Pantai Pailus Jepara, Pantai Indah untuk Menikmati Sunset - WisataHits
wisatahits

Pantai Pailus Jepara, Pantai Indah untuk Menikmati Sunset

Harga tiket: Rp3.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Karanggondang, Kec. Mlonggo, Kab. Jepara, Jawa Tengah; Kasus: Cek lokasi

Pantai Pailus yang terletak di Kabupaten Jepara Provinsi Jawa Tengah masih belum banyak dikunjungi karena belum terekspos secara luas. Tentu hal ini wajar mengingat pantai ini baru diresmikan oleh pemerintah setempat sebagai objek wisata alam sekitar tahun 2020. Pantai ini tergolong baru namun pemandangan yang ditawarkan cukup memanjakan mata para pengunjungnya.

Ombak di Pantai Pailus relatif kecil, sehingga anak-anak dapat menikmati air di waktu luang mereka. Pantai yang terbentuk di selat membuat lebih aman bagi Anda yang suka bermain air tapi tidak bisa berenang.

Bukan hanya ombak kecil. Namun rimbunnya pohon kembang sepatu yang terdapat di sepanjang pantai memungkinkan pengunjung untuk berteduh dari terik matahari sambil menikmati pantai yang diselimuti pasir putih. Wisata pantai ini tergolong bersih, sehingga pengunjung yang datang harus menjaga kebersihan. Sehingga keindahan pantai ini tetap terjaga dan bisa dinikmati oleh semua kalangan.

Atraksi pantai Paulus

Hal yang Dapat Dilakukan di Pantai PaulusKredit gambar: Google Maps (Dani Dj)

Sebuah pantai pasti memiliki daya tarik tersendiri untuk menarik pengunjung. Berikut ini mari kita bahas beberapa hal yang menjadi daya tarik Pantai Pailus di Kabupaten Jepara.

1. Gelombang yang relatif kecil

Ombak di pantai ini terlihat kecil dan sangat cocok untuk anak-anak atau orang dewasa yang ingin bermain air tetapi tidak bisa berenang. Pantai ini aman karena letaknya yang dibentuk oleh selat sehingga ombak di pantai ini relatif kecil.

Oleh karena itu, pengunjung yang memiliki anak kecil tidak perlu takut karena anak-anaknya dapat bermain air di waktu senggangnya. Namun harus tetap terkendali agar hal-hal yang tidak diinginkan tidak terjadi. Dan bagi pengunjung yang tidak bisa berenang, bisa menyewa ban di pinggir pantai untuk digunakan sebagai pelampung saat berenang.

2. Pantai Pesisir

Pepohonan waru yang tumbuh di sepanjang pantai menjadi tempat berteduh bagi pengunjung sambil menikmati sejuknya angin laut. Selain itu, pasir putih yang membentang sejauh mata memandang membuat keindahan Pantai Pailus semakin terlihat. Bagi Anda yang ingin bersantai dari hiruk pikuk dunia perkotaan, cobalah berkunjung ke pantai ini.

Lokasinya yang jauh dari kota dan suasana pantai yang tenang membuat para pengunjung merasa seperti berada di pantai pribadi. Ada kalanya pantai mulai cukup ramai. Namun karena ukurannya yang cukup panjang, kami tidak terlalu terganggu dengan kehadiran pengunjung lain.

Objek wisata yang dimiliki oleh Pantai PailusKredit gambar: Google Maps (Aaron Lindrio)

3. Matahari terbenam

Rasanya belum lengkap jika tidak menikmati sunset atau sunset jika sudah berada di Pantai Pailus. Dari pantai ini Anda bisa menikmati matahari terbenam dan langit berubah menjadi kuning kemerahan. Selain itu, Anda juga bisa melihat pemandangan pembangkit listrik yang ada di sekitar pantai.

4. Hasil tangkapan nelayan

Bukan hanya keindahan alamnya saja yang membuat wisata tepi laut begitu berkesan. Namun, hasil tangkapan nelayan setempat juga menciptakan nilai tambah saat berkunjung ke tempat ini.

Pengunjung bisa membeli lalu memilih ikan segar yang bisa langsung dibakar dan dimakan di pinggir pantai. Saat pulang, kita bisa membeli dan membawa pulang ikan segar hasil tangkapan nelayan setempat.

Alamat pantai pailus, lokasi rute dan harga tiket

Alamat pantai pailusKredit gambar: Google Maps (Tony AM)

Pantai ini terletak di Kabupaten Jepara. Tepatnya di Desa Karanggondang, Kecamatan Mlonggo, Jawa Tengah. Yang berjarak sekitar 12 Kilo Meter dari kota Jepara dengan perjalanan sekitar 25 menit menggunakan kendaraan bermotor.

Rute atau jalur yang bisa ditempuh dari pusat kota Jepara menuju lampu merah di pertigaan Mlonggo kemudian ambil jalur menuju pantai Blebak. Tapi jangan ke Pantai Blebak, karena Pantai Pailus tidak jauh dari gerbang Pantai Blebak.

Jalannya sendiri sudah beraspal, jadi Anda tidak perlu khawatir dengan kondisi jalan yang buruk. Namun Anda harus sedikit berhati-hati karena lebar jalan menuju pantai ini cukup kecil. Dimana hanya satu mobil yang bisa lewat.

Untuk harga tiket dan beberapa fasilitas yang bisa digunakan di pantai, ada berbagai jenisnya. Namun, harganya masih relatif murah. Berikut adalah harga tiket dan fasilitas tambahan di pantai. Hari kerja (Senin sampai Sabtu) gratis. Minggu dan hari libur nasional naik motor Rp 3.000, Minggu dan hari libur nasional naik mobil Rp 5.000.

Liburan Lebaran Rp 10.000 per kendaraan. Untuk toilet Rp 2.000, sewa ban kecil Rp 5.000 dan sewa ban besar Rp 10.000. Perlu diketahui bahwa harga masuk sudah termasuk tiket dan biaya parkir. Oleh karena itu jumlah kendaraan bukan per orang.

Aktivitas seru yang bisa dilakukan di Pantai Pailus

Aktivitas Seru di Pantai PaulusKredit gambar: Instagram.com @sholihul_khadhafi

Tak hanya indah dipandang. Namun, pengunