Pantai Wedi Ireng Banyuwangi, pesona pantai pasir putih bersih eksotis - WisataHits
wisatahits

Pantai Wedi Ireng Banyuwangi, pesona pantai pasir putih bersih eksotis

Harga tiket: Gratis, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Dusun Pancer, Sumberagung, Kec. Pesanggaran, Kab. Banyuwangi, Jawa Timur; Kasus: Cek lokasi

Pantai Wedi Ireng merupakan salah satu tempat wisata bahari Banyuwangi yang namanya berarti pasir hitam. Namun, pantai ini memiliki pasir putih yang indah. Dipadukan dengan air laut yang biru jernih, pantai ini menjadi destinasi wisata yang wajib dikunjungi. Karena keindahan pantai ini tidak kalah dengan pantai-pantai terkenal lainnya di Indonesia.

Pantai ini memang tergolong baru dan tidak jauh lebih dikenal dari Pulau Merah yang letaknya tidak jauh dari kawasan Pantai Wedi Ireng. Meski begitu, pantai ini memiliki keunikan tersendiri karena warna pasirnya tidak hanya didominasi oleh pasir putih halus saja. Beberapa bagian lainnya memiliki warna yang berbeda, seperti kecoklatan di beberapa tempat.

Pantai yang memiliki mitos yang cukup kuat ini tidak memiliki ombak yang besar dan relatif tenang. Dengan air laut yang biru jernih, terumbu karang perairan dangkal dapat terlihat. Namun, pengunjung harus tetap berhati-hati dan waspada. Meski laut tampak tenang, jika lengah, kecelakaan bisa terjadi dan menimbulkan korban jiwa.

Atraksi Pantai Wedi Ireng

Objek wisata yang dimiliki oleh Pantai Wedi IrengKredit gambar: Twitter.com @lingkarid

Pantai berpasir putih ini masih sedikit dikenal, sehingga lebih sepi dari pantai-pantai sekitarnya yang lebih terkenal. Namun, bukan berarti Pantai Wedi Ireng tidak menarik. Pantai ini memang menawarkan pemandangan sekitar yang tak kalah indahnya. Objek wisata berikut menjadikan pantai ini layak dikunjungi sebagai tempat bersantai.

1. Situs Eksotis

Perjalanan menuju pantai ini cukup sulit, namun akan terbayar dengan pemandangan alam yang eksotis dan memanjakan mata. Dengan pasir putih yang lembut dan air laut yang biru bersih, keindahannya menjadi daya tarik tersendiri yang tidak akan membuat pengunjung menyesal datang ke pantai ini.

Pantai ini dikelilingi oleh pepohonan yang hijau sehingga memberikan warna hijau yang menambah kesegaran mata yang memandangnya. Sebagian tempat adalah bebatuan tempat pengunjung bisa duduk sambil menikmati keindahan pasir putih dan birunya lautan di depannya. Terumbu karang juga bisa dilihat dari perairan dangkalnya yang air lautnya bersih.

2. Diam

Ada beberapa alasan mengapa Pantai Wedi Ireng masih belum banyak dikunjungi oleh pengunjung. Pantai yang baru dikenal ini, hanya sedikit orang yang mengetahuinya. Selain itu, perjalanan menuju pantai ini juga sulit dan cukup melelahkan. Akibatnya, pantai yang memiliki panorama alam yang cukup menawan ini menjadi sepi.

Padahal, suasana sepi ini menjadi daya tarik tersendiri, terutama bagi pengunjung yang menikmati tempat wisata yang sepi pengunjung. Di pantai ini, pengunjung bisa merasa seperti berada di pantai pribadi. Sangat nyaman untuk menghabiskan waktu sambil menenangkan dan menenangkan pikiran. Dengarkan suara ombak saat Anda berjalan di sepanjang pantai tanpa terganggu oleh keramaian.

