Pantai Paal Minahasa, pantai yang indah dengan pemandangan matahari terbenam yang menakjubkan - WisataHits
wisatahits

Pantai Paal Minahasa, pantai yang indah dengan pemandangan matahari terbenam yang menakjubkan

Harga tiket: Rp 5.000, Jam operasional: 06.00-17.00 WITA, Alamat: daerah. Likupang Timur, Kab. Minahasa Utara, Sulawesi Utara; Kasus: Cek lokasi

Pantai Paal masih baru, namun merupakan tujuan wisata yang banyak dikunjungi oleh pengunjung Minahasa utara. Pantai berpasir putih dan laut biru jernih menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Selain itu, ditambah lagi dengan pepohonan yang membuat udara di sekitarnya menjadi segar seperti sedang berada di pegunungan.

Bagi pecinta destinasi wisata bahari, Pantai Paal pasti sudah tidak asing lagi di telinga. Berada di Manado, pantai ini tidak pernah sepi pengunjung. Apalagi saat hari libur atau akhir pekan. Ribuan penonton akan berduyun-duyun ke pantai ini, menikmati keindahan panorama sambil mendengar deburan ombak yang cukup besar di tepi pantai.

Memang pantai ini terkenal dengan keindahannya. Tak heran banyak orang yang penasaran untuk berkunjung datang. Sayangnya, masih ada pengunjung yang tidak bertanggung jawab dan membuang sampah sembarangan. Beberapa sampah plastik mengapung di lautan dan cukup mengganggu pemandangan.

Atraksi Paal Plage

Objek wisata yang dimiliki oleh Pantai Paal PantaiKredit gambar: Google Maps (Marchel Kindangen)

Pantai yang indah ini menjadi pilihan wisata bagi pengunjung. Tak heran, karena pantai ini memiliki pesona tersendiri. Ditambah dengan fasilitas dan fasilitas yang memudahkan pengunjung untuk mengakses dan nyaman saat berlibur di kawasan pantai ini. Beberapa atraksi yang menarik banyak pengunjung adalah sebagai berikut.

1. Pantai yang indah

Pantai Paal memiliki pasir putih yang lembut. Lautnya biru dan jernih, bahkan pengunjung yang naik perahu pun bisa melihat terumbu karang di laut.Ombak di pantai ini cukup besar. Jika cuaca bagus, langit biru akan membuat pemandangan alam di sekitar pantai semakin menawan.

Di sekitar pantai juga banyak terdapat perbukitan hijau. Bukit-bukit ini membuat pemandangan semakin indah. Perbukitan ini juga membuat suasana menjadi lebih sejuk, seperti berada di pegunungan. Dengan bukit-bukit tersebut, pemandangan alam menjadi lebih sempurna antara pantai biru dan perbukitan hijau.

Ada juga banyak perahu nelayan di sekitar pantai. Sangat menarik sebagai tempat untuk berfoto. Jika tidak, pengunjung dapat melihat aktivitas nelayan. Biasanya para nelayan yang pulang kampung mencari ikan menjual hasil tangkapannya di pasar atau di warung-warung di pinggir pantai. Tentu saja kegiatan ini tidak banyak dijumpai di perkotaan.

2. Matahari terbit dan terbenam

Pantai ini juga merupakan tempat yang sangat cocok untuk menikmati matahari terbit atau terbenam. Pemandangan saat matahari terbit atau terbenam sangat indah. Banyak pengunjung yang menunggu momen ini karena sangat indah. Dengan perpaduan pasir putih dan air laut yang jernih, momen ini memang sangat menarik untuk dinikmati.

Keindahan saat matahari terbit atau terbenam memang menjadi daya tarik tersendiri. Pengunjung bisa menjadikan momen-momen indah tersebut sebagai background foto mereka. Jika tidak, pengunjung juga bisa hanya duduk dan menikmati pemandangan. Anda bisa datang pada waktu-waktu tersebut untuk bisa melihat keindahannya.

