Pulau Tangkil, Pesona Pulau Kecil Pesawaran yang eksotis dan indah - WisataHits
wisatahits

Pulau Tangkil, Pesona Pulau Kecil Pesawaran yang eksotis dan indah

Biaya kunjungan: Mulai dari Rp 10.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Sukajaya Lempasing, Kec. Lapangan Cermin, Kab. Pesawaran, Lampung; Kasus: Cek lokasi

Pulau Tangkil terletak di Kabupaten Pesawaran, Lampung. Saat Anda berkunjung ke pulau ini, akan banyak sekali keindahan yang ditawarkan di sana. Apalagi di pulau ini terdapat berbagai jenis fasilitas yang menunjang wisatawan.

Misalnya berbagai jenis permainan darat bahkan penjelajahan laut. Dengan berbagai fasilitas tersebut tentunya akan memberikan Anda banyak kemudahan saat bepergian. Menariknya lagi, intensitas gelombang di sekitar pulau ini cenderung lebih tenang dibandingkan pulau lainnya.

Hamparan pasir di pantai ini juga cukup luas. Oleh karena itu, tidak heran jika tempat ini sangat direkomendasikan bagi Anda yang ingin berwisata ke pulau tersebut. Berikut ini penjelasan lengkap mengenai atraksi, aktivitas, fasilitas dan hal lain terkait Pulau Tangkil yang perlu Anda ketahui.

Atraksi Pulau Tangkil

Atraksi Pulau TangkilKredit gambar: Twitter OZ Media Indonesia

1. Area Kota MS

Daya tarik pertama yang dimiliki Pulau Tangkil adalah adanya kawasan yang dikenal dengan nama MS Town. Garis pantai yang dimiliki tempat ini relatif lebih panjang dan juga lebih bersih. Tempat ini milik MS Corporation.

2. Perjalanan dengan kapal

Untuk selanjutnya sangat cocok bagi anda yang sangat menyukai olahraga air. Di Pantai Tangkil, ada berbagai jenis perahu yang bisa Anda sewa. Harga sewa perahu yang diminta sendiri cukup terjangkau.

Sehingga nantinya Anda tidak perlu membayar terlalu mahal. Dengan banyaknya pilihan perahu yang bisa Anda sewa, tentu membuat Anda semakin bersemangat untuk memilih yang benar-benar sesuai dengan selera Anda.

3. Dermaga yang indah

Plus, Anda akan menemukan dermaga yang seolah membelah lautan. Bahan dasar yang digunakan untuk membuat dermaga ini berupa papan kayu yang tertata rapi dan indah. Anda tidak perlu khawatir jatuh, karena di pinggirnya sudah dibuatkan pagar pembatas.

Di atas dermaga juga tergantung lampu neon. Pada malam hari, pemandangan dermaga akan sangat indah. Namun meski datang di pagi atau sore hari, pemandangan yang bisa dilihat juga indah.

Dermaga ini memang ramai dikunjungi wisatawan. Beberapa dari mereka sengaja datang dengan peralatan fotografi. Dermaga ini menjadi salah satu spot foto paling populer bagi wisatawan yang datang berkunjung ke Pulau Tangkil.

4. Pohon peneduh

Atraksi Lain di Pulau TangkilKredit gambar: Twitter MeRichard

Selain itu, pantai yang ada memiliki banyak pepohonan yang rindang. Dengan pohon-pohon ini Anda juga bisa berteduh. Apalagi jika Anda datang ke tempat tersebut pada hari yang panas. Selain itu juga banyak terdapat pepohonan, di tempat ini terdapat gazebo bagi wisatawan yang ingin bersantai.

5. Ayunan di dekat pantai

Salah satu daya tarik lain yang dimiliki Pulau Tangkil adalah di salah satu pantainya terdapat ayunan yang bisa digunakan oleh wisatawan. Dengan ayunan tentunya Anda bisa bersantai sambil menyaksikan panorama pulau.

Ombak di pantai cenderung tenang. Jadi Anda akan aman saat bermain di ayunan. Ayunan sendiri dibuat dengan menggunakan potongan kayu yang kemudian diikat menggunakan tali yang cukup kuat. Jadi Anda tidak perlu khawatir ayunan akan patah.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pulau TangkilKredit gambar: Google Maps Tichamooï

Mengunjungi Pulau Tangkil, Pesawaran Lampung, Anda akan menempuh jarak sekitar 25 km jika memulai dari pusat kota. Untuk menempuh jarak ini, dibutuhkan setidaknya 30 menit. Jika Anda masih merasa bingung, di sini Anda bisa menggunakan bantuan Google Maps.

Dengan hanya mengandalkan smartphone, lokasi pulau ini akan mudah Anda temukan. Anda bebas datang ke pulau kapan pun Anda mau. Karena jam buka pulau ini sendiri hingga 24 jam.

Perkiraan biaya perjalanan ke pulau

Biaya untuk Pulau TangkilKredit gambar: Instagram Effendy Saptra

Saat Anda tiba di Pulau Tangkil, untuk masuk ke pulau itu sendiri, Anda akan dikenakan biaya untuk masuk ke Pantai Mutun. Biaya yang harus Anda keluarkan untuk dapat mengunjungi tempat wisata tersebut adalah sebesar Rp 10.000.

