Pantai Baluk Rening, nikmati pesona indahnya pantai pasir hitam Jembrana Bali - WisataHits
wisatahits

Pantai Baluk Rening, nikmati pesona indahnya pantai pasir hitam Jembrana Bali

Pantai Baluk Rening, nikmati pesona indahnya pantai pasir hitam Jembrana Bali

Pantai Baluk Rening terletak di Jembrana dan hanya berjarak 30 km dari Gilimanuk. Pantai yang indah ini terkenal dengan pemandangan dan matahari terbenamnya yang menakjubkan.

Harga tiket: Bebas, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Baluk, Kec. Negara Bagian, Kab. Djembrana, Bali; Kasus: Verifikasi lokasi

Jembrana, Bali bukanlah tujuan wisata populer seperti Kuta, Bali. Namun, daerah tersebut sebenarnya memiliki banyak pantai yang tidak kalah indahnya dengan pantai-pantai lainnya di Pulau Dewata. Salah satu pantai di Jembrana yang menawarkan pemandangan alam yang indah dan pengalaman wisata yang tak terlupakan adalah Pantai Baluk Rening.

Seperti pantai lainnya di Jembrana, Baluk Rening memiliki pantai berpasir hitam. Bagi sebagian wisatawan, pantai berpasir hitam mungkin terkesan kurang menarik untuk dikunjungi. Namun, pasir pantai ini memiliki manfaat kesehatan. Selain itu, meski berpasir hitam, panorama pantai ini sungguh luar biasa.

Pantai ini sebenarnya memiliki wilayah pesisir yang sangat luas. Namun, abrasi menyebabkan area tersebut menyusut di beberapa titik. Untuk mengatasinya, pemerintah membangun tanggul anti abrasi. Dengan demikian, erosi tanah dapat dikendalikan dan diminimalkan.

Daya tarik yang ditawarkan Pantai Baluk Rening

Pantai Baluk ReningKredit Gambar: Google Maps Febrinatiyas Nugraheni

Pantai Baluk Rening adalah salah satu resor paling populer di Jembrana. Saat liburan dan akhir pekan, pantai ini selalu ramai dikunjungi wisatawan. Mereka biasanya datang ke sini sore hari. Namun, banyak juga yang datang ke sini saat matahari terbit dan siang hari. Apa yang membuat mereka datang ke pantai yang indah ini?

✦ Panorama luar biasa di pantai

Pemandangan di pantai Baluk Rening sangat indah dan menawan. Birunya laut dan pepohonan di pantai ini memberikan pemandangan yang indah bagi para wisatawan. Selain itu, deretan tebing tinggi di sisi selatan pantai dan pemandangan pegunungan di seberang lautan menambah keindahan pantai berpasir hitam ini.

✦ Dermaga indah dengan jalur joging

Tanggul penahan abrasi di pantai cantik ini terbuat dari batu-batu yang disusun sedemikian rupa agar terlihat indah. Di sebelah tanggul ada jogging track. Jogging track inilah yang membuat wisatawan senang pergi ke pantai di pagi hari. Mereka datang ke sini untuk jogging sambil menghirup segarnya udara laut dan menikmati keindahan pantai.

✦ Pemandangan matahari terbenam yang menakjubkan

Pantai Baluk Rening merupakan tempat terbaik untuk menikmati sunset di Jembrana. Pemandangan matahari terbenam di pantai ini sangat indah. Semburan cahaya jingga yang menerpa lautan dan pesisir pantai ini membuat pantai yang sudah indah ini menjadi semakin indah. Inilah salah satu alasan mengapa banyak orang datang ke sini pada sore hari.

✦ Pasir hitam bergizi

Masyarakat setempat percaya bahwa pasir hitam Pantai Baluk Rening memiliki efek kesehatan yang bermanfaat, seperti menyembuhkan asam urat dan rematik. Banyak sekali wisatawan yang datang ke sini karena ingin sembuh dari sakit. Benarkah pasir hitam pantai ini bisa menyembuhkan penyakit? Menurut kesaksian wisatawan, pasirnya bisa menyegarkan tubuh.

Alamat, lokasi rute dan tiket masuk

Alamat Pantai Baluk ReningKredit gambar: Google Maps arianta selatan

Pantai Baluk Rening terletak di Dusun Baluk, Kec. Negara, Jembrana, Bali. Jarak dari pantai indah ini ke Gilimanuk sekitar 29 km dan jarak dari Denpasar sekitar 105 km. Jika wisatawan berangkat dari pelabuhan Gilimanuk dapat menempuh rute melalui Jl Gilimanuk – Denpasar.

Kemudian belok kanan menuju Jl. Tambaksari. Kemudian, wisatawan bisa mengikuti petunjuk Gmaps untuk menuju pantai ini. Perjalanan dari Gilimanuk ke pantai indah ini memakan waktu sekitar 45-50 menit, tergantung kondisi jalan. Sayangnya, pantai ini tidak dilayani oleh transportasi umum.

