Dibangkitkan pascabencana, pemerintah desa Cileuksa Bogor menyusun konsep ketahanan pangan, 20 hektar lahan sedang disiapkan - WisataHits
Jawa Barat

Dibangkitkan pascabencana, pemerintah desa Cileuksa Bogor menyusun konsep ketahanan pangan, 20 hektar lahan sedang disiapkan

Laporan wartawan TribunnewsBogor.com Muamarrudin Irfani

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, SUKAJAYA – Pemerintah Desa Cileuksa, Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor berusaha bangkit pasca bencana melanda wilayah mereka pada tahun 2020.

Setelah dilanda banjir dan longsor dua tahun lalu, pemerintah desa Cileuksa berusaha bangkit dengan membangun ketahanan pangan.

“Dari 20 persen dana desa tersebut digunakan untuk pembangunan tambak budidaya ikan, peternakan kambing dan pertanian,” kata Kepala Desa Cileuksa Ujang Ruhyandi kepada TribunnewsBogor.com, Minggu (28/8/2022).

Selain itu, dengan tersedianya lahan seluas 20 hektar digunakan untuk kebutuhan masyarakat untuk pemulihan ekonomi.

Hal ini diperlukan karena pasca bencana yang menimpa ribuan rumah dan harus direlokasi, masyarakat juga membutuhkan kehidupan di masa depan.

Serta melakukan semacam agrowisata dimana terdapat kawasan agrowisata dan ketahanan pangan.

“Jadi dari 20 hektar itu juga ada penggunaan lahan lain, rencananya mau wisata, ada perkebunan berupa agrowisata, kenapa begitu? Karena selain pabrik, penguatan UKM sudah kita lakukan, di sana kita tingkatkan koordinasi dengan Bumdes untuk mengembangkan potensi situs-situs tersebut,” ujarnya.

Nantinya akan ditanam pohon buah-buahan di sekitar areal tersebut, mengikuti kontur tanah di areal tersebut untuk mencegah erosi.Selama pohon buah-buahan tinggi, pohon sayur akan ditanam dalam jangka pendek.

Selain itu, kata Ujang, otomatis warga sekitar ikut berpartisipasi.

“Jadi kita mulai dari kerangka kecil sekarang, nanti kita bentuk kelompok kalau tidak memberi contoh, dan sosialisasi biasa saja jadi terkesan kurang seru, tapi dengan praktek langsung orang akan lebih paham,” ujarnya. .

Namun, menurut Ujang, agar seluruh program dapat terlaksana dengan sukses, ia membutuhkan dorongan dari berbagai pihak.

“Yang jelas dari pemerintah desa kita butuh dorongan dari semua pihak, kita butuh pendampingan dan tanggapan dari pengambil kebijakan,” ujarnya.

Source: bogor.tribunnews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button