CURUG CIBEUREUM Tiket dan aktivitas - WisataHits
wisatahits

CURUG CIBEUREUM Tiket dan aktivitas

Harga Tiket Masuk Curug Cibeureum : Rp 16.000 – Rp 18.500 Jam Buka : 07:30 – 14:00 WIBNo. Telepon : 0811 915 5 815 Alamat : Perbawati, Sukabumi, Cimacan, Cipanas, Cianjur, Jawa Barat, Indonesia, 43151

Air Terjun Cibeureum terletak di kaki Gunung Gede Pangrango, di kawasan Taman Nasional Gede Pangrango. Air terjun ini sangat populer, terutama di kalangan pendaki Gunung Gede dan Pangrango. Karena lokasinya berada di tengah jalur pendakian di ketinggian 1.625 mdpl.

Meski tingginya hanya 40 meter, aliran air Curug Cibeureum memiliki karakteristik yang cukup deras. Ditambah dengan jernihnya air yang mengalir dan udara yang segar membuat wisatawan betah berlama-lama. Di tempat yang sama juga terdapat dua air terjun lainnya yaitu Curug Cidendeng dan Curug Cikundul.

Harga Tiket Masuk Curug Cibeureum

Untuk memasuki objek wisata air terjun di kawasan konservasi ini, pengunjung harus memiliki surat izin masuk kawasan konservasi (Simaksi) dengan membayar tiket masuk dan asuransi.

Harga Tiket Masuk Curug Cibeureum
Tiket Masuk Curug Cibeureum Hari Biasa Rp 16.000
Tiket Masuk Air Terjun Cibeureum Untuk Liburan Rp 18.500

Baca: KEBUN RAYA CIBODAS: Tiket Masuk dan Kegiatannya

Beberapa informasi penting yang memerlukan perhatian pengunjung:

  • Pemudik harus mematuhi protokol kesehatan dan menunjukkan bukti vaksin minimal dosis pertama via PeduliLindungi.

Jam Buka Curug Cibeureum

Waktu operasional kunjungan dan pembukaan loket setiap hari dibatasi hingga pukul 14.00 WIB.

Beragam kegiatan wisata

Daerah bebatuan Cibeureum Bogorkawasan wisata air terjun cibeureum. Google Maps/Dewi Mayang Pamungkas

Lokasi air terjun Cibeureum berada di tengah jalur pendakian Gunung Gede – Pangrango. Jalur tersebut memiliki rentang waktu penutupan sementara setiap tahunnya untuk konservasi hutan. Namun jika tujuannya hanya untuk sampai ke Curug Cibeureum, wisatawan tetap diperbolehkan masuk.

Air terjun ini masih sangat asri, jalannya menanjak, pepohonan rimbun, dan kicauan burung berkicau. Menurut mitos yang berkembang, air terjun tersebut dipercaya dapat memudahkan orang untuk mencari jodoh.

Wisatawan akan menempuh perjalanan dengan berjalan kaki dari pintu masuk kawasan Taman Nasional Gede Pangrango. Selama trekking Anda akan menemukan beberapa titik menarik. Seperti danau biru, jembatan panjang rawa Panyangcangan dan persimpangan jalur pendakian.

Mendaki ke Curug Cibeureum

Jalur pendakian menuju Curug Cibeureum Bogor merupakan jalan berbatu dengan pepohonan di kanan kiri jalanJalur pendakian menuju air terjun merupakan jalan berbatu dengan pepohonan di kanan kiri jalan. Foto: Google/Dwi Rizki Yulianti

Dari pintu masuk, wisatawan harus menapaki jalan berbatu dan menanjak sejauh kurang lebih 3 km. Namun, selama perjalanan sekitar 1,5 jam, wisatawan akan disuguhi pemandangan yang indah. Wisatawan akan melewati pepohonan hutan hujan dataran tinggi di kanan kiri jalan.

Beberapa hewan liar dapat ditemui saat trekking. Mulai dari kera hitam hingga burung-burung ramai berkicau di perjalanan. Udaranya sangat segar dan suasananya alami.

Istirahat dan Selfie di Telaga Biru

Telaga Biru yang berada di jalur menuju Curug Cibeureum Bogor menjadi spot favorit wisatawan untuk berfoto sambil beristirahatTelaga Biru berada di jalur menuju air terjun dan menjadi spot favorit wisatawan untuk berfoto sambil beristirahat. Foto: Instagram/agnifadhli21

Setelah sekitar 1,5 km perjalanan dari pintu masuk, wisatawan bisa beristirahat. Karena jalurnya mulai rata dengan tampilan bonus yang bagus. Di sini wisatawan akan menemukan sebuah danau bernama Telaga Biru.

