Menghancurkan jalan, truk yang memuat material tol ditegur - WisataHits
Yogyakarta

Menghancurkan jalan, truk yang memuat material tol ditegur

KORANBERNAS, ID.KLATEN – Pemerintah Desa Pasung, Kecamatan Wedi, Kabupaten Klaten telah mengambil tindakan tegas dengan menegur kontraktor yang melakukan pengadaan material untuk proyek pembangunan jalan tol di Kabupaten Klaten. Akibat sering lewatnya truk pengangkut tanah dan batu dari arah Gunungkidul, infrastruktur yang ada di kawasan Desa Pasung menjadi rusak.














Tak hanya di kawasan Desa Pasung, jalan kecamatan di depan Pasar Wedi juga dirusak truk-truk besar.

Kepala Desa Pasung Sumarsono yang akrab disapa Ambon mengatakan, di wilayahnya terdapat gorong-gorong yang rusak karena sering dilalui truk pengangkut material proyek jalan tol.







“Salah satunya gorong-gorong menuju Kadilanggon. Hal ini sudah diperbaiki oleh pihak kontraktor setelah kami diperingatkan beberapa waktu lalu. Kami juga melayangkan pengaduan tertulis ke DPU karena jalan itu milik kabupaten. Sedangkan satunya lagi ada lubang di pinggir jalan yang menurut Wedi belum diperbaiki,” kata Ambon, Jumat (28/10/2022).

Dikatakan, sejak dimulainya proyek jalan tol kawasan Kabupaten Klaten, banyak material yang didatangkan dari kawasan Gunung Kidul, DI Yogyakarta. Material tersebut melewati jalur Gunung Kidul-Kadilanggon-Pasung-Wedi-Ngawen dengan menggunakan truk.







Ada yang mengatakan setidaknya puluhan bahkan ratusan truk melewati jalur ini setiap hari. Padahal, di sepanjang jalan tersebut banyak terdapat gorong-gorong. Karena muatan yang diangkut tidak sesuai dengan gorong-gorong yang ada, beberapa di antaranya rusak.







“Tidak hanya di daerah Pasung saja yang rusak. Ada juga dua titik yang rusak di depan pasar Wedi dan belum diperbaiki sampai sekarang. Kemudian, beberapa waktu lalu, di dekat Jembatan Wedi, ada yang rusak, namun warga memperbaikinya. ‘ jelas warga.

Hal senada disampaikan Pj Kepala Bina Marga DPU Humas Kabupaten Klaten Yudhi. Kapan kerusakan gorong-gorong di ruas jalan Wedi-Kadilanggon dipastikan? Dia menjawab, gorong-gorong yang rusak di Pasung dan Pesu sudah diperbaiki oleh kontraktor.

Pengamatan di lapangan: Lalu lintas truk pengangkut material proyek jalan tol di Kabupaten Klaten dari Gunung Kidul via Wedi sangat ramai. Setidaknya setiap beberapa menit konvoi truk bermuatan tanah dan batu datang.

Tentu banyaknya truk yang melintas tidak hanya merusak infrastruktur yang ada, tetapi juga mengganggu arus lalu lintas dari arah Bendotangan-Wedi-Bayat dan Bendotanganan-Wedi-Kadilanggon. Selain itu, jalur Bendotangan-Wedi-Bayat dikenal sebagai jalur wisata karena makam Sunan Pandanaran terletak di desa Paseban Bayat.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button