Aktivitas Pantai PaalKredit gambar: Google Maps (Nemo sang penjelajah)

3. Kuliner

Banyak nelayan yang menjual hasil tangkapannya secara langsung. Jika tidak di pasar, nelayan biasanya menjual hasil tangkapannya di warung-warung yang ada di sekitar pantai. Warung-warung ini akan menyajikan makanan laut dari ikan bakar segar. Kuliner ikan bakar yang masih segar menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung.

4. Desa Marinsov

Jika Anda ingin mengunjungi Pantai Paal, Anda akan melewati Desa Marinsow. Desa ini cukup unik karena digunakan untuk memelihara babi yang dibiarkan berkeliaran. Biasanya babi berkeliaran di pekarangan rumah warga. Babi ini seperti hewan peliharaan karena orang sering diajak bermain dengannya.

Jika Anda melewati desa ini, Anda harus sedikit berhati-hati agar tidak menabrak hewan liar. Namun, dengan sedikit memperlambat kendaraan, seseorang merasakan suasana desa yang selalu sangat indah.

Alamat dan rute menuju lokasi Pantai Paal

Alamat Pantai PaalKredit gambar: Google Maps (Idem Ardiaputra)

Pantai Paal terletak di Likupang Timur, Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara. Jika menggunakan kendaraan pribadi dari Kota Manado, perjalanan memakan waktu kurang lebih 2 jam. Sedangkan jika menggunakan kendaraan umum, perjalanan harus dilakukan selama 2-3 jam. Menggunakan angkutan umum, Anda bisa menggunakan jasa ojek di sekitar Terminal Likupang untuk menuju lokasi.

Anda akan melewati desa Marinsow, sekitar 300 meter dari pertigaan Anda akan menemukan tanda yang menunjukkan lokasi pantai. Kemudian Anda hanya perlu belok kanan sejauh 2,5 kilometer menuju lokasi. Sepanjang perjalanan ini, Anda akan bisa melihat pemandangan khas desa Minahasa di kanan kiri jalan.

Setibanya di sana, Anda akan melewati sebuah gerbang untuk membayar tiket masuk. Setelah itu Anda bisa memarkir kendaraan. Dari tempat parkir, Anda harus berjalan kaki ke pantai selama 15 menit. Memang cukup jauh, namun di sepanjang perjalanan Anda bisa melihat pemandangan yang indah, sehingga tidak membuat Anda lelah.

Harga tiket masuk Pantai Paal

Harga Tiket Pantai PaalKredit gambar: Google Maps (Mico lxander)

Pantai Paal buka setiap hari mulai pukul 06:00 hingga 17:00 WITA. Jika anda ingin mengunjungi tempat wisata bahari ini, harga tiket yang harus anda keluarkan sangat murah. Jika Anda menggunakan kendaraan roda dua, Anda hanya perlu membayar Rp 5.000. Jika menggunakan kendaraan roda empat, biaya masuknya hanya Rp 10.000.

Pada malam hari, pantai ini tidak dibuka karena tidak ada yang menjaga dengan alasan keamanan. Listrik juga tidak dapat diakses di pantai, sehingga pada malam hari akan sangat gelap. Di kawasan ini juga tidak disarankan untuk berenang karena ombaknya cukup besar, namun ada wahana air yang dilengkapi dengan pengaman.

Aktivitas seru yang bisa dilakukan di Pantai Paal

Aktivitas di Pantai PaalKredit Gambar: Twitter.com @nynez_

Di area pantai Anda bisa melakukan banyak aktivitas yang menyenangkan. Pantai yang indah ini juga memiliki berbagai fasilitas dan fasilitas yang bisa Anda manfaatkan agar liburan Anda semakin menyenangkan dan berkesan. Beberapa aktivitas yang bisa Anda lakukan jika berada di Pantai Paal adalah sebagai berikut.

