Pantai Krakal - WisataHits
wisatahits

Pantai Krakal

Pantai Krakal

Jogja selalu menarik untuk dikunjungi terutama salah satu kabupatennya yaitu Kabupaten Gunung Kidul.

Di Gunung Kidul inilah tempat wisata andalan Jogja bertahta. Dari gua eksotis hingga pantai romantis.

Salah satu pantai yang tidak boleh dilewatkan saat berwisata ke Gunungkidul adalah Pantai Krakal.

pantai krakal-jogja

Pantai ini memiliki segudang daya tarik, oleh karena itu kita harus ke sana. Nah, untuk lebih jelasnya mari kita lihat Komentar Tim wisatabagus.com tentang pantai jogja ini.

Sekilas tentang Pantai Krakal

Pantai ini merupakan salah satu pantai favorit di Gunungkidul. Meski tidak sepopuler itu Pantai Indrayanti atau Pantai Baron, namun juga merupakan penyumbang pendapatan daerah yang signifikan dari sektor pariwisata.

Pantai ini berdekatan dengan Pantai Indrayanti. Jika diukur, keduanya hanya dipisahkan oleh jarak sekitar 2,7 kilometer. Jika Anda datang dari arah kota Jogja, pantai Krakal terletak setelah pantai Indrayanti.

Pantai ini disebut Pantai Krakal karena di sekitar pantai banyak terdapat bebatuan. Bahkan, di pantai ini terdapat dua batu karang yang sangat besar yang langsung menjadi pembatas pantai di sebelahnya.

Kedua karang tersebut juga menjadi daya tarik dan keistimewaan Pantai Krakal. Di salah satu bebatuan bahkan dibangun tugu atau monumen berbentuk ikan.

Kata “krakal” adalah kata Jawa yang dalam bahasa Indonesia berarti batu.

Misteri Pantai Krakal

pantai-krakal-gunung-kidulinstagram.com/marofiq16

Misteri yang kita bicarakan di sini tidak memiliki konotasi yang menyeramkan. Namun lebih pada proses atau sejarah keberadaan Pantai Krakal.

Menurut beberapa sumber, dulunya pantai ini merupakan kawasan di dasar laut.

Tetapi karena proses alami yang disebut epirogenesis negatifdaerah yang terletak di dasar laut akhirnya naik ke permukaan dan membentuk bumi.

Hal ini semakin terlihat jika melihat garis besar kawasan Pantai Krakal.

Apalagi dengan adanya banyak bebatuan, dari yang terkecil hingga yang terbesar seperti kapal, sepertinya proses alami ini benar-benar terjadi.

Sebelumnya diyakini bahwa dua batu karang di pantai ini berada di dasar laut dan ikut terangkat dalam prosesnya. epirogenesis negatif.

Objek Wisata Pantai Krakal

Pesona keindahan pantai ini sudah Anda rasakan sejak pertama kali menginjakkan kaki di pintu masuk.

Dari sana, Anda bisa melihat suasana Pantai Krakal yang masih asri dengan pasir putih dan bebatuan yang berserakan.

Pantai ini memang mewarisi keindahan pantai-pantai lain di Gunung Kidul.

Suguhan utamanya adalah perpaduan antara pasir putih dan terumbu karang yang membentuk pemandangan eksotis yang memanjakan mata.

krakal-pantai-gunungkidulinstagram.com/pesonajogja

Selain itu, yang pasti akan selalu kita temukan saat berkunjung ke pantai Gunung Kidul adalah keadaan ombaknya yang cukup besar.

Di Pantai Krakal, ombak besar ini justru menjadi daya tarik yang digunakan wisatawan peselancar sebagai tempat berselancar atau berselancar.

Dua batu karang besar yang ada di pantai ini juga menjadi elemen yang menambah keindahan Pantai Krakal.

Dari sini kita bisa menikmati pedesaan pantai lebih leluasa. Apalagi dengan tugu ikan, karang menjadi target utama pengunjung untuk berfoto.

Sedangkan di sisi pantai, Anda akan disuguhi pemandangan yang tak kalah indah berkat keberadaan berbagai jenis pohon.

Tak hanya menambah keindahan, area di bawah pepohonan pun bisa dijadikan titik kumpul yang cukup nyaman.