Dengan demikian, wisatawan hanya bisa mengaksesnya dengan kendaraan pribadi atau persewaan. Baluk Rening buka 24 jam setiap hari. Selain itu, tidak ada tiket masuk yang harus dibayar saat berkunjung ke pantai ini. Jadi wisatawan bisa mengunjungi pantai cantik ini kapan saja dengan gratis.

Aktivitas seru yang bisa dilakukan

Aktivitas Seru di Pantai Baluk ReningKredit gambar: Google Maps Ketut Suparta

Aktivitas apa saja yang dilakukan wisatawan di Pantai Baluk Rening? Ada banyak kegiatan rekreasi yang menarik untuk dilakukan di pantai yang indah ini. Dengan demikian, wisatawan tidak akan bosan selama liburan di pantai. Kegiatan-kegiatan tersebut dijamin akan membuat liburan Anda semakin berkesan.

1. Menikmati matahari terbenam

Sunset di Baluk Rening memang tidak bisa dilewatkan begitu saja. Di sore hari, banyak wisatawan di pantai ini duduk menghadap ke barat sambil menyaksikan matahari terbenam. Ada yang sesekali meneguk air kelapa atau berfoto saat ini. Angin sepoi-sepoi dari pantai membuat matahari terbenam semakin menyenangkan

2. Berenang di Pantai Baluk Rening

Air laut di pantai Baluk Rening cenderung tenang dengan ombak yang tidak terlalu besar. Dengan demikian, berenang di pantai cantik ini cukup aman untuk dilakukan, apalagi jika dilakukan pada saat air surut. Selain menyenangkan, mandi di pantai juga bisa menyembuhkan radang sendi, penyakit kulit, dan banyak penyakit lainnya.

3. Manjakan diri Anda dengan pasir pantai

Saat terjadi gelombang pasang, Pantai Baluk Rening tidak aman digunakan untuk mandi atau bermain air. Namun bagi yang ingin menikmati manfaat pantai ini tetap bisa menjalani terapi kesehatan. Caranya adalah dengan membenamkan diri dari dada hingga ujung kaki atau leher dengan pasir pantai. Setelah kegiatan ini, wisatawan pasti merasa bugar.

4. Bersantai sambil menikmati pemandangan pantai

Pemandangan pantai ini paling indah pada pagi, siang dan sore hari. Sebelum atau sesudah melakukan berbagai aktivitas di pantai cantik ini, biasanya wisatawan menyempatkan diri untuk bersantai sambil menikmati keindahan pantai. Sebagian wisatawan menikmati pemandangan ini sambil berpiknik dan sebagian lainnya hanya duduk santai.

5. Olahraga

Pantai yang indah ini adalah salah satu tempat olahraga terbaik di Jembrana. Di sini, wisatawan bisa jogging di sepanjang pantai dengan nyaman sambil menikmati keindahan pantai. Selain itu, wisatawan juga bisa berolahraga di pantai ini seperti bermain voli pantai dan memancing.

6. Nikmati masakan lokal

Setelah selesai bermain di Pantai Baluk Rening, biasanya wisatawan akan lapar. Untungnya, mereka dapat dengan mudah memuaskan rasa lapar mereka karena ada banyak tempat makan dan tempat makan yang menawarkan masakan lokal yang lezat di sekitar pantai yang indah ini. Menu makanan laut umumnya disukai wisatawan dan mudah ditemukan.

7. Berburu Foto

Pantai Baluk Rening tidak memiliki satu pun spot foto untuk selfie. Namun, keindahan alam pantai ini wajib diabadikan dengan foto-foto wisata. Beberapa pemandangan pantai yang akan terlihat bagus dalam foto adalah pemandangan sunset, pemandangan pantai dengan background pegunungan, dan foto pantai dengan tebing.

Fasilitas yang tersedia di area pantai

Fasilitas Pemandian Pantai BalukKredit Gambar: Google Maps Sugik Boy

Demi menjaga kenyamanan wisatawan, pihak pengelola Pantai Baluk Rening menyediakan fasilitas yang cukup lengkap. Fasilitas wisata yang bisa dijumpai di sini adalah toilet/kamar mandi, warung dan rumah makan, area sepi dan area parkir. Tempat parkir cukup luas dan dapat menampung beberapa bus.

Sebagian besar wisatawan yang berkunjung ke pantai indah ini berasal dari Jawa dan memiliki tujuan liburan utama di kota wisata lain di Bali dan hanya singgah disini. Namun, banyak juga wisatawan yang menginap di sekitar pantai ini. Di sini, wisatawan bisa menemukan banyak hotel dan hostel dengan harga bersaing.

Pantai Baluk Rening adalah pantai berpasir yang menawarkan pemandangan alam yang indah dan matahari terbenam yang luar biasa. Selain itu, pasir dan air laut pantai ini mampu mengobati penyakit tertentu, misalnya penyakit kulit dan rematik. Traveler yang ingin sembuh dari sakit bisa berendam di air laut atau mengubur diri di pasir.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button