Pantai Watu Leter Malang - Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket - WisataHits
wisatahits

Pantai Watu Leter Malang – Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi dan Harga Tiket – Pantai Watu Leter merupakan salah satu tempat wisata bahari terindah di Malang yang menarik untuk dijelajahi. Pantai tersembunyi ini menawarkan pesona alam yang luar biasa, termasuk tebing-tebing karang di sekitarnya.

Harga tiket: Rp 10.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Desa Sitiarjo, Kec. Sumbermanjing Wetan, Kab. Malang, Jawa Timur; Kasus: Cek lokasi

Pantai Watu Leter mungkin tidak setenar pantai lain di wilayah Kabupaten Malang. Namun, keberadaannya tidak menarik yang menarik pengunjung masa depan. Hanya saja akses jalan menuju lokasi cukup terjal yang membuat sepi pengunjung.

Seperti kebanyakan pantai, Watu Leter memiliki pesona alam yang kuat. Tebing yang menjulang tinggi. Pasir putih bersih dan nyaman untuk diduduki. Kekayaan biota laut yang menawan, serta pemandangan laut yang menenangkan dengan nuansa biru tosca dan hijau.

Berbagai aktivitas bisa Anda lakukan di pantai Watu Leter, Anda juga bisa bermain dengan penyu yang singgah. Berbagai hal menarik bisa dilakukan bersama teman atau keluarga. Pastinya tidak akan mengecewakan liburan Anda.

Atraksi Pantai Watu Leter

Pantai Watu LeterKredit gambar: Google Maps Seno Sandi

1. Gelombang Tenang

Pantai yang sepi turis, Watu Leter memiliki pesona deburan ombak yang tenang. Keberadaannya juga mirip dengan kolam renang tetapi lebih alami dengan air asin.

Bagi Anda yang berkunjung, Anda bisa memanfaatkan objek wisata ini sebagai wahana untuk mandi dan berenang bersama keluarga. Karang yang terdapat di hamparan laut, menjadi pemecah gelombang yang membuatnya lebih tenang. Apalagi airnya juga jernih, sehingga Anda bisa snorkeling untuk membenamkan diri dalam keindahan biota.

2. Pemandangan yang indah

Siapa yang tidak terkesima dengan pemandangan alam yang indah dan asri di pantai Watu Leter? Anda juga. Pasalnya, saat memasuki kawasan pantai, Anda akan disuguhi pemandangan tebing karang yang menjulang tinggi dan pepohonan rindang di dalamnya.

Apalagi ada hutan hijau di sekitar dan semua jalan menuju lokasi. Tempatnya sangat bersih dan nyaman, karena hanya sedikit orang yang berkunjung setiap hari. Airnya jernih, memperlihatkan pemandangan biota yang dikandungnya dan juga cukup dingin untuk standar air laut.

3. Hutan mangrove

Hutan mangrove merupakan salah satu daya tarik pantai Watu Leter. Anda bisa menikmati keindahannya dengan berjalan kaki mengikuti aliran sungai di sekitar pantai.

Akan lebih seru jika bisa langsung menikmati pemandangan dari atas sungai. Pengelola menyediakan penyewaan perahu untuk pengunjung. Tentunya ada biaya yang harus Anda siapkan, sesuai dengan kebijakan yang berlaku.

4. Pemberhentian Penyu

Satu hal yang harus Anda ketahui adalah bahwa kawasan pantai ini biasanya menjadi tempat pelepasan penyu abu-abu. Karena tempat tersebut belum terjamah dan tercemar serta jarang dikunjungi banyak wisatawan.

Sehingga para pelestari penyu memilihnya sebagai ekowisata dan kawasan konservasi hutan mangrove. Anda beruntung, Anda dapat bertemu penyu abu-abu mungkin berjalan di pantai.

Alamat dan Petunjuk Menuju Lokasi Pantai Watu Leter

Alamat Pantai Watu LeterKredit gambar: Google Maps Lord Dzulqornain (SafarRide ID)

Secara administratif terletak di Kawasan Rowotrate, Desa Sitiarjo, Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang. Jarak dari kota ke lokasi kurang lebih 60 kilometer dengan waktu tempuh 2 jam dengan kecepatan 60 km/jam. Terletak jauh di dalam lokasi hutan jati milik pemerintah.