Di pinggir pantai juga terdapat beberapa tempat peristirahatan berupa bangku dan gazebo.

Disana kita bisa bersantai sambil menikmati aneka makanan dan minuman yang kita dapatkan dari warung-warung yang tersebar di sekitar pantai.

Baca juga : Pantai Ngoba

Aktivitas wisata di pantai Krakal

Liburan di pantai ini bisa kita maksimalkan dengan berbagai aktivitas. Daripada hanya menonton dan melamun, lebih baik kita melakukan kegiatan berikut ini agar liburan lebih berkesan:

Berjemur dan permainan pasir

misteri-pantai-krakalinstagram.com/fitricupid90

Pasir pantai yang hangat bisa kita manfaatkan sebagai sarana relaksasi alami.

Anda bisa menggali lubang dan mengubur diri selama beberapa menit untuk merasakan sensasinya.

Pasir Pantai Krakal yang bersih dan lembut akan memberikan rasa aman untuk aktivitas ini.

Sambil berjemur, Anda juga bisa bermain pasir untuk menggambarkan kreativitas yang dimiliki.

Di pantai Krakal juga tersedia persewaan payung sekaligus bangku yang bisa kita posisikan sedikit ke arah bibir pantai.

Ini adalah solusi jika kita ingin berjemur dengan cara yang lebih santai. Mirip dengan gaya bule saat berjemur di pantai.

Berjalan di pantai

atraksi pantai batuinstagram.com/apriprasetiyo97

Garis pantai Krakal membentang sejauh 4 kilometer.

Banyak hal yang akan kita temukan nanti jika kita ingin menjelajahinya dengan berjalan kaki.

Daripada malas duduk menyamping, cobalah berjalan untuk mengejar angin. Jangan lupa bawa kamera karena nanti pasti banyak tempat yang sayang jika tidak diabadikan.

Snorkeling

Pantai Krakal juga menawarkan kehidupan bawah laut yang luar biasa. Untuk memanfaatkan ini, kita bisa melakukannya tuba menjelajahi bagian bawah.

Jika Anda menyukai kegiatan ini, Anda dapat menyewa peralatan tuba dengan biaya yang cukup murah hanya Rp 50.000 saja.

Baca juga: Cantik Pantai Sadranan jogja

Berselancar

Ombak di Pantai Krakal cukup besar untuk menjadi surga para peselancar. Setiap saat pasti ada turis lokal maupun mancanegara yang melakukan aktivitas ini di Pantai Krakal.

Sayangnya untuk persewaan papan atau alat berselancar belum di pantai ini. Jadi kita harus mempersiapkan dan membawa sendiri dari rumah.

Berburu foto di Coral Hill

foto-berburu-pantai-krakalinstagram.com/iyansep2

Di pantai ini banyak sekali tempat gambar yang bisa kita coba. Marah tugas terletak di dekat pantai, tempat yang paling sulit adalah tempat foto di atas bukit berbatu.

Di atas bukit kita bisa berfoto dengan latar birunya air laut pantai Krakal. Atau kita juga bisa berfoto di bagian bawah tugu ikan.

Nikmati kuliner khas pantai

Di pantai Krakal banyak terdapat warung atau rumah makan yang menjual kuliner khas pantai. Aneka olahan ikan bisa kita jumpai dan makan di warung-warung ini.

Selain ikan juga ada menunya makanan laut lain seperti udang, lobster, cumi-cumi.

Baca juga : Pantai Parangtritis Yogyakarta

Matahari terbenam

matahari terbenam-pantai-krakalinstagram.com/marestimei

Banyak yang mengatakan bahwa Pantai Krakal adalah tempat matahari terbenam Jogja terbaik. Anda bisa membuktikannya dengan menyaksikan langsung momen tersebut matahari terbenam dari pantai Krakal.

Marah matahari terbenam kita juga bisa melihat Matahari terbit dari pantai ini kalau bisa datang pagi sebelum waktunya Matahari terbit itu terjadi.

Selain tujuh aktivitas di atas, di pantai ini kita juga bisa berburu ikan dengan menggunakan joran. Ada banyak tempat mancing yang bisa kita coba. Namun jika kita belum memiliki pengalaman, kita bisa bergabung dengan para nelayan yang setiap hari berburu ikan di pantai Krakal.

