Pantai Yeh Leh, nikmati pesona pantai dengan bebatuan ikonik di Bali - WisataHits
wisatahits

Pantai Yeh Leh, nikmati pesona pantai dengan bebatuan ikonik di Bali

Pantai Yeh Leh, nikmati pesona pantai dengan bebatuan ikonik di Bali

Pantai Yeh Leh merupakan pantai yang terletak di antara Tabanan dan Jembrana. Sebuah pantai dengan bebatuan alami yang wajib dikunjungi.

Harga tiket: Bebas, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Jl.Raya Denpasar – Gilimanuk No.16, Selabih, Kec. Selemadeg Barat, Kab. Tabanan, Bali; Kasus: Verifikasi lokasi

Pantai Yeh Leh merupakan salah satu pantai yang ikonik dan sangat menawan di Bali. Pantai ini terletak di tengah perbatasan antara Tabanan dan Jembrana. Wisata bahari ini tentunya tidak sepopuler pantai indah lainnya di Bali seperti Pantai Kuta, Pantai Sanur. Pantai batu alam ini memiliki keistimewaan tersendiri.

Biasanya pantai identik dengan pantai pasir putih yang indah. Namun wisata bahari di Bali memiliki ribuan bahkan jutaan batu alam yang membedakannya dari pantai pada umumnya. Selain memiliki pantai dengan air yang masih sangat jernih, tempat wisata di Bali ini memiliki keindahan bebatuan yang menakjubkan dan mempesona.

Terletak di Jalan Raya Gilimanuk, Denpasar, pantai ikonik ini belum banyak dikunjungi oleh wisatawan Bali, juga belum banyak dikenal oleh wisatawan di luar Bali. Dengan pantainya yang masih terjaga keindahan dan kealamiannya, Pantai Yeh Leh juga bisa dijadikan tujuan wisata bagi anda yang hobi memancing.

Atraksi Pantai Yeh Leh

Atraksi Pantai Yeh LehKredit gambar: Google Maps Fahrudi Budi Prasetyo

Meski namanya cukup terkenal, Pantai Yeh Leh bukanlah tempat yang populer bagi wisatawan mancanegara. Pasalnya, wisata bahari ini memiliki banyak batu alam sehingga tidak cocok untuk berjemur, hobi favorit bule saat liburan pantai. Yang bisa dilakukan hanyalah memancing dan berselancar.

✦ Gelombang tenang

Wisatawan dapat memancing di pantai yang indah ini karena ombaknya tenang. Hal tersebut menjadi daya tarik tersendiri karena pantai ini memiliki ombak yang tenang, wisatawan dapat melakukan berbagai aktivitas di dalam air. Namun, jika Anda bergerak sedikit di tengah pantai, ombaknya akan cukup besar.

✦ Batu alam yang indah

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Pantai Yeh Leh memiliki banyak sekali bebatuan alami di sepanjang pesisirnya. Batu-batu di pantai ini berwarna hijau karena lumut. Wisatawan yang ingin berjalan di bebatuan pantai harus berhati-hati karena bebatuannya licin. Di antara batu-batu itu terdapat kolam berisi air laut

Bebatuan inilah yang membuat wisata bahari ini sangat simbolis dan menarik. Wisatawan yang berkunjung akan terpesona dengan banyaknya bebatuan alam yang menyatu dengan pantai. Di permukaannya tidak ada pasir pantai seperti di pantai pada umumnya.

✦ Pantai yang landai

Hal menarik lainnya adalah sebagian besar Pantai Yeh Leh merupakan bebatuan yang landai dan sebagian besar datar. Jadi saat menginjakkan kaki di pantai ikonik ini, Anda tidak perlu khawatir kaki Anda akan dipenuhi pasir atau basah karena menginjak permukaan bebatuan yang keras dan cukup kasar.

Terlihat jelas bahwa permukaan karang pantai ini memisahkan laut dari daratan saat air surut. Berbeda dengan pantai lain yang biasanya berpasir putih dan hitam, pantai dengan bebatuan alami ini sangat istimewa. Kurangnya pasir di pantai membuatnya tidak cocok untuk berjemur.

Meski tidak bisa berjemur, ada atraksi lain yang menarik wisatawan. Contohnya adalah batuan alam yang jarang ditemukan di pantai-pantai lain di Bali maupun di Indonesia.

