Pantai Wedi Ireng, Pesona Pantai Indah dan Bersih di Banyuwangi - WisataHits
wisatahits

Pantai Wedi Ireng, Pesona Pantai Indah dan Bersih di Banyuwangi

Harga tiket: Gratis, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Dusun Pancer, Sumberagung, Kec. Pesanggaran, Kab. Banyuwangi, Jawa Timur; Kasus: Cek lokasi

Pantai Wedi Ireng memang belum populer dibandingkan dengan pantai-pantai di sekitarnya, seperti Pantai Pulau Merah atau Pantai Teluk Hijau yang mengapit Pantai Banyuwangi ini. Meski begitu, keindahan pantai ini tak kalah mempesona dengan garis pantai yang panjang. Pantai ini memiliki dua garis samping, namun dipisahkan oleh bebatuan di tengah pantai.

Ombak di pantai ini juga relatif tenang. Laut biru yang bersih berpadu dengan terumbu karang yang bisa dilihat langsung dari perairan dangkal. Di sekitar pantai ini berbentuk perbukitan hijau yang sejuk dipandang mata. Sementara itu, pepohonan rindang di sekitarnya menjadikan tempat ini sebagai tempat yang rindang dan nyaman untuk bersantai.

Pantai ini dikelola oleh Pokmas Wisata Wedi Ireng. Dengan pengelolaan ini, peralatan yang tersedia juga semakin didesain untuk menambah kenyamanan pengunjung yang datang. Jika sebelumnya pengunjung hanya bisa menikmati keindahan pantai, kini pengunjung juga bisa menikmati keindahan alam bawah laut.

Atraksi Pantai Wedi Ireng

Aktivitas di Pantai Wedi IrengKredit Gambar: Google Maps Bayu Catur Ultimate

Meski Pantai Wedi Ireng tidak begitu populer, pesona yang ditawarkannya sayang untuk dilewatkan begitu saja. Selain keunikannya, pantai ini juga memiliki daya tarik yang membuatnya layak menjadi salah satu destinasi wisata bahari untuk dikunjungi. Berikut beberapa daya tarik pantai ini.

1. Rentang tunggal

Pantai ini unik karena namanya yang berarti pasir hitam, namun sekilas pantai ini memiliki pasir putih kecoklatan. Unsur pasir di pantai ini memang cukup unik dan menjadi salah satu daya tarik utama. Karena pasir di dalamnya berwarna hitam seperti namanya. Pengunjung bisa melihatnya dengan mengeruk pasir di sekitar pantai.

2. Pemandangan yang bagus

Pemandangan alam di sekitar Pantai Wedi Ireng sangat indah dan memanjakan mata. Pasirnya yang berwarna putih kecoklatan berpadu dengan birunya air laut memberikan kesan eksotis. Apalagi pantai ini juga dikelilingi pepohonan hijau yang membuat kawasan ini semakin sejuk, sedangkan bagian lainnya berupa bebatuan karang.

3. Sedikit pengunjung

Objek wisata yang dimiliki oleh Pantai Wedi IrengKredit Gambar: Google Maps Dea Ogato Kitchen

Pantai ini cukup sulit diakses sehingga tidak sering dikunjungi banyak orang dan cukup tenang. Absennya banyak pengunjung yang datang menjadi salah satu daya tarik tersendiri. Menghabiskan liburan di pantai ini akan memberikan perasaan seperti berada di pantai pribadi. Sangat cocok jika Anda ingin menenangkan diri sambil menikmati alam yang indah dan mendengarkan deburan ombak.