Alamat Pantai Krakal

Alamat pantai ini berada di Ngestirejo, Tanjungsari, Gunungkidul, Yogyakarta.

Lokasinya dekat dengan pantai lain di Gunung Kidul seperti Pantai BaronPantai Indrayanti, Pantai Sundak, Pantai Kukup jogja dan lain-lain.

Untuk menuju pantai ini kita bisa menggunakan kendaraan roda dua atau empat karena kondisi jalan menuju tempat tersebut cukup bagus.

Arah ke lokasi

jalan-ke-pantai-krakalinstagram.com/jogjascenery

Rute yang bisa ditempuh untuk menuju Pantai Krakal bisa diatur dari posisi awal.

Misalnya, jika Anda berangkat dari pusat kota Jogja, maka rute yang bisa ditempuh adalah dari Jogja ke Piyungan Jalan lingkar selatan, lalu ke desa Mulo setelah sampai di Wonosari.

Nah dari Desa Mulo, lanjutkan perjalanan anda menyusuri jalan yang menuju ke Pantai Baron. Sebelum Pantai Baron ada pertigaan dan silakan ke kiri.

Ikuti saja jalan ini hingga tiba di pantai Krakal. Sebelum tiba di Pantai Krakal, Anda akan mengunjungi Pantai Kukup dan pantai lainnya.

Tidak perlu khawatir tersesat karena setiap pantai pasti memiliki rambu atau rambu.

Baca juga : pantai Panjang

Jam buka

Pantai Krakal buka setiap hari selama 24 jam. Kita bebas datang kapanpun kita mau. Namun jika ingin suasana yang lebih sejuk dan eksotik, lebih baik berkunjung pagi atau sore hari.

Hari kunjungan Jam operasional
Setiap hari 24 jam

Tiket masuk Pantai Krakal

tiket masuk ke pantai krakalinstagram.com/fachrudmhm

Tiket masuk pantai ini dan pantai lainnya sudah digabungkan dengan tiket masuk Pantai Baron.

Jadi kita cukup membayar tiket masuk ke Pantai Baron dan setelah itu kita bebas mengunjungi pantai lain tanpa perlu membayar tiket masuk lagi.

Tiket juga dijual dengan harga murah, hanya Rp 10.000 saja per orang pada hari biasa dan hari libur.

Jenis tiket Harga
Tiket masuk Rp.10.000
Tempat parkir mobil Rp 2000 (motor) – Rp 5000 (mobil)

Namun di setiap pantai Anda akan dikenakan biaya parkir. Untuk pantai Krakal tiket parkirnya hanya Rp 2000 untuk sepeda motor dan Rp 5000 untuk mobil.

Baca Juga: Pantai Watu Katak Gunung Kidul Jogja

Fasilitas umum

Untuk memberikan kenyamanan dan kemudahan kepada pengunjung saat berlibur di Pantai Krakal, pihak pengelola telah menyiapkan berbagai fasilitas pendukung.

Fasilitas di pantai ini antara lain tempat parkir mobil yang cukup luas, tempat foto, gazebo, bangku, warung makan, toilet, flushing room dan mushola.

Bagi yang ingin bermalam, di pantai ini juga terdapat beberapa hotel seperti hotel Jasmine. Hostel ini bisa disewa dengan biaya kurang lebih Rp 150.000 Rp 500.000 per malam tergantung fasilitas yang disediakan.

Tempat wisata terdekat dengan pantai Krakal

Bagi Anda yang memiliki liburan panjang, di sekitar pantai ini masih terdapat tempat wisata lain yang bisa dijelajahi.

Obyek wisata menarik yang letaknya tidak jauh dari Pantai Krakal selain yang sudah kami tulis diatas antara lain Pantai Sadranan, Pantai Nggulung, Puncak Kasokara, Bukit Bintang Jogja dan Goa Jomblang.

fasilitas-pantai-krakalinstagram.com/pantai.jogja

Baca juga : Pemandangan & Tengara di Jogja

Kabupaten Gunungkidul memiliki banyak objek wisata menarik yang tidak pernah membosankan untuk dikunjungi. Jika Anda punya waktu untuk mengunjungi Gunung Kidul, jangan lupa untuk berkunjung juga Pantai Krakal Yogyakarta ini indah.

Source: wisatabagus.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button