1. Santai

Pantai ini merupakan tempat yang sangat nyaman untuk bersantai. Duduk di gazebo sewaan, Anda bisa menikmati masakan ikan segar dengan pemandangan pantai yang indah. Anda juga bisa berjalan-jalan di pinggir pantai, merasakan semilir angin yang sejuk dan suara deburan ombak yang cukup besar. Anda juga bisa duduk-duduk di atas pasir sambil menikmati matahari terbit atau terbenam.

Pantai ini juga banyak dikunjungi wisatawan mancanegara. Biasanya wisatawan ini datang untuk berjemur. Karena matahari tidak terlalu terik, berjemur sambil bersantai juga bisa menjadi aktivitas yang layak dilakukan.

2. Main banana boat

Pantai Paal menyediakan permainan banana boat yang cukup menantang. Tidak perlu khawatir karena dilengkapi juga dengan pelampung. Selain banana boat, Anda juga bisa merasakan permainan lain yaitu UFO boat.

3. Kuliner

Anda bisa mencoba kuliner ikan bakar di pantai ini. Ikan hasil tangkapan nelayan langsung dijual ke warung sehingga lebih segar dan enak. Kuliner berburu ikan bakar memang banyak dilakukan oleh para pengunjung saat berada di pantai ini. Anda juga bisa berburu ikan bakar segar yang rasanya lebih enak.

Akomodasi murah di sekitar pantai Lokasi

Akomodasi di Pantai PaalKredit gambar: Tiket.com

1. Phoenix Hotel Bitung

Terletak di pusat kota Bitung, hostel ini berjarak sekitar 25 kilometer dari pantai. Ada beberapa pilihan kamar yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda. Fasilitas yang disediakan juga cukup memadai, antara lain TV, AC, WiFi, resepsionis 24 jam dan parkir.

2. Paradise Hotels and Resorts

Hotel ini terletak di Likupang, cukup dekat dengan pantai. Dengan lokasi yang strategis untuk liburan keluarga, fasilitas yang tersedia juga sangat lengkap. Tersedia AC, parkir, kolam renang, restoran, lift, serta resepsionis yang akan membantu Anda 24 jam sehari.

3. Pondok dan Restoran Bukit Tangkoko

Hanya kurang dari 10 kilometer dari pantai, hostel ini sangat indah dan menawarkan kamar yang sangat nyaman. Ada beberapa pilihan kamar yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Setiap kamar memiliki AC, air minum gratis, dan meja. Perlengkapan mandi pribadi juga tersedia.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Paal Minahasa Utara

Fasilitas Pantai PaalKredit Gambar: Twitter.com @indonesiagaruda

Pantai Paal telah menyediakan fasilitas yang memadai bagi pengunjung. Tersedia tempat parkir yang cukup luas sehingga Anda dapat dengan mudah memarkir kendaraan Anda. Selain itu, tersedia juga kamar mandi bagi Anda yang bermain permainan air.

Di sekitar pantai juga terdapat warung-warung. Warung-warung ini menawarkan berbagai menu. Ada kentang goreng atau minuman dingin. Menu yang paling disukai adalah ikan bakar karena ikan yang digunakan segar langsung dari nelayan. Anda bisa mencicipi berbagai hidangan di gazebo yang disewakan. Harga sewanya Rp100.000 untuk setiap gazebo.

Taman bermain juga tersedia. Jika ingin merasakan permainan air seperti banana boat, Anda hanya perlu membayar Rp25.000. Selain banana boat, ada juga UFO celeng yang bisa kamu coba. Pemasok fasilitas ini juga akan menyewakan pelampung untuk keamanan.

Pantai Paal adalah pantai dengan pemandangan yang sangat indah di utara Minahasa. Akses yang mudah sehingga pantai ini layak menjadi tujuan wisata. Namun, pengunjung harus menjaga lingkungan dengan membuang sampah pada tempatnya. Pasalnya, sampah yang terkadang mengapung di laut dapat merusak pemandangan dan lingkungan.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button