4. Termasuk pantai yang bersih

Kebersihan merupakan salah satu daya tarik yang menarik banyak pengunjung ke destinasi wisata manapun. Salah satunya adalah Pantai Wedi Ireng Banyuwangi. Pantainya sangat bersih tanpa sampah berserakan. Para pengunjung yang datang juga turut andil dalam menjaga kelestarian lingkungan, khususnya dengan keberadaan tong sampah di beberapa sudut pantai.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pantai Wedi IrengKredit gambar: Google Maps Ciptadi Chipz

Pantai Wedi Ireng terletak di Dusun Pancer, Kecamatan Pesanggaran. Untuk menuju ke sana, Anda bisa menggunakan jalur darat dan jalur laut. Pantai indah ini sangat dekat dengan Pantai Merah yang lebih populer. Jarak lokasi dari kota Banyuwangi di Jawa Timur sekitar 65 kilometer atau sekitar 3-4 jam menggunakan kendaraan pribadi, baik roda dua maupun roda empat.

Melalui jalur darat, akses dapat dilakukan melalui Pantai Pancer dengan mengambil arah Pancer yang berjarak 3 meter dari Pantai Merah. Anda bisa memulai perjalanan menuju Muara Pancer. Kemudian Anda hanya perlu menyeberang menggunakan perahu nelayan. Setelah melalui ini, perjalanan Anda akan jauh lebih sulit.

Anda harus melintasi bukit yang ditumbuhi banyak pohon pisang dan semak belukar. Anda harus berhati-hati karena akses jalan yang harus Anda tempuh cukup curam. Sebaiknya persiapkan perbekalan Anda sebelum memulai perjalanan ini. Memang selama perjalanan Anda tidak akan menemukan warung makan.

Sedangkan jalur laut mungkin bisa menjadi alternatif bagi Anda yang tidak memiliki banyak waktu untuk bepergian. Untuk naik perahu, Anda hanya perlu menuju Dusun Pancer. Di sana Anda akan menemukan banyak perahu nelayan atau yang biasa dikenal dengan taksi air yang akan mengantar Anda ke tempat tersebut. Perjalanan laut sangat mengasyikkan, apalagi dengan pemandangan tebing terjal yang sangat indah.

Harga tiket masuk objek wisata

Harga Tiket Pantai Wedi IrengKredit gambar: Google Maps mora gandi

Anda bisa mengunjungi Pantai Wedi Ireng setiap hari selama 24 jam. Tidak ada tiket masuk untuk memasuki area pantai. Meski begitu, Anda hanya perlu menyiapkan dana untuk perjalanan ke sana. Biaya akomodasi itu sendiri tergantung pada rute yang Anda pilih. Jika Anda pergi ke sana melalui jalur darat, Anda hanya perlu membayar Rp 5.000 untuk menyeberang.

Sedangkan jika Anda mengambil jalur laut, Anda cukup menggunakan taksi air. Untuk kapal sekali jalan, nelayan biasanya mengenakan biaya Rp 25.000, sedangkan untuk ojek pulang pergi cukup membayar Rp 40.000, jadi lebih murah. Anda juga bisa mencoba wisata perahu ke beberapa pulau dengan membayar Rp 550.000 untuk maksimal 6 orang.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Wedi Ireng

Hal yang Dapat Dilakukan di Wedi IrengKredit gambar: Google Maps Umm Raykhan

Banyak aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Pantai Wedi Ireng. Kegiatan ini tentunya sangat menyenangkan dan tidak kalah serunya dengan kunjungan ke pantai-pantai lain yang lebih terkenal. Meski perjalanan yang akan dilakukan cukup melelahkan, namun aktivitas menarik yang bisa dilakukan tentunya akan menghilangkan rasa lelah Anda.

1. Nikmati pemandangannya

Dengan mengunjungi pantai ini, Anda dapat menikmati pemandangan di waktu senggang dengan berjalan-jalan di sekitar pantai. Dengan keindahan yang ditawarkan pantai cantik ini, rasa lelah dan penat Anda pasti akan terbayarkan. Ada beberapa tempat yang lebih baik untuk menikmati pemandangan ini, salah satunya adalah mendaki bebatuan agar lebih dekat dengan laut.

2. Snorkeling atau menyelam

Pemandangan bawah laut di sekitar Pantai Wedi Ireng begitu indah sehingga sayang untuk dilewatkan. Anda juga dapat menikmati pemandangan bawah laut ini dengan snorkeling untuk perairan dangkal atau menyelam untuk perairan yang lebih dalam. Ada tempat-tempat indah di mana Anda bisa menyelam.

