Peta Taman Komodo di Surabaya - WisataHits
Jawa Timur

Peta Taman Komodo di Surabaya

Surabaya, IDN Times – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Surabaya mendukung penuh rencana Perusahaan Taman Satwa Daerah (PDTS) Kebun Binatang Surabaya (KBS) membangun taman wisata Komodo. Nantinya, taman tersebut akan menyerupai Pulau Komodo di Nusa Tenggara Timur.

Ketua Komisi C DPRD Kota Surabaya Baktiono mengatakan, rencana tersebut cukup bagus dan bisa meningkatkan citra kota Surabaya sebagai destinasi wisata. Selain itu, kata Baktiono, Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Pemkot Surabaya secara tidak langsung turut membantu melestarikan satwa yang menjadi ikon Indonesia. Saat ini diperkirakan hanya ada 3.458 komodo dewasa dan muda di alam liar. Penelitian lain menyebutkan jumlahnya genap di kisaran 2.500 orang.

1. Daerah Wonorejo dianggap cukup cocok

Rencana Taman Komodo DPRD Surabaya Dapat Tingkatkan Pariwisata Hutan Mangrove Wonorejo, Surabaya (instagram.com/mangrovewonorejo)

Untuk lokasi pembangunan Taman Wisata Komodo, Baktiono mengaku sebenarnya ada dua lokasi yang diusulkan oleh pengelola PDTS KBS sebagai pemrakarsa, yakni di kawasan mangrove Wonorejo (Surabaya Timur) dan di kawasan Banyuurip (Surabaya Barat). ). ).

“Kawasan mangrove Wonorejo tampaknya menjadi habitat yang lebih baik bagi komodo. Karena Wonorejo merupakan daerah pesisir yang cuaca dan suhunya mirip dengan Pulau Komodo. Ada bukit di sana. Jadi gundukan harus dibangun nanti,” katanya. Senin (8/8/2022).

2. Baktiono meminta KBS untuk mempersiapkan dengan matang

Rencana Taman Komodo DPRD Surabaya Dapat Tingkatkan Pariwisata Komodo di Pulau Komodo (IDN Times/Hana Adi Perdana)

Namun, dia mendesak manajemen KBS untuk mempersiapkan diri dengan matang. Begitu dilepas, komodo bisa langsung beradaptasi dengan lingkungan barunya.

“Manajemen KBS harus melakukan kajian secara detail terlebih dahulu. Jangan terburu-buru, karena Taman Wisata Komodo harus menjadi tempat wisata yang aman dan nyaman bagi pengunjung,” ujarnya.

Baca Juga: JK Usulkan Harga Tour Pulau Komodo Rp 1 Juta, Kuota 500 Orang Per Hari

3. Taman Komodo nanti bisa dijadikan paket wisata

Rencana Taman Komodo DPRD Surabaya Dapat Tingkatkan Pariwisata IDN Times/Uni Lubis

Selain itu, Baktiono mengatakan jika proyek ini terealisasi dapat dijadikan sebagai paket wisata di Surabaya. Misalnya, setelah mengunjungi KBS, pengunjung bisa langsung dibawa ke Taman Wisata Komodo dan Kawasan Wisata Mangrove Wonorejo. Kemudian dilanjutkan ke THP Kenjeran dan Museum Tugu Pahlawan.

Bahkan jika bisa dipromosikan lagi untuk wisata pahlawan nasional, seperti Tempat Kelahiran Bung Karno, Makam WR Soepratman, Makam Bung Tomo dan lain-lain. “Agar pengunjung dari luar kota bisa menghabiskan hari di Surabaya. Dan PAD tentunya diharapkan tumbuh dari sektor pariwisata,” jelasnya.

Namun sebelum Taman Wisata Komodo dibangun, lanjutnya, Pemkot Surabaya harus menyiapkan akses jalan menuju Wonorejo. Sehingga nantinya bisa terintegrasi dengan tempat wisata lainnya. “Ya semuanya perlu dipersiapkan dengan matang. Termasuk angkutan bus dan tempat parkir yang luas,” pungkas Baktiono.

Baca juga: Wah! Akan ada Taman Komodo di Surabaya

Source: jatim.idntimes.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button