Pekerjaan Renovasi Pemkot Malang di Alun-alun Tugu Kota Malang senilai Rp 7 miliar - WisataHits
Jawa Timur

Pekerjaan Renovasi Pemkot Malang di Alun-alun Tugu Kota Malang senilai Rp 7 miliar

Pekerjaan Renovasi Pemkot Malang di Alun-alun Tugu Kota Malang senilai Rp 7 miliar

kota Malang

Alun-alun Tugu Kota Malang sedang direnovasi oleh Pemerintah Kota Malang. Perubahan yang paling menonjol nantinya adalah dihilangkannya pagar pembatas dan diganti dengan pedestrian.

“Semua (pagar pengaman) akan kita cabut, lalu jogging track pejalan kaki akan kita pelebar sekitar 4-4,5 meter,” kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Malang (DLH), Noer Rahman Wijaya, Kamis ( 19.1 .2023). .

Selain itu, akan ada perbaikan pagar dan kolam di sekitar tugu untuk dijadikan tempat instalasi listrik, relief dari Ir Soekarno di pintu masuk hingga normalisasi saluran air. Secara khusus, perbaikan saluran air untuk mengatasi banjir yang kerap terjadi di sekitar Lapangan Tugu Kota Malang saat hujan deras.

Alun-alun Tugu Kota MalangAlun-alun Tugu Kota Malang (Foto: M Bagus Ibrahim)

“Kalau hujan deras di barat dan utara (Lapangan Tugu) selalu muncul genangan, jadi mari kita normalkan itu, nanti ada pembangunan bunker plat CTS, perbaikan pagar di sekitar tugu itu sendiri, juga ada perbaikan di kolam “Air menari ditambah asap dan lansekap,” jelas Rahman.

Tak hanya itu, Alun-alun Tugu Kota Malang juga akan dihiasi dengan rangkaian bollard yang digunakan sebagai pembatas untuk mencegah masuknya kendaraan.

“Bollard, keramik untuk difabel, tuna netra, bollard khusus kursi roda. Jadi untuk kendaraan bermotor dan sepeda, saya kira tidak bisa masuk,” tambah Rahman.

Alun-alun Tugu Kota MalangAlun-alun Tugu Kota Malang (Foto: M Bagus Ibrahim)

Renovasi alun-alun tugu kota Malang akan dilakukan secepatnya pada tahun 2023. Rahman mengatakan pihaknya sudah mengantongi Detail Engineering Design (DED) yang baru saja diserahkan ke Kota Malang oleh DPUPRPKP.

“Persiapkan dan ajukan tender secepatnya. Kami asumsikan sudah ada pemenang tender pada Maret 2023 dan pengerjaan bisa segera dilakukan. Estimasi pembangunannya 6 bulan,” kata Rahman.

“Anggarannya sendiri sekitar Rp 7 miliar. Dari jumlah itu, kami siapkan Rp 100 juta untuk pelayanan pengawasan selama proses revitalisasi,” lanjutnya.

Simak video “Detik-detik Benturan Daihatsu Ayla ke Pagar Alun-Alun Tugu Malang”.
[Gambas:Video 20detik]
(tebal/iwd)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button