Destinasi Wisata Mangrove di Surabaya, Nikmati Keajaiban Hutan Mangrove yang Indah - WisataHits
Jawa Timur

Destinasi Wisata Mangrove di Surabaya, Nikmati Keajaiban Hutan Mangrove yang Indah

Jika Anda berkunjung ke Kecamatan Rungkut di Surabaya, jangan lewatkan Wisata Mangrove Gunung Anyar. Kawasan wisata ini merupakan kawasan hutan mangrove yang memiliki suasana yang asri dan sangat cocok untuk berlibur.

Hutan mangrove yang indah ini pernah dikelola oleh Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Surabaya pada tahun 2015. Awalnya, hutan mangrove ini hanya dikelola untuk ditanami sebagai cagar alam.

Baca juga: 4 atraksi waterpark Batu Wonderland, wisata air dengan berbagai wahana menarik

Namun seiring berjalannya waktu, kawasan hutan mangrove ini berubah menjadi alternatif wisata bagi masyarakat Surabaya dan sekitarnya.

Tiket Masuk Mangrove Gunung Anyar

mangrove surabaya

Bagi yang berminat berwisata ke Hutan Mangrove Gunung Anyar, perlu diketahui bahwa tiket masuknya gratis.

Tapi ada karcis parkir yang harus dibayar Rp 5.000 untuk motor dan Rp 10.000 untuk mobil. Jika ingin menyewa perahu untuk berkeliling hutan mangrove, Rp 50.000 per orang.

Jam buka hutan mangrove ini dari jam 10 pagi sampai jam 5 sore dan buka setiap hari. Sehingga Anda dan keluarga atau pasangan bisa menikmati wisata hutan mangrove yang indah ini di hari apapun, tidak harus di hari libur.

Alamat dan arah ke situs

mangrove surabaya

Alamat Wisata Mangrove Gunung Anyar terletak di Surabaya Provinsi Jawa Timur tepatnya di Kecamatan Rungkut Desa Meokan Ayo Jalan Medokan Sawah Timur Segoro Tambak Sedati.

Rute wisata mangrove Surabaya dapat ditempuh dengan kendaraan pribadi. Jika Anda berangkat dari pusat kota Surabaya, jarak tempuhnya sekitar 15 kilometer dan waktu tempuh sekitar 34 menit.

Wisatawan dapat mencapai hutan mangrove ini tidak hanya dengan angkutan umum, tetapi juga dengan angkutan umum. Bagi yang menggunakan kendaraan pribadi, Anda dapat memulai perjalanan dari Tol Waru-Juanda, kemudian dari pintu keluar Tol menuju pintu keluar Tambak Sumur.

Kemudian berbelok ke arah Jalan Raya Taman Asri dan terus lurus sampai bertemu Jalan Wonorejo. Begitu sampai di Jalan Wonorejo ada tanda jalan yang mengarahkan Anda ke lokasi hutan mangrove.

Cara menuju ke sana dengan transportasi umum cukup rumit karena Anda harus berganti kereta untuk sampai ke lokasi hutan bakau. Jadi sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi jika ingin berwisata ke hutan mangrove di Kecamatan Rungkut, Surabaya.

Tempat Wisata Mangrove Gunung Anyar

mangrove surabaya

1. Kawasan Ekowisata

Tempat wisata ini digunakan sebagai ekowisata yang vegetasi utamanya adalah pohon bakau atau mangrove. Hutan mangrove di Surabaya ini memiliki luas sekitar 2,9 hektar dan memiliki potensi wisata yang bagus karena pemandangan alam di sini sangat hijau dan enak dipandang mata.

Di kawasan wisata hijau ini, wisatawan dapat menikmati alam hutan bakau dengan berjalan kaki di atas jembatan di tengah hutan bakau yang rimbun. Di jembatan ini, wisatawan sering mengambil foto selfie yang menarik untuk dibagikan di media sosial.

2. Tempat Foto Selfie

Pengelola wisata di hutan mangrove Gunung Anyar juga sudah menyediakan beberapa spot foto selfie yang menarik. Di sini wisatawan bisa menemukan spot selfie sarang burung walet, spot selfie dermaga bambu, spot selfie tower view dan spot selfie lainnya. Bagi anak muda yang sedang berlibur sambil mencari spot selfie yang menarik, kawasan wisata hutan mangrove ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk dikunjungi.

3. Menara observasi

Daya tarik lain yang dimiliki adalah menara observasi yang memiliki ketinggian sekitar 12 meter. Gardu pandang atau menara observasi ini dibangun oleh pengelola wisata agar wisatawan dapat menikmati pemandangan seluruh kawasan hutan mangrove.

Jadi ketika Anda berkunjung ke wisata hutan mangrove di Surabaya ini, jangan lewatkan untuk mendaki kompleks menara observasi ini. Selain digunakan untuk melihat panorama hutan mangrove yang menakjubkan. Tempat ini juga merupakan spot selfie terbaik untuk mendapatkan pemandangan hutan mangrove secara keseluruhan di sini.

Source: intrik.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button