Pariwisata perkotaan di Jakarta dipromosikan di Makassar oleh JTF 2022 – pembeda utama - WisataHits
Jawa Barat

Pariwisata perkotaan di Jakarta dipromosikan di Makassar oleh JTF 2022 – pembeda utama

PORTALMAKASSAR.COM – Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) DKI Jakarta akan menggelar Jakarta Travel Fair (JTF) 2022 pada 16-18 September di Trans Studio Mall Makassar. Pembukaan kegiatan dilaksanakan pada Rabu (14/9/2022) di Hotel Novotel Makassar.

Sekretaris Disparekraf DKI Jakarta Helma Dahlia mengatakan Makassar di Provinsi Sulawesi Selatan merupakan kota kedua di luar Jakarta untuk pelaksanaan JTF 2022. Sebelumnya, kegiatan serupa juga digelar di Kota Medan Provinsi Sumatera Utara.

Pada acara ini pihaknya akan mengangkat tema #Jakcation, Feel The Urban Vibe dengan memperkenalkan konsep kota kolaboratif. Bersama dengan berbagai perusahaan afiliasi, Disparekraf menawarkan berbagai paket wisata menarik bagi wisatawan domestik untuk menikmati wisata kota Jakarta.

Klasifikasi Effendi Simbolon, artinya menyebut TNI seperti geng seperti ormas

Ia kini menjelaskan bahwa setiap sudut kota di kawasan ini menawarkan pengalaman wisata perkotaan. Selain itu, Jakarta kini terus mendorong lebih banyak ruang publik. Sudah ada 296 taman kota, 29 hutan kota dan 154 jalur hijau yang siap dan direvitalisasi sebagai ruang ketiga sebagai ruang interaksi.

Tempat-tempat menarik untuk wisata kota di Jakarta antara lain Jembatan Penyeberangan Rakyat (JPO) Phinisi Karet-Sudirman, Taman Menteng, Taman Ismail Marzuki, Eco Park Tebet, Hutan Kota GBK dan Kota Tua Shanghai Sedayu. Selain itu, masih banyak olahraga lain yang menawarkan wisata sejarah, bahari, belanja dan kuliner.

Ketua Forum Pariwisata Jakarta Salman Diana Anwar menambahkan, banyak sekali destinasi wisata perkotaan yang menarik di ibu kota negara itu. Mulai dari taman-taman yang menjadi ruang publik, hingga kawasan kota tua. Jakarta dipromosikan tidak hanya sebagai tujuan bisnis dan studi tetapi juga sebagai tujuan wisata.

“Selain itu, kami memiliki beberapa event besar di Jakarta, seperti Formula E. Lebih dari sekitar 2.600 turis asing datang berkunjung selama Covid-19 (pandemi) saja,” katanya.

Ia juga mendorong kerja sama antara pemerintah DKI Jakarta dan Sulawesi Selatan untuk meningkatkan kunjungan wisatawan. Hal ini dapat dilakukan melalui kerjasama dan saling mendorong wisatawan lokal untuk saling berkunjung dengan menawarkan dan mempromosikan paket wisata yang berbeda.

Sementara itu, Sekretaris Biro Kebudayaan dan Pariwisata Sulsel Devo Khadaffi mengapresiasi pelaksanaan JTF 2022 di Makassar. Pihaknya juga merencanakan kegiatan serupa dengan tiga target dengan pangsa pasar yang menjanjikan, yakni Jakarta, Surabaya, dan Bandung.

Melalui JTF 2022, Devo mengatakan pihaknya juga terinspirasi untuk mendorong lebih banyak ruang publik yang nantinya bisa menjadi destinasi wisata perkotaan. Hal ini sudah terjadi di Makassar sendiri. Misalnya, kantornya akan dialihfungsikan menjadi area publik untuk aktivitas sekaligus tujuan wisata bangunan tua bersejarah.

“Bahkan hampir seluruh kabupaten/kota di Sulsel juga sudah menyadari pentingnya ruang terbuka,” ujarnya.

Source: portalmakassar.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button