahat,” kata Ricky.

“Kemudian ada warung yang dikelola oleh kelompok sadar wisata, ada homestay ketika wisatawan datang berkunjung. Prosesnya sendiri menelan biaya Rp 7 miliar yang berasal dari APBN 2021,” lanjutnya.

Rangkaian pengukuhan diawali dengan kegiatan touring yang melibatkan seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Kabupaten Sukabumi. Tur bertema Touring Merdeka Ngabumi dimulai pada 3 September.

“Untuk HUT, rencananya akan ada wisata Merdeka Ngabumi ke Ujunggenteng, diselingi penanaman pohon, juga ada bantuan sosial dari pejabat daerah. Kemudian istirahat besok pagi setelah Curug Sodong untuk meresmikan pengoperasian Curug Sodong,” kata Sigit.

Tonton video ‘Sawit Berubah Menjadi Agrowisata dan Edukasi’
[Gambas:Video 20detik]
(ya/perempuan)

Source: travel.detik.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button