Waspadai gejala diabetes, anak usia dini pun bisa terkena - WisataHits
Jawa Tengah

Waspadai gejala diabetes, anak usia dini pun bisa terkena

BERITASOLORAYA.com – Diabetes masih menjadi penyakit dengan predikat pembunuh nomor satu, baik di dunia maupun di Indonesia.

Pepatah bahwa diabetes adalah penyakit usia tua hanyalah mitos belaka. Padahal, usia muda bisa rentan terkena diabetes.

dilaporkan BeritaSoloRaya.com Diabetes terjadi dengan SehatQ karena tubuh tidak dapat menggunakan glukosa sebagai sumber energi dengan baik. Diabetes tipe 1 sering terjadi pada masa kanak-kanak.

Pada diabetes tipe 1, tubuh mengalami kesulitan membuat hormon insulin, menyebabkan glukosa menumpuk di aliran darah.

Baca Juga: 5 Tempat Wisata di Bandung Yang Bikin Liburanmu Jadi Tak Terlupakan dan Seru, Nomor 4 Paling Hits!

Meski penyebab diabetes pada anak masih dipelajari, ada baiknya mengetahui gejala diabetes sejak dini, sebelum terjadi.

Jika Anda memiliki prekursor diabetes tipe 1, Anda cenderung memiliki gejala-gejala ini dan harus waspada.

Sering haus dan buang air kecil

Ciri-ciri penyakit diabetes yang biasanya muncul di usia muda adalah sering haus dan sering buang air kecil. Ini bisa menjadi tanda penting untuk mengenali diabetes.

Kadar gula darah yang tinggi menyebabkan tubuh menarik cairan dari jaringan. Ini dapat dengan mudah membuat tubuh dehidrasi. Faktor ini juga sering membuat penderita diabetes haus.

Baca Juga: Poster Film Winnie the Pooh: Blood and Honey Menimbulkan Kontroversi di Kalangan Fans

Nafsu makan meningkat

Meski sudah makan tapi masih lapar, bisa jadi karena tubuh tidak bisa mengubah gula menjadi energi. Hal ini membuat tubuh sulit mendapatkan cadangan energi yang dibutuhkan tubuh untuk beraktivitas.

penurunan berat badan

Penurunan berat badan disebabkan karena tubuh tidak mendapatkan kalori yang cukup meskipun makan lebih banyak dari biasanya. Asupan energi dari gula dalam tubuh lebih rendah, sehingga dengan penurunan berat badan, jaringan otot dan lemak juga menyusut.

Sedikit lelah

Jika tubuh kekurangan kalori sebagai cadangan energi, tubuh cepat lelah. Efek diabetes bisa membuat Anda terlihat lebih lesu, sering merasa lelah dan mengantuk, serta kesulitan bernapas hingga sesak napas.

Baca juga: Ini Mobil Termahal di Dunia, Harganya Puluhan Miliar

perubahan penglihatan

Ketika gula darah tinggi, tubuh menarik cairan dari lensa mata. Kondisi ini membuat penglihatan tampak kabur atau bahkan tidak jelas.

Di antara gejala lainnya, potensi diabetes tipe 2 biasanya adalah penggelapan lipatan kulit akibat resistensi insulin. Biasanya terjadi di area lipatan, seperti leher, selangkangan, dan ketiak.

Selain itu, gatal-gatal di area genital karena infeksi jamur bisa menjadi gejala diabetes tipe 2 yang kebanyakan terjadi pada wanita.

Baca Juga: Kabar Gembira Bagi Guru Relawan, Kemendikbud Berikan Informasi Pembentukan PPPK 2022, Selengkapnya

Untuk mencegah penyakit diabetes menyerang tubuh, salah satu hal yang bisa Anda coba adalah dengan menjaga pola makan dan memeriksakan kadar gula darah secara rutin. Ini membantu mencegah diabetes di usia dini.***

Source: prsoloraya.pikiran-rakyat.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button