Festival Budaya Yogyakarta selama dua minggu akan dibuka pada 12 September - WisataHits
Yogyakarta

Festival Budaya Yogyakarta selama dua minggu akan dibuka pada 12 September

TEMPO.CO, Yogyakarta – Festival Budaya Yogyakarta (FKY) 2022 akan diselenggarakan selama dua minggu penuh dari tanggal 12-25 September 2022. Mengangkat tema besar ‘Mengelola Air dan Tanah: Menghancurkan’, festival ini mengangkat isu-isu pengelolaan lingkungan, khususnya yang terkait dengan air dan tanah melalui praktik budaya, kearifan alam, dan kecerdasan masyarakat setempat.

Kepala Dinas Kebudayaan (Kundha Kakulturn) DI Yogyakarta, Dian Lakshmi Pratiwi mengatakan, pagelaran FKY 2022 difokuskan untuk menyuguhkan hiburan budaya yang sarat dengan pengetahuan yang didapat dari pengalaman warga, khususnya di bidang perairan dan pertanian di daerahnya.

“Keunikan FKY 2022 adalah budaya yang kita promosikan lebih untuk menggambarkan, merayakan, mendokumentasikan dan merayakan pemberdayaan warga dalam apresiasi budaya,” ujarnya, Kamis, 8 September 2022 di Yogyakarta.

Tahun ini acara masih akan melibatkan peserta dari negara bagian lain, meskipun jumlahnya masih terbatas karena padatnya jadwal dan waktu.

Setidaknya ada beberapa provinsi yang akan mengikuti FKY 2022 seperti Kalbar, Kaltim, Bangka Belitung, Lampung (Lampung Selatan) dan Bali.

Dian menambahkan, FKY 2022 Bagih Ruah berupaya menampilkan ruang kreativitas yang mengangkat komunitas sebagai tema utama. Salah satunya adalah program Citizen’s Record, yang mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dalam semangat merekam dan merekam budaya beragam produk budaya di daerah setempat yang seringkali luput dari perhatian.

Program Citizen Note di FKY 2022 dibagi menjadi tujuh kategori kompetisi, yaitu Ciptaan Lagu Anak, Foto Cerita Air dan Tanah, Podcast Cerita Misteri, Video Tutorial Menanam Tanaman Pangan, Sketsa Masa Depan Air dan Tanah, Minecraft E-Sports, dan teka-teki silang.

Pembukaan FKY tahun ini akan berlangsung pada malam 12 September 2022 di Teras Malioboro I.

WICKSONO PRIBADI

Baca Juga: Festival Budaya Yogyakarta 2020 Masih Digelar September 2020

Sselalu update informasi terbaru. Lihat berita terbaru dan berita unggulan dari Tempo.co di saluran Tempo.co Update Telegram. Klik bergabung. Anda harus terlebih dahulu menginstal aplikasi Telegram.

Source: travel.tempo.co

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button