Ada dua pilihan rute yang bisa Anda pilih untuk mencapai lokasi. Rute pertama dapat dimulai dari arah kota Malang dengan mengambil jalan ke wilayah selatan Malang di Jawa Timur. Anda bisa mengikuti rambu-rambu di jalan utama yang dilalui. Kemudian ikuti petunjuk menuju kawasan Gondanglegi.

Dari Gondanglegi, lanjutkan perjalanan menuju pasar, di pertigaan depan masjid belok kanan. Lanjutkan sampai bertemu pertigaan di kantor polisi lalu belok kiri dan ikuti jalan utama. Setelah itu, sekitar 15 menit akan sampai di pasar Wonokerto. Setelah sampai di pertigaan Tugu Pasar, jalan terus.

Kemudian belok kanan dari tugu balai kota Wonokerto, ikuti jalan utama. Hampir satu jam perjalanan untuk sampai ke Kabupaten Bantur, jalan ini dikelilingi pepohonan di kiri kanannya. Sampai di pertigaan arah masuk Pantai Balekambang silahkan belok kiri menuju Jalan Pantai Goa Cina. Lokasi Watu Leter tidak jauh dari tempat ini.

Rute kedua dapat ditempuh menggunakan jalan Turen menuju Sumbermanjing Wetan. Kemudian ikuti petunjuk arah menuju lokasi pantai goa cina. Perjalanan menuju Pantai Watu Leter akan semakin terjal dengan jalanan yang akan becek saat musim hujan. Anda bahkan harus melintasi hutan mangrove dengan jalan berbatu dan ilalang.

Disarankan untuk memarkir kendaraan Anda di kawasan Pantai Goa Cina. Karena perjalanan akan lebih mudah dijangkau dengan berjalan kaki. Sekitar 100 meter dengan durasi 20 menit Anda perlu mencapai lokasi. Ini adalah pilihan yang lebih aman dibandingkan dengan mengendarai kendaraan saat memasuki lokasi.

Harga Tiket Masuk Area Pantai Watu Leter

Harga Tiket Masuk Area Pantai Watu LeterKredit gambar: Google Maps Yusdi Bachtiar

Pantai indah ini sedikit diketahui masyarakat umum begitu juga dengan pantai Goa Cina. Terkenal dengan keindahan tebing yang membelah ombak dengan indah dari pantai. Buka setiap hari selama 24 jam, tanpa hari libur khusus.

Lokasinya dikelilingi oleh hutan dan mangrove yang hijau dan asri. Setiap pengunjung yang datang memiliki kewajiban membayar tiket dengan tarif Rp 10.000 per orang. Biaya parkirnya sekitar Rp 5.000 untuk kendaraan roda dua dan Rp 10.000 untuk kendaraan roda empat. Jika Anda menginap, Anda dapat membayar biaya tambahan sebesar Rp 3.000.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Pantai Watu Leter

Aktivitas Menarik di Pantai Watu LeterKredit gambar: Google Maps iis aisyah

1. Bersantai dengan tas malas

Biasanya kamu harus ke Bali dulu untuk menikmati lazy bag, tapi kali ini bisa dilakukan di Watu Leter. Datang saja dan bayar sewa ke penyedia, Anda bisa bersantai dengan tenang ditemani keindahan air laut yang jernih.

2. Perkemahan

Berkemah di pantai? benar-benar bisa. Anda bisa membawa perlengkapan seperti tenda dll. dari tempat Anda. Bawa bekal makanan ringan untuk menikmati indahnya suasana malam yang romantis. Pasir yang luas dengan tekstur yang lembut, bisa dijadikan tempat yang nyaman untuk bermalam bersama teman dan keluarga.

3. Menikmati matahari terbenam

Pantai Watu Leter saat senja tentu sangat mempesona dengan semburan cahaya kekuningan dari matahari yang akan terbenam. Jika Anda pemburu keindahan alam sunset, Anda bisa datang pada sore hari. Pengalaman ini tidak akan mengecewakan Anda ditambah dengan latar belakang pantai yang sangat indah.

4. Memancing

Apakah Anda orang yang suka memancing? jika iya, maka Watu Leter adalah pilihan yang tepat untuk wisata. Jika dulu dilakukan di kolam, sungai atau kolam buatan, sekarang bisa langsung dari laut, sensasinya tentu akan menguji kesabaran dan ketangkasan yang tentunya jarang ditemukan di tempat lain.