Alamat, lokasi rute dan tiket masuk

Alamat Pantai Yeh LehKredit gambar: Google Maps YH

Pantai indah ini terletak di pinggir dekat jalan raya yaitu Jalan Raya Denpasar-Gilimanuk, Pengrangoan, Kec. Pekutatan, Kabupaten Jembrana, Bali. Pantai Yeh Leh tentunya sangat mudah diakses oleh wisatawan, bahkan untuk pengunjung yang baru pertama kali datang. Wisatawan yang ingin berkunjung bisa langsung menyusuri jalan Tol Denpasar-Gilimanuk.

Untuk menuju wisata bahari ini, wisatawan bisa menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa kendaraan. Ini karena tidak ada transportasi umum ke pantai yang indah ini. Tidak perlu khawatir karena tersedia tempat parkir yang cukup luas untuk kendaraan penumpang yang datang.

Pengelola tidak memungut biaya tiket masuk wisata pantai ini. Wisatawan yang menggunakan kendaraan pribadi hanya perlu membayar biaya parkir sebesar Rp1.000 untuk sepeda motor dan Rp2.000 untuk mobil. Pajak ini tentunya sangat terjangkau bagi wisatawan yang akan berkunjung.

Kegiatan yang menarik untuk dilakukan

Aktivitas menarik di Pantai Yeh LehKredit gambar: Google Maps Fahrudi Budi Prasetyo

Permukaan pantai yang terbuat dari bebatuan dan tersebar di permukaan pantai dapat digunakan sebagai tempat duduk dan bersantai. Selain itu, masih banyak aktivitas dan aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Pantai Yeh Leh.

1. Memancing

Ombak yang tenang di pantai ini bisa dimanfaatkan untuk memancing. Pantai indah ini memang sudah terkenal dengan aktivitas memancingnya. Banyak wisatawan yang datang dengan tujuan memancing sambil menikmati keindahan alam dan bebatuan alam yang indah di tepi pantai.

Jika ingin mancing, wisatawan bisa menyiapkan atau membawa peralatan mancing dari rumah dan perlengkapan lainnya seperti ember, jaring, plastik untuk membawa hasil tangkapan ikan dan hewan laut serta perlengkapan mancing pelengkap lainnya.

2. Berselancar

Meski ombak di pantai ini tenang, namun di tengah pantai ombaknya cukup besar dan memanjang sehingga cocok untuk berselancar. Namun, jika ingin berselancar sebaiknya lebih banyak berada di tengah lautan karena ombaknya lebih besar di tengah. Dan jika terlalu jauh dari bibir pantai, bahaya terbentur batu karang di pantai akan semakin berbahaya.

Meski tempatnya jauh dari pusat wisata Pulau Dewata Bali, wisatawan terkadang merencanakan perjalanan dan mencoba ombak menantang yang ditawarkan pantai ini. Tentunya ombak di pantai indah ini tak kalah dengan ombak di pantai lainnya.

3. Bersantai dan menikmati pemandangan alam

Karena letaknya di pinggir jalan, Pantai Yeh Leh juga sering dijadikan tempat peristirahatan oleh wisatawan yang berlibur di Bali. Wisatawan dapat bersantai selama perjalanan menikmati pemandangan alam yang indah dengan pantai yang memiliki banyak bebatuan alami.

Wisatawan juga bisa bersantai sambil menikmati aneka makanan dan minuman yang dijual di warung-warung makan di sekitar pantai. Berkunjung ke suatu destinasi tentu belum lengkap rasanya jika tidak mencicipi makanan yang ada di sana. Ada berbagai makanan khas dan jajanan lain yang dijajakan di sekitar pantai eksotik ini.

Fasilitas yang tersedia

Fasilitas Pantai Yeh LehKredit gambar: Google Maps yudha satriaa

Pantai Yeh Leh sudah memiliki tempat parkir yang luas, cocok untuk wisatawan yang baru datang dan ingin istirahat dulu. Karena ada stand sederhana yang menawarkan jajanan. Ada berbagai menu khas Bali seperti tipat cantok, mie goreng dan sambal, mie bakso dan jajanan lainnya.

Ada juga minuman dingin yang bisa dicoba seperti es krim kelapa muda, kopi, teh dan lain-lain. Fasilitas seperti toilet umum juga tersedia. Artinya, fasilitas yang disediakan cukup memadai. Dengan fasilitas tersebut, wisatawan bisa menghabiskan banyak waktu di wisata bahari ini.

Pantai Yeh Leh memiliki keindahan yang sangat ikonik. Bersantai di pantai dengan bebatuan alami akan memberikan perasaan yang berbeda dari pantai berpasir. Atraksi dan aktivitas menarik yang bisa dilakukan di pantai ikonik ini memaksa wisatawan untuk datang dan mengunjunginya. Ideal untuk memancing, berselancar, atau sekadar beristirahat.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button