Pantai Gesing, pantai cantik yang diapit dua tebing eksotis di Gunung Kidul - WisataHits
wisatahits

Pantai Gesing, pantai cantik yang diapit dua tebing eksotis di Gunung Kidul

Pantai Gesing, pantai cantik yang diapit dua tebing eksotis di Gunung Kidul
Harga tiket: Rp5.000 Jam operasional: 24 jam, Alamat: Bolang, Girikarto, Kec. Panggang, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Kasus: Verifikasi lokasi

Yogyakarta, atau yang juga disebut Jogja, bukan sekedar kota dengan sejuta kampus. Dan bukan hanya sebagai kota Gudeg dalam hal wisata kuliner. Kawasan istimewa ini juga dikenal dengan wisata alam berupa pantai-pantai yang menawarkan pemandangan alam yang mempesona, termasuk Pantai Gesing di Gunung Kidul. Lokasinya berada di desa Girikarto yang juga tidak jauh dari tempat wisata lain berupa pantai.

Pantai cantik ini masih sepi pengunjung dan sangat cocok untuk relaksasi. Minimnya pengunjung bukan karena kurangnya atraksi, melainkan karena tempatnya yang jauh dari pusat kota Jogja. Dari segi daya tarik, sebenarnya pantai ini menawarkan beberapa hal yang tidak dimiliki oleh wisata pantai lainnya. Tentu saja, ini eksotisme yang menawan.

Selain itu di kawasan pesisir yang juga menjadi tempat pendaratan para nelayan, kawasan Pantai Gesing relatif kecil. Bahkan jauh lebih kecil dari tempat wisata di sebelahnya. Namun, panorama alam yang disajikan sungguh menakjubkan, diapit dua tebing karan di sisi barat dan timur. Jika berdiri di tengah pantai, pemandangan indah seperti kepala gurita memikat setiap orang yang mengunjunginya.

Daya Tarik Pantai Gesing

Objek Wisata Pantai GesingKredit Gambar: Google Maps Iwan J Prasetyo

Tentu ada faktor lain yang menjelaskan kenapa tempat wisata ini masih sepi pengunjung. Selain cukup terpencil, tempat ini juga masih minim promosi. Mengandalkan hanya dari mulut ke mulut saja sudah pasti butuh waktu lama untuk menjangkau wisatawan di luar daerah. Namun dengan membahas objek wisata berikut ini, kami berharap secara tidak langsung dapat mempromosikan Pantai Gesing agar banyak yang berkunjung ke depannya!

1. Eksotisme pantai yang luar biasa

Setiap wisatawan yang berkunjung pasti pernah mendengar atau melihat keindahan Pantai Gesing secara keseluruhan. Disebutkan sebelumnya bahwa lokasi tersebut diapit oleh dua tebing raksasa. Di atas tebing tumbuh semak-semak rimbun yang terlihat seperti lumut hijau dari jauh.

Di salah satu tebing terdapat rongga kecil di dasarnya dengan ornamen bebatuan kecil. Pengunjung dapat menjelajahi tempat tersebut jika menginginkan sesuatu yang menantang. Namun kami harap berhati-hati karena bebatuan yang sudah lama terendam air laut pasti licin. Belum lagi bebatuan tajam yang siap melukai kaki Anda, setidaknya kulitnya terkelupas.

Tak hanya itu, keindahan yang didapat wisatawan, jernihnya air laut juga menjadi daya tarik tersendiri. Terlihat jelas bahwa air di tepi pantai indah Gunung Kidul ini berwarna hijau toska, karena sedikit menjorok ke arah laut dan berubah menjadi biru. Gradasi warna ini tidak hanya terlihat eksotis, tetapi juga sebagai penanda perbedaan kedalaman air laut.

2. Keistimewaan dari dua tebing yang mengapit

Keistimewaan Pantai Gesing adalah adanya dua tebing yang mengapit seperti yang telah disebutkan sebelumnya. Tebing itu seolah menjadi penjaga pantai yang selalu siap menunaikan tugasnya. Dari atas tebing Anda bisa melihat berbagai pemandangan indah, seperti laut lepas dan pemandangan pantai dari atas.

