Promosi Pariwisata Sumatera Barat: Budaya unik, makanan kuno, alam yang indah - WisataHits
Yogyakarta

Promosi Pariwisata Sumatera Barat: Budaya unik, makanan kuno, alam yang indah

Promosi Pariwisata Sumatera Barat: Budaya unik, makanan kuno, alam yang indah

TEMPO.CO, jakarta – Sumbar mempromosikan potensi wisata di daerahnya melalui kampanye ‘Visit Beautiful West Sumbar’ tahun ini. Aksi tersebut merupakan bagian dari program aktivasi pascapandemi untuk meningkatkan kunjungan wisatawan.

Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy mengatakan, tahun ini merupakan tahun kunjungan wisatawan Sumbar, sehingga upaya telah dilakukan untuk mengungkap program-program guna mendongkrak kinerja sektor pariwisata dan industri kreatif di Sumbar. “Kami berharap pariwisata kita meningkat pada tahun 2023. Berdasarkan hal tersebut, kami menggagas gagasan Visit Beautiful Sumbar 2023,” ujarnya, Selasa, 31 Januari 2023.

Ada tiga daya tarik utama wisatawan yang datang ke Sumbar yaitu ‘Budaya Khas Nan’, ‘Makanan Nan Lamak dan Lamak Bana’ dan ‘Keindahan Alam’. Ketiganya dikemas dalam kalender event dan buku digital yang dapat diakses melalui scan QR atau website www.visitbeautifulwestsumatra.id.

Menurut Audy, ada 85 event yang akan berlangsung di 19 kabupaten/kota di Sumbar pada 2023. Beberapa event tersebut antara lain Tour de Singkarak, Festival Saribu Rumah Gadang, Pacu Itiak, Pacu Jawi, Tabuik dan masih banyak lagi.

Diharapkan semua event ini mampu menarik wisatawan kembali. “Dulu kita fokus pada turis domestik, kita punya 8,2 juta turis, setengahnya hilang karena Covid-19. Jadi tujuan kami adalah mengembalikan setidaknya setengahnya pada tahun 2023,” kata Audy.

Menteri Pariwisata dan Industri Kreatif Sandiaga Uno memuji program Visit Beautiful Sumbar 2023 yang berpotensi meningkatkan kunjungan wisatawan ke Sumbar. “Selamat dan sukses untuk program aktivasi ‘Visit Beautiful West Sumatera’ tahun ini. Kami berharap gerakan ini dapat menyebarkan harapan dan semangat untuk merevitalisasi pariwisata dan industri kreatif di Indonesia,” ujarnya.

Baca juga: Lihat wajah baru Kota Tua Padang dan Jembatan Siti Nurbaya setelah dilakukan facelift

Selalu update informasi terbaru. Lihat berita terkini dan berita unggulan dari Tempo.co di kanal Telegram Tempo.co Update. Klik Pembaruan Tempo.co untuk bergabung. Anda harus menginstal aplikasi Telegram terlebih dahulu

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button