Benamkan diri Anda dalam keindahan alam Kawah Putih Ciwidey - WisataHits
Jawa Barat

Benamkan diri Anda dalam keindahan alam Kawah Putih Ciwidey

JAKARTA – Kabut putih berhembus melewati tempat-tempat wisata, disertai dengan bau aneh belerang yang tertiup angin kencang. Hal ini yang sering kita alami saat berkunjung ke Kawah Putih Ciwidey, Bandung.

Meski jaraknya cukup jauh dari pusat kota dan berjarak 44 km selatan Bandung, Wisata Kawah Putih Ciwidey tetap menjadi favorit banyak orang.

Secara historis, Kawah Putih Ciwidey merupakan objek wisata yang tercipta dari letusan Gunung Patuha pada abad ke-10 dan ke-12.

Letusan tersebut kemudian membentuk kawah air danau yang jernih berwarna putih kehijauan yang terkadang berubah warna menjadi hijau kebiruan dan lain-lain, tergantung kadar belerang, suhu, dan cuaca di sekitarnya.

Wisatawan yang berkunjung ke danau tidak diperbolehkan berenang atau sembarangan menyentuh air danau. Hal ini dikarenakan air danau Kawah Putih Ciwidey memiliki tingkat keasaman yang cukup tinggi dengan pH sekitar 0,5 sampai 1,3.

Kadar belerang yang sangat tinggi juga dapat merugikan wisatawan karena dapat menyebabkan masalah kulit dan kesehatan lainnya.

Di sekitar kawah terdapat dataran pasir putih, terbentuk secara alami berkat endapan abu vulkanik yang dapat diakses dan diseberangi wisatawan.

Ada baiknya memakai pakaian yang tebal saat berkunjung, karena udara di kawasan Kawah Putih Ciwidey cukup dingin karena letaknya yang berada di ketinggian 8.000 kaki (2.500 meter) di atas permukaan laut.

Penggunaan buff atau masker juga disarankan karena bau belerang dapat mempengaruhi pernapasan pengunjung.

Pengunjung tidak hanya dapat menikmati keindahan alam Kawah Putih, tetapi juga dapat melakukan aktivitas lainnya seperti; B. naik kuda poni atau sekedar berfoto di spot-spot foto Instagram yang disediakan.

Tiket masuknya sendiri cukup murah yaitu sekitar Rp 28.000 per orang dan Rp 52.000 untuk kendaraan pribadi seperti mobil. Dari pintu masuk kawasan kawah, pengunjung harus menempuh jarak hingga 4 km dengan kontur jalan menanjak, menurun dan berkelok-kelok.

Pengguna dapat menggunakan kendaraan pribadi atau mobil yang disediakan oleh pengelola wisata.

Sayangnya jalur menuju kawahnya kurang bagus dan banyak lubangnya. Meski demikian, tidak mengurangi keindahan pemandangan dalam perjalanan menuju Wisata Kawah Putih.

Source: www.validnews.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button