Cahaya yang dipantulkan membuat air tampak kebiruan. Tempat ini merupakan salah satu tempat wisata selfie di Curug Cibeureum. Pengelola juga membangun kabin untuk beristirahat di beberapa titik.

Seberangi jembatan panjang rawa Panyatangan

jembatan panjang melintasi rawa Panyatangan menuju air terjunWisatawan akan melintasi jembatan panjang melintasi rawa Panyaancang menuju air terjun Cibeureum. Foto: Google Maps/Dewi Mayang Pamungkas

Melanjutkan perjalanan, wisatawan akan melewati sebuah jembatan panjang. Jembatan beton melintasi rawa Panyatangan juga menjadi spot selfie yang menarik.

Dikelilingi pepohonan liar, jembatan ini menyuguhkan pemandangan indah sebagai latar belakang foto. Jika cuaca sedang cerah, panorama Gunung Gede akan menambah keindahan panorama tersebut.

Baca: Tiket Masuk dan Aktivitas Curug Ciherang Bogor

Lewati pos pertigaan jalur pendakian

Saat perjalanan melintasi banyak pendaki yang beristirahat, tibalah para wisatawan di pertigaan Panyatangan. Tempat ini merupakan salah satu jalur pendakian menuju puncak Gunung Gede-Pangrango.

Di pos ini, jalan mulai bercabang. Untuk menuju lokasi air terjun, wisatawan harus memilih jalan yang lurus dan sedikit menurun. Berjalan sekitar 300 meter lagi dan mulailah mendengar aliran air sungai dari air terjun ini.

Menikmati keindahan air terjun

keindahan air terjun bogor cibeureumKawasan di dekat Curug Cibeureum Curug Bogor – telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas – curug

Curug Cibeureum merupakan air terjun alami yang dikelilingi oleh hutan lindung. Tempat ini memiliki 3 air terjun dan yang utama disebut Curug Cibeureum. Kemudian Curug Cidendeng dan Curug Cikundul di sisi barat. Di antara ketiganya, hanya air terjun ini yang menjadi favorit wisatawan untuk berfoto.

Air terjun ini memiliki limpahan air yang indah, tinggi dan besar. Air terjun ini merupakan air terjun tertinggi yang bisa dikunjungi wisatawan di kawasan konservasi TNGP.

bermain di air

mandi di bawah air terjun Mandi di bawah air terjun. Foto: Google Maps/Chaidir Rahman

Kesegaran air yang alami dan melimpah membuat wisatawan berbasah-basah. Mulai dari bermain air hingga mandi di cipratan air terjun. Wisatawan juga bisa berenang santai di kolam di bawah air terjun sambil tetap berhati-hati.

Bagi wisatawan yang tidak tahan dengan air dingin, tidak disarankan untuk mandi langsung di air terjun. Suhu airnya sangat dingin.

Camping di Bumi Perkemahan Mandalawangi

Pintu masuk ke air terjun berada di ujung kawasan. Lokasi ini dekat dengan Bumi Perkemahan Mandalawangi. Jaraknya pun tidak terlalu jauh dengan areal camping dari air terjun, hanya sekitar 1 kilometer saja.

Di tempat ini, wisatawan bisa bermalam dengan berkemah. Biasanya banyak wisatawan yang memanfaatkan waktu camping untuk beristirahat. Kali ini adalah cara menikmati indahnya alam Taman Nasional Gede Pangrango (TNGP).

Meredakan

Area di sekitar loket masuk air terjun merupakan tempat peristirahatan bagi wisatawan. Beberapa kios dan penjual suvenir juga terdapat di sini. Wisatawan biasanya menyempatkan diri ke tempat ini untuk bersiap-siap memulai panjat tebing.

Lokasi di sekitar air terjun juga sudah tertata rapi dengan fasilitas umum. Ada beberapa gazebo, mushola, flushing room dan toilet.

Lokasi Curug Cibeureum

Wisata air terjun ini terletak di Cibodas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Lokasinya berjarak beberapa kilometer dari Masjid Atta’awun, Kawasan Wisata Puncak, Bogor.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button