5. Bermain dengan kura-kura

Pantai ini merupakan kawasan konservasi utama untuk pelepasan penyu abu-abu, sehingga peluang untuk menemukannya juga sangat tinggi. Jika Anda beruntung Anda bisa bermain dengan kura-kura lucu ini. Tapi ingat, karena ini adalah program konservasi, pengunjung diharapkan untuk menyimpannya dan tidak membawanya pulang.

6. Ambil gambar

Liburan tidak akan lengkap tanpa berfoto bersama untuk mengabadikan keindahan Pantai Watu Leter. Apalagi spot fotonya juga banyak pilihan. Dari pemandangan sungai, pasir putih, tebing kapur, hutan bakau, hingga birunya air laut.

7. Snorkeling

Air laut di tempat ini sangat jernih dan ombaknya juga sangat tenang, sehingga aman untuk melakukan aktivitas di sana. Seperti berenang, berendam, bahkan snorkeling untuk melihat langsung keindahan biota laut.

8. Olahraga pantai

Kegiatan olahraga pantai adalah hal yang paling menyenangkan di antara masa liburan yang singkat. Bersama teman atau keluarga, Anda bisa berlatih voli pantai dan sepak bola pantai di hamparan pasir putih yang sangat luas. Perlengkapan yang dibutuhkan bisa dibawa dari rumah, karena tidak ada sewa.

Penginapan murah dekat pantai Watu Leter

Penginapan murah dekat pantai Watu LeterKredit gambar: Google Maps Farhesha Kamil

1. Homestay Ariesta

Lokasinya berada di kawasan Tambakrejo, Sumbermanjing Wetan. Menjadi salah satu alternatif akomodasi murah bagi para pelancong. Lokasinya dekat dengan kawasan Watu Leter, dengan jarak tempuh sekitar 4,21 kilometer. Harganya mulai dari Rp 159.000,- hingga Rp 265.000,-, tergantung pemasangan yang dipilih.

2. Keluarga angkat Labda Asri

Lokasinya dekat dengan kawasan Sendang Biru, Sumbermanjing Wetan, tidak jauh dari lokasi Watu Leter. Jaraknya kurang lebih 3,67 kilometer. Ada dua tipe kamar dengan harga berbeda. Dari Rp 301.000,- hingga sekitar Rp 380.000, dan buka 24/7.

3. Pondok Bambu

Lokasinya juga berada di sekitar kawasan Sumbermanjing Wetan, dengan jarak dari pantai Watu Leter sekitar 5,93 kilometer. Terdapat beberapa pilihan tipe kamar dengan penawaran yang berbeda-beda. Mulai dari Rp 337.500,- hingga kisaran Rp 575.000,- per malam dengan layanan eksklusif.

4. Berkah dari alam

Juga dekat dengan Pantai Sempu, Sumbermanjing Wetan. Jarak ke pantai sekitar 3,55 kilometer. Ada beberapa penawaran untuk jenis layanan dan jenis kamar yang juga ditentukan sesuai hari. Momen (hari dalam seminggu) harganya mulai dari Rp 300.000,- hingga Rp 400.000,-. Weekday sekitar Rp 350.000-Rp 450.000,-.

Fasilitas Wisata yang Tersedia di Pantai Watu Leter

Fasilitas di Pantai Watu LeterKredit gambar: Google Maps Rachel Felicia

Fasilitas Pantai Watu Leter Malang memang belum lengkap. Tempat ini masih sedikit diketahui wisatawan. Jalan atau akses menuju lokasi juga cukup terjal, berbatu dan berlumpur saat hujan. Tidak ada pelebaran pintu masuk karena pengelola sengaja menjadikannya sebagai tempat pelestarian alam.

Namun, bagi Anda yang ingin memanfaatkan pesonanya, tidak perlu khawatir dengan fasilitas umum yang tersedia. Telah dibangun kamar mandi atau WC yang terawat dan bersih, selain itu juga terdapat mushola. Anda bisa membeli makanan dari warung-warung yang ada di pinggir pantai. Jika ingin bermalam, disarankan membawa perbekalan dari rumah.

Inilah pesona keindahan dan keindahan yang ditawarkan oleh Pantai Watu Leter Malang. Mulai dari atraksi, kelengkapan fasilitas pendukung, jalan dan jalur akses, serta berbagai aktivitas yang bisa dilakukan. Semuanya bisa menjadi referensi Anda, termasuk yang mencari akomodasi terdekat bagi yang dari luar kota.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button