Pembangunan jalan di Bukit Sibea-bea mendukung pariwisata Danau Toba - WisataHits
Jawa Tengah

Pembangunan jalan di Bukit Sibea-bea mendukung pariwisata Danau Toba

TEMPO.CO, jakarta – Pemerintah menyelesaikan pembangunan jalan akses wisata spiritual menuju patung Yesus yang terletak di puncak Bukit Sibea Bea, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara. Pembangunan jalan tersebut dimaksudkan untuk mendukung pengembangan Destinasi Wisata Super Prioritas (DPSP). Danau Toba.

“Untuk memulihkan pariwisata pasca pandemi Covid-19, infrastruktur perlu diperbaiki terlebih dahulu, kemudian fasilitas dan atraksi perlu diperbaiki agar wisatawan datang dan datang lagi,” kata Deputi Bidang Pengembangan Pariwisata Berkelanjutan Kosmas Harefa, Kosmas Harefa. Kementerian Kelautan dan Investasi dalam siaran pers yang diterima Tempo pada Senin, 1 Agustus 2022.

Kosmas mengatakan pembangunan infrastruktur menjadi prioritas untuk memoles wajah Danau Toba sebagai Bali baru. Pembangunan jalan di Bukit Sibea-bea yang terletak di dataran tinggi ini sebelumnya tidak memiliki akses jalan yang bisa dilalui kendaraan selain roda dua. Untuk menuju Bukit Sibea-bea dapat ditempuh melalui jalur darat dalam waktu dua jam dari Bandara Silangit melalui ruas jalan Tele-Pangururan.

Kosmas mengatakan pemerintah sedang menyiapkan 13 dermaga baru di Danau Toba. Salah satunya Dermaga Muara di Tapanuli Utara yang diresmikan Presiden Jokowi awal Februari lalu, bersama enam pelabuhan penyeberangan dan empat kapal di kawasan Danau Toba.

Pelabuhan Muara di Kabupaten Tapanuli Utara dibangun dengan mengadopsi arsitektur kearifan lokal di kawasan Danau Toba. Menurut Kosmas, pemerintah berharap keberadaan pelabuhan ini dapat meningkatkan hubungan antar wilayah Danau Toba dan menarik wisatawan.

Dikutip dari situs dephub.go.id, pada 2 Februari 2022 Presiden Jokowi meresmikan tujuh pelabuhan penyeberangan. Ketujuh pelabuhan tersebut adalah Pelabuhan Penyeberangan Ajibata dan Balige (Kabupaten Toba), Simanindo (Kabupaten Samosir), Tigaras (Kabupaten Simalungun), Muara (Kabupaten Tapanuli Utara), Baktiraja (Kabupaten Humbang Hasundutan) dan Tongging (Kabupaten Karo). Presiden Jokowi berharap perubahan operasional tersebut akan mendukung kawasan Danau Toba sebagai salah satu destinasi wisata unggulan di Indonesia.

Baca Juga: Siapkan Budget, Kunjungi Lima Destinasi Prioritas di Indonesia

Selalu update informasi terbaru. Lihat berita Tempo.co terbaru dan berita unggulan di saluran Tempo.co Update Telegram. Klik Pembaruan Tempo bergabung. Anda harus terlebih dahulu menginstal aplikasi Telegram.

Source: travel.tempo.co

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button