3. Bersih

Pantainya sangat bersih. Tidak banyak sampah yang berserakan. Terdapat tempat sampah di beberapa sudut, sehingga pengunjung dapat ikut serta menjaga kebersihan lingkungan. Tidak bisa dipungkiri, kebersihan adalah salah satu daya tarik terbesar dari setiap destinasi wisata. Maka tidak heran jika kebersihan pantai ini juga mempengaruhi kenyamanan pengunjung.

Alamat dan rute menuju lokasi pantai

Alamat Pantai Wedi IrengKredit gambar: Google Maps (Ciptadi Chipz)

Pantai Wedi Ireng terletak di Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi, Jawa Timur. Jarak tempuh dari kota Banyuwangi sekitar 65 kilometer atau bisa ditempuh selama 3-4 jam perjalanan. Pantai ini juga sangat dekat dengan Pulau Merah. Anda bisa mengakses pantai ini melalui Pantai Pancer. Sekitar 3 meter sebelum Pulau Merah ada pemandu Pancer yang bisa Anda jemput.

Untuk menuju lokasinya sendiri, Anda bisa menggunakan dua jalur yaitu jalur darat dan jalur laut. Jika menggunakan jalur darat, Anda harus memulai perjalanan dari Muara Pancer. Kemudian Anda bisa menyeberang menggunakan perahu nelayan dengan biaya Rp 5.000 saja. Kemudian Anda masih harus melanjutkan perjalanan yang cukup sulit.

Perjalanan akan melewati bukit yang ditumbuhi pohon pisang dan semak belukar. Jalannya juga cukup terjal, jadi harus hati-hati. Di perjalanan Anda tidak akan menemukan warung. Oleh karena itu, Anda harus mempersiapkan perbekalan sebelum bepergian.

Menggunakan jalur laut tidak kalah sulitnya. Dari Dusun Pancer, Anda bisa meminta para nelayan untuk mengantar Anda ke sana. Biasanya, nelayan mematok harga Rp25.000 sekali jalan atau Rp40.000 pulang pergi. Berwisata dengan menggunakan perahu sangat mengasyikkan karena ombak besar yang terkadang datang, namun Anda juga disuguhkan dengan pemandangan tebing curam yang menawan.

Pantai Wedi Ireng Banyuwangi buka setiap hari selama 24 jam. Anda dapat menghabiskan waktu di tempat ini sesuka Anda. Sedangkan untuk memasuki kawasan pantai ini, Anda tidak membayar tiket masuk. Anda hanya perlu mengeluarkan uang untuk perjalanan menuju lokasi. Biaya akomodasi tergantung pada rute yang Anda pilih.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Pantai Wedi Ireng

Aktivitas di Pantai Wedi IrengKredit gambar: Instagram.com @risk_nov

Jika Anda sedang berlibur di Pantai Wedi Ireng, Anda tidak perlu khawatir akan bosan. Ada banyak aktivitas seru yang akan membuat perjalanan panjang Anda ke tempat ini terbayar. Kegiatan yang tidak membosankan pasti akan membuat liburan semakin berkesan. Berikut beberapa aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan.

1. Nikmati pemandangannya

Memiliki pemandangan alam yang sangat indah, Anda bisa datang ke pantai yang indah ini untuk sekedar menikmati keindahannya sambil menenangkan pikiran. Anda juga bisa berjalan di sepanjang pantai atau bermain air di pantai. Tidak hanya menikmatinya, Anda juga bisa berfoto sebagai oleh-oleh. Selain itu, ada banyak tempat indah di sekitar pantai.

2. Perkemahan

Jika ingin menikmati pemandangan di malam hari, Anda juga bisa mendirikan tenda di kawasan pantai ini. Berkemah menjadi kegiatan yang sangat menyenangkan. Merasakan suasana alam, juga ditemani suara deburan ombak, liburan Anda di Pantai Wedi Ireng tidak akan mudah terlupakan.