Menariknya lagi, pengelola telah membangun fasilitas untuk memenuhi kebutuhan fotografi pengunjung. Ada beberapa spot foto dengan background pantai yang menawan. Fasilitas gratis tersebut bisa Anda gunakan untuk berfoto selfie atau mengabadikan momen liburan. Sementara itu, ada sebuah titik di atas tebing yang juga menampilkan panorama tebing di sebelahnya.

3. Dekat dengan objek wisata pantai lainnya

Tak bisa dipungkiri daya tarik lain dari Pantai Gesing adalah lokasinya yang dekat dengan tempat wisata pantai lainnya. Sepanjang perjalanan, sesampainya di tempat tersebut, juga terdapat banyak pantai lain dengan keindahan alamnya masing-masing. Wisatawan yang merasa puas berkunjung ke pantai bisa beralih ke pantai yang menjadi topik utama kita kali ini.

Sebaliknya, ada juga yang berniat mengunjungi pantai ini kemudian melanjutkan aktivitas liburannya ke pantai-pantai lain di sekitarnya. Di antara pantai yang dimaksud adalah Pantai Ngluen dan Pantai Need. Silakan kunjungi lokasi tersebut jika Anda belum pernah mengunjunginya sama sekali.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Gesing Gunung KidulKredit Gambar: Penyewaan Drone Instagram magelang

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, lokasi Pantai Gesing cukup jauh dari pusat kota Jogja. Jarak yang harus Anda tempuh sekitar 45 kilometer dengan waktu tempuh 1 jam hingga 1,5 jam. Sebagai panduan awal, silahkan arahkan kendaraan ke arah Girikarto, Bolang, Panggang, Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

Sedikit informasi tambahan, disarankan menggunakan kendaraan pribadi untuk menuju ke sana. Hal ini disebabkan minimnya akses angkutan umum yang langsung menuju lokasi wisata. Jika tidak memungkinkan membawa kendaraan pribadi, silahkan menyewa jasa travel yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Rute tercepat adalah melalui Jalan Imogiri begitu Anda berada di pusat kota Jogja. Kemudikan kendaraan menuju kawasan Selopamioro hingga tiba di SD Sawah Warak. Lanjutkan perjalanan ke kawasan Bolang, lalu ikuti rambu-rambu yang mengarahkan Anda ke Pantai Gesing.

Harga tiket masuk objek wisata

Harga Tiket Pantai GesingKredit gambar: Google Maps Saefullah _14

Meski masih sepi, tempat wisata ini sudah dikelola dengan baik oleh pemerintah dibantu warga setempat. Maka jangan heran jika Anda dikenakan biaya masuk yang digunakan untuk pengembangan lokasi wisata. Harganya cukup murah untuk merasakan pengalaman indah yang tak terlupakan, hanya 5000 rupiah untuk seorang pengunjung.

Jika Anda membawa kendaraan pribadi, biaya tambahan harus dikeluarkan untuk memarkir atau menyimpan kendaraan. Sepeda motor atau roda dua dikenakan tarif 2.000 rupiah, sedangkan mobil hanya 5.000 rupiah. Beberapa spot foto juga dibanderol dengan tarif tertentu, namun rata-rata selalu sekitar 5.000 rupiah.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Pantai Gesing

Aktivitas di Pantai GesingKredit gambar: Google Maps Yulia Angelina

Apakah Anda sudah memiliki gambaran tentang apa yang harus dilakukan ketika Anda tiba di pantai eksotis Gunung Kidul? Jangan hanya terkagum-kagum dengan pesona alamnya, ada banyak aktivitas seru yang bisa Anda lakukan. Ini beberapa!

1. Bermain pasir di Pantai Gesing

Bermain merupakan salah satu kegiatan wajib saat mengunjungi objek wisata berupa pantai. Tentunya kegiatan ini tidak hanya untuk anak-anak, tetapi juga untuk orang dewasa. Gim sederhana namun menyenangkan sedang dibangun. Tentu saja, lokasinya tidak boleh terlalu dekat dengan bibir pantai karena bangunannya bisa hancur diterjang ombak.

2. Serunya berenang dan bermain air

Karena trik kali ini berupa air, lebih tepatnya air laut, kegiatan yang menarik tentunya berenang. Kegiatan ini cukup aman dilakukan karena ombak di Pantai Gesing tidak terlalu tinggi. Hal ini dikarenakan ada dua tebing yang memeluknya sehingga ombak tidak bisa mencapai lokasi pantai.

