Pelajar di Surabaya memiliki KatePay, kartu pembayaran untuk kantin, bus dan tempat wisata - WisataHits
Jawa Timur

Pelajar di Surabaya memiliki KatePay, kartu pembayaran untuk kantin, bus dan tempat wisata

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Bobby Constantine

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA – Pemkot Surabaya sedang menyiapkan program KatePayyang akan memudahkan siswa di sekolah untuk melakukan serangkaian pembayaran.

KatePay adalah sistem atau perusahaan cashless yang memfasilitasi pembayaran di kantin, bus surabayake tempat-tempat wisata.

ibu PAUD Kota Surabaya, Rini Indriyani Dijelaskan, KatePay akan berbentuk kartu dengan menggunakan database Kartu Identitas Anak (KIA). KatePay tidak hanya kartu identitas, tetapi juga metode pembayaran, serta belajar manajemen keuangan.

Ibu PAUD Kota Surabaya, Rini Indriyani, mengatakan KatePay merupakan terobosan dari Dinas Kependudukan dan Status Sipil (Dispendukcapil) Surabaya. Sistem pembayaran cashless Society akan digulirkan di Youth Center pada puncak peringatan Hari Anak Nasional 2022 pada Rabu (27/7/2022).

“KatePay akan bekerja untuk pembayaran kantin sekolah. Sehingga orang tua bisa mengontrol apa yang mereka (anak) beli,” kata Rini Indriyani, Selasa (26/7/2022).

Rini menjelaskan, banyak orang tua yang kesulitan mengetahui sifat pengeluaran anaknya. Hal ini sering menyebabkan biaya yang lebih tinggi bagi orang tua.

Sistem pembayaran KatePay memudahkan orang tua untuk mengontrol apa yang dibeli anak-anak mereka. Baik barang maupun nilai nominal yang dikeluarkan dicatat.

Orang tua juga dapat mengontrol jumlah yang dapat dibelanjakan siswa.

“Misalnya, jika suatu hari seorang anak pulang ke rumah dengan gatal atau batuk, mereka mencari tahu apa yang dibeli anak itu. Jadi peta ini bukan sekedar peta, ada unsur co-edukasinya,” ujarnya.

Source: jatim.tribunnews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button