3. Memancing

Kegiatan menarik di Wedi IrengKredit gambar: Google Maps Sasmudi Blora

Jika Anda suka memancing, Anda bisa membawa alat pancing jika berkunjung ke pantai ini. Perairannya sangat cocok untuk aktivitas ini saja. Untuk mendapatkan spot mancing terbaik, Anda bisa bergabung dengan kapal nelayan. Steker juga akan bervariasi dalam jenis dan ukuran. Begitu sampai di pantai, Anda bisa langsung membakar dan menikmati hasil tangkapan Anda.

4. Perkemahan

Anda juga bisa mendirikan tenda untuk merasakan suasana alam bebas jika berkunjung ke pantai ini. Dengan pasir yang landai membuat kegiatan camping lebih mudah dilakukan. Saat berkemah, Anda juga bisa mengagumi keindahan pantai ini di malam hari. Perkemahan juga akan menandai liburan Anda.

Penginapan murah dekat pantai

Akomodasi di dekat Pantai Wedi Ireng.Kredit gambar: Google Maps Abdullah Hadiansyah

1. Maison Gucci Syariah Kos

Penginapan ini menawarkan kamar yang bersih dan nyaman. Harga per malamnya juga relatif murah, hanya Rp 160.000 per malam. Fasilitas yang ditawarkan juga memadai seperti resepsionis 24 jam, layanan antar-jemput bandara, layanan kamar, dan Wi-Fi gratis.

2. Villa dan Spa Kendi

Hostel ini menawarkan teras pribadi di setiap kamar. Dengan fasilitas lengkap, biaya sewa per malam hanya Rp 360.000 per malam. Pengunjung juga akan mendapatkan fasilitas lain berupa kolam renang outdoor dan Wi-Fi gratis di seluruh area hostel.

3. Hotel Surya Baru

Hostel ini juga cukup dekat dengan pantai. Dengan harga yang terjangkau, fasilitas yang ditawarkan juga memadai. Di setiap kamar, pengunjung akan menikmati fasilitas berupa AC dan Wi-Fi gratis. Tersedia juga tempat parkir yang cukup luas untuk kendaraan pribadi pengunjung. Resepsionis juga akan melayani selama 24 jam.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Pantai Wedi IrengKredit gambar: Google Maps nabilla firdaus

Fasilitas di Pantai Wedi Ireng cukup memadai, namun tidak seramai pantai-pantai di sekitarnya. Fasilitas umum tertentu yang bisa digunakan tentu menambah kenyamanan pengunjung yang datang. Tempat parkir yang cukup luas dapat digunakan untuk kendaraan pribadi Anda sebelum melanjutkan perjalanan di pantai.

Pantai ini juga menawarkan tempat untuk menyewa peralatan snorkeling atau menyelam. Dengan begitu, pengunjung tidak perlu repot membawa perlengkapan untuk melihat keindahan bawah laut. Harga sewa yang ditawarkan juga tidak mahal dibandingkan dengan pengalaman menyelam yang sangat menyenangkan.

Usai bermain air, pengunjung bisa menggunakan kamar mandi yang tersedia untuk membersihkan diri. Kamar mandi ini tidak hanya tersedia sehingga pengunjung tidak perlu mengantri lama untuk bilas dan berganti pakaian. Jika lelah, pengunjung bisa beristirahat sambil menikmati pemandangan. Di area pantai ini juga tersedia gazebo untuk bersantai.

Pantai Wedi Ireng di Banyuwangi adalah tempat yang tepat untuk melepas penat dan bersantai. Tidak hanya menawarkan keindahan alamnya, pantai ini juga sangat bersih dan indah, memanjakan mata dan menyegarkan pikiran. Tidak kalah dengan pantai-pantai sekitarnya yang lebih populer, pantai ini juga patut untuk dikunjungi.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button