Harganya cukup terjangkau dibandingkan dengan panorama alam dan pengalaman seru yang bisa kamu dapatkan saat mengunjungi pulau cantik ini.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Pulau Tangkil

Aktivitas di Pulau TangkilKredit gambar: Google Maps Victoria William

1. Bermain pasir

Banyak sekali aktivitas yang bisa dilakukan saat berada di Pulau Tangkil. Salah satunya adalah bermain pasir di pantai. Pasir pantai pulau ini dikenal memiliki tekstur yang sempurna untuk anak Anda membuat berbagai jenis miniatur. Dengan begitu, tentunya anak Anda akan betah berada di pulau tersebut.

2. Memancing

Bagi anda yang sangat gemar melakukan kegiatan memancing, maka di pulau ini anda juga bisa mempraktekkan hobi ini. Beberapa wisatawan yang datang ke tempat ini tidak melewatkan kesempatan untuk memancing.

Ada banyak ikan laut yang menunggu kedatangan Anda. Oleh karena itu, di sini Anda tidak boleh lupa untuk membawa peralatan memancing dari rumah. Sebagai umpan, Anda bisa menggunakan potongan roti atau cacing.

Agar nantinya tidak kepanasan, perlu membawa tabir surya dan juga memakai topi. Seperti daerah pesisir lainnya, penduduk setempat berprofesi sebagai nelayan. Dengan cara ini Anda juga bisa menyewa perahu nelayan untuk memancing di tengah laut.

3. Menikmati panorama pantai

Aktivitas Menarik di Pulau TangkilKredit Gambar: Instagram HappyPlanter

Pantai yang disuguhkan Pulau Tangkil ini memang sangat indah. Sayang sekali jika tidak memanfaatkan panorama yang ditawarkan pantai ini. Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika Anda menjelajahi pantai dengan menyewa sampan yang disediakan oleh warga sekitar.

Tidak perlu takut dengan harga sewa sampan yang terlalu mahal. Karena nanti bisa bernegosiasi. Selain itu, Anda juga bisa menikmati indahnya panorama pantai di sekitar pulau untuk berfoto. Tentu saja, liburan tidak akan terasa pas jika tidak mengabadikan momen tersebut. Oleh karena itu, jangan lupa membawa kamera Anda ke tempat ini.

4. Permainan air

Aktivitas selanjutnya yang tidak boleh dilewatkan adalah berenang atau bermain air. Dengan ombak yang tenang, tentunya berenang di pantai ini cukup aman. Anda juga dapat menyewa pelampung dan ban yang tersedia di lokasi.

Bersantai di atas pelampung ban pasti akan membuat Anda rileks. Juga cukup banyak wisatawan yang bermain bola di pantai. Pastinya akan menambah keceriaan Anda dan lingkungan sekitar saat berada di Pulau Tangkil.

Penginapan murah dekat pulau

Akomodasi di dekat Pulau TangkilKredit gambar: Google Maps Hôtel Lusy

1. Wisma Syariah

Bagi Anda yang berencana untuk bermalam, ada penginapan yang bisa Anda sewa. Salah satunya adalah Aditya Guest House Syariah. Hostel ini memiliki tarif yang sangat terjangkau. Anda dapat menemukan kamar hanya dengan 100.000. Selain itu, ada juga kamar dengan balkon. Jadi Anda bisa langsung melihat pemandangan Pulau Tangkil.

2. Hotel Lusy

Fasilitas yang ditawarkan oleh hotel Lusi antara lain TV, wi-fi, water heater, AC, queen size bed, LCD screen, cable dan masih banyak fasilitas lainnya. Menginap di tempat ini pasti tidak akan mengecewakan Anda. Harga yang ditawarkan juga cukup terjangkau yaitu pada kisaran Rp 150.000 hingga Rp 200.000 untuk satu malam.

3. Wisma Andalas Asri Syariah

Akomodasi lain yang juga direkomendasikan bagi Anda yang berencana untuk bermalam adalah Wisma Andalas Asri Syariah. Ada banyak fasilitas yang ditawarkan oleh hostel ini. Fasilitas tersebut seperti televisi, free wi-fi, parkir, air panas, dll. Hostel ini begitu rapi dengan kamar yang juga cukup luas.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas di area Pulau TangkilKredit gambar: Google Maps Joko Purwanto

Pengelola Pulau Tangkil tampaknya sudah sangat mengoptimalkan fasilitas di pulau eksotis ini. Anda akan menemukan bahwa fasilitasnya sangat lengkap. Seperti contoh yang diberikan di atas yaitu persewaan perahu dan persewaan kano.

Bagi yang ingin berenang juga tersedia persewaan ban dan jaket pelampung. Untuk bersantai, di pinggir pantai terdapat gazebo dengan bentuk yang sangat bagus. Namun, untuk bisa bersantai di gazebo, Anda harus membayar biaya tambahan.

Untuk fasilitas umum di pulau ini juga tersedia toilet. Sehingga Anda bisa menggunakannya saat ingin berganti pakaian atau buang air kecil. Ada juga berbagai wahana yang tersedia, seperti Waterboom. Masih banyak fasilitas lain yang bisa didapatkan. Hal inilah yang membuat pulau ini akhirnya ramai dikunjungi wisatawan.

Itulah ulasan lengkap tentang Pulau Tangkil di Pesawaran. Bagi Anda yang kebetulan berada di Lampung, tidak ada salahnya untuk mengunjungi pulau tersebut. Di pulau ini nantinya, kamu akan menemukan banyak kesenangan, dan kamu bisa sedikit refreshing serta menghilangkan beban dan penat setelah bekerja setiap hari.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button