3. Memancing

Kegiatan ini sangat menarik, terutama bagi anda yang hobi memancing. Anda bisa datang dengan pemancing lokal dan menanyakan tempat memancing terbaik sehingga Anda bisa memancing dengan cukup mudah dan dalam ukuran berapa pun yang Anda inginkan. Anda bisa membakar hasil memancing nanti di pantai dan kemudian memakannya.

4. Snorkeling atau menyelam

Kawasan pantai ini sangat cocok untuk kegiatan snorkeling atau diving. Keindahan bawah laut dan ikan-ikan yang akan menemani Anda menyelam membuat aktivitas ini menjadi suatu keharusan. Anda tidak perlu repot membawa peralatan snorkeling atau diving, karena di area ini tersedia persewaan peralatan.

Penginapan murah di sekitar lokasi

Akomodasi Pantai Wedi IrengKredit gambar: Traveloka.com

1. Hotel Surya Baru

Hostel ini terletak di Jl. Yos Sudarso, Banyuwangi. Cukup dekat dengan lokasi hotel. Dengan kamar yang nyaman, fasilitas yang tersedia juga sangat lengkap. Ada AC, WiFi, dan parkir gratis. Selain itu, tersedia juga restoran dan kolam renang untuk melengkapi kebutuhan Anda. Bagian penerima tamu juga tersedia 24 jam sehari untuk membantu Anda setiap saat.

2. SPOT ON 90537 Dari Wisma Emas

Adalah sebuah asrama yang terletak di Krajan, Banyuwangi. Lokasinya sekitar 12 kilometer dari Pantai Wedi Ireng Banyuwangi. Hostel ini sangat murah dan terjangkau dengan kamar yang nyaman untuk beristirahat. Untuk fasilitasnya sendiri sudah tersedia AC, WiFi dan parkir. Anda memiliki pilihan antara beberapa jenis kamar. Beberapa kamar tidak ber-AC.

3. Selatan oleh Amithya

Hostel ini hanya berjarak sekitar 5 kilometer dari pantai. Ada beberapa tipe kamar yang bisa Anda pilih dengan harga dan fasilitas yang berbeda-beda. Kamar yang disediakan sangat nyaman dengan fasilitas utama berupa AC, parkir, WiFi, restoran dan resepsionis 24 jam.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Wedi Ireng Banyuwangi

Fasilitas Pantai Wedi IrengKredit gambar: Google Maps (Ligiansy Trip)

Meski wisata pantai ini cukup sulit dijangkau, namun fasilitas yang ditawarkan cukup memadai. Beberapa fasilitas dapat digunakan oleh pengunjung. Misalnya sebagai lahan parkir yang luas untuk kendaraan pribadi Anda sebelum melanjutkan perjalanan menuju lokasi pantai. Ada juga gazebo untuk istirahat dan berteduh jika bosan bermain di pinggir pantai.

Bagi Anda yang senang dengan aktivitas snorkeling atau diving, Anda tidak perlu khawatir untuk membawa peralatan dari rumah. Di kawasan Pantai Wedi Ireng sudah terdapat tempat persewaan alat snorkeling atau diving. Harga sewanya juga tidak mahal, namun tetap cukup terjangkau untuk pengalaman menyelam yang menyenangkan.

Ada juga kamar mandi umum. Fasilitas ini sangat penting karena sangat dibutuhkan oleh pengunjung. Tidak hanya satu, ada beberapa kamar mandi yang tersedia untuk Anda gunakan. Mungkin kamu baru saja kebasahan di pantai, kamar mandi ini bisa digunakan untuk ganti baju.

Pantai Wedi Ireng di Banyuwangi memiliki keunikan tersendiri, walaupun sekilas terlihat seperti pasir putih namun di bawahnya terdapat pasir hitam. Pemandangan di sekitar juga sangat indah, sehingga Anda tidak akan menyesal pergi ke sana. Diakui, perjalanan yang akan dilakukan cukup panjang dan melelahkan, namun semuanya akan terbayar dengan pemandangan alam yang dihadirkan dengan sendirinya.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button