Selain berenang, asyik juga untuk berbasah-basahan atau bermain air. Sambil bercanda dengan keluarga dan anak-anak, Anda bisa puas bermain di air yang jernih dan asri. Namun, berhati-hatilah saat melakukan aktivitas ini. Anda bisa melihat kedalaman air dari gradasi warna yang terlihat jelas di sekitar pantai.

3. Mancing di tempat favorit nelayan

Pantai Gesing dikabarkan pernah dijadikan lokasi syuting acara TV kategori sport fishing. Bisa dibilang wajar karena memang banyak spot-spot seru untuk memancing. Ditemani kapten kapal yang juga warga sekitar dan pemilik perahu, Anda akan dibawa ke tempat yang banyak terdapat ikan-ikan besar dengan berbagai jenis.

Pada umumnya ikan yang ditangkap adalah barramundi dan kerapu. Untuk menangkap kedua jenis ikan tersebut, disarankan membawa umpan udang hidup yang bisa dibeli di beberapa lokasi yang tidak jauh dari lokasi wisata. Sayangnya, tidak ada tempat untuk menyewa alat tangkap di pantai yang indah ini, jadi Anda bisa membawa sendiri dari rumah. Penduduk setempat hanya menawarkan wahana perahu yang bisa disewa dengan harga yang disepakati.

4. Berburu Kuliner Seafood

Aktivitas Menarik di Pantai GesingKredit gambar: Google Maps Achmad Soleh Amirudin

Nelayan yang melaut dan membawa pulang hasil tangkapannya akan dijual ke tengkulak atau warung di sekitar Pantai Gesing. Dengan demikian, Anda bisa berwisata kuliner yang nikmat dari jenis seafood ini, mulai dari udang, kepiting, lele, kakap putih bahkan ikan kerapu dengan kelezatan maksimal bisa Anda cicipi di pantai yang mempesona ini.

Harganya pun masih tergolong murah, tidak lebih dari 50.000 untuk seporsi ikan ukuran cukup besar. Apalagi jika Anda bisa memilih olahan makanan yang disediakan, antara lain ikan bakar, ikan goreng sambal, atau jenis masakan khas sambal Yogya. Selain bisa dinikmati secara langsung, Anda juga bisa membawa ikan segar ke tempat pelelangan yang tidak jauh dari bibir pantai.

5. Ambil foto dengan panorama yang bagus

Setiap wisatawan yang datang ke Pantai Gesing tidak lepas dari kegiatan fotografi. Apalagi jika tersedia spot antik yang mendukung hasil foto lebih sempurna. Di antara sekian banyak spot yang direncanakan, jembatan cinta adalah yang paling favorit. Jembatan yang dibangun di atas bebatuan tebing ini cukup panjang dengan dua panorama sekaligus.

Pertama tentunya keindahan pantainya yang memukau, kemudian tebing-tebing yang menjulang tinggi dan gagah. Seluruh konstruksi jembatan terbuat dari kayu dengan warna merah pada pagarnya. Untuk spot foto kali ini pengunjung tidak dipungut biaya apapun karena bebas digunakan secara gratis.

Tentu saja, tempat yang bagus untuk diingat adalah saat Anda berada di pantai. Pemandangan tebing tinggi dari bawah sangat indah dan terlihat lebih gagah. Apalagi bila warna airnya yang jernih juga menghiasi background foto Anda.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Pantai GesingKredit Gambar: Arsip Instagram Zana

Pantai Gesing menawarkan berbagai fasilitas penunjang untuk kenyamanan pengunjung. Fasilitas penting yang bisa Anda gunakan adalah toilet, ruang ganti, dan mushola. Bagi yang membawa kendaraan pribadi juga bisa memanfaatkan tempat parkir dengan tarif yang sesuai. Selain itu, terdapat pula warung makan yang melengkapi fasilitas yang ada. Untuk angkutan laut, tersedia perahu nelayan yang bisa disewa, baik untuk menangkap ikan maupun sekedar berlayar mengelilingi laut.

Setelah mengetahui berbagai atraksi dan aktivitas seru yang bisa dilakukan, mungkin jarak yang jauh bukan lagi alasan. Keindahan Pantai Gesing di Gunung Kidul memang layak masuk dalam daftar destinasi wisata alam yang wajib dikunjungi. Apalagi jika harga tiket masuknya cukup terjangkau, bahkan lebih murah dari harga standar sebuah objek wisata.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button