Indonesia menjadi pasar pariwisata yang penting bagi Singapura - WisataHits
Jawa Timur

Indonesia menjadi pasar pariwisata yang penting bagi Singapura

Medan (ANTARA) – Indonesia muncul sebagai pasar pariwisata utama bagi Singapura setelah tercatat sebagai negara tujuan wisata utama sejak Januari hingga Juni 2022.

“Dari total kunjungan 1,5 juta wisatawan ke Singapura pada periode Januari-Juni 2022, sebagian besar wisatawan berasal dari Indonesia atau 282.000 orang,” kata Area Director Singapore Tourism Board (STB) Indonesia Mohamed Firhan Abdul Salam di Medan, Selasa.

Kedatangan wisman asal Indonesia mengalahkan wisman asal China yang selama ini mendominasi, termasuk India. Malaysia, Australia dan Filipina.

China, katanya, belum membuka perjalanan ke luar negeri sejak merebaknya COVID-19.

Sebagian besar wisatawan Indonesia yang berkunjung ke Singapura berasal dari Jakarta, Surabaya, Medan, Bandung, dan Batam. “Indonesia sangat penting bagi Singapura sehingga STB terus meningkatkan promosi,” ujarnya.

Misalnya, STB meningkatkan hubungan dengan mitra perjalanan. Sejak Agustus hingga Oktober 2022, kegiatan “Business to Business Networking” (B2B) bagi para pelaku industri perjalanan dan rumah sakit berlangsung di enam kota besar di Indonesia.

Kegiatan jaringan meja B2B yang merupakan bagian dari kampanye SingaporeReimagine berlangsung di kota-kota Jakarta, Surabaya, Bali, Medan, Makassar dan Pekanbaru.

“Kunjungan wisatawan global ke Singapura yang berjumlah 1,5 juta meningkat pesat dibandingkan periode yang sama tahun 2021 yang hanya berjumlah 119.000,” kata Firhan.

Pertumbuhan pesat ini merupakan hasil dari program Vaccinated Travel Framework (VTF) yang diumumkan pada April 2022.

“STB memperkirakan kedatangan pengunjung internasional (IVA) bisa mencapai 4-6 juta orang pada 2022, terbantu dengan momentum pelonggaran pembatasan perjalanan,” katanya.

STB, katanya, tahu cara orang Indonesia merencanakan dan memesan perjalanan yang berbeda-beda.

Oleh karena itu, selain bekerja sama dengan agen perjalanan tradisional, STB juga menjalin berbagai kemitraan regional seperti dengan Klook, Agoda, Traveloka, dan AirAsia.

Misalnya, kemitraan dengan Klook, yang diluncurkan pada Juni 2022, memungkinkan STB untuk menyusun promosi dan konten yang mencakup wilayah Asia Tenggara seperti Indonesia, Malaysia, Filipina, Thailand, dan Vietnam.

“STB akan terus menggali peluang dan bekerja sama dengan platform serupa untuk menarik wisatawan Indonesia dengan menonjolkan apa yang baru dan unik di Singapura,” ujarnya.

Berita ini disiarkan di Antaranews.com dengan judul: Indonesia semakin menjadi pasar pariwisata yang penting bagi Singapura

Source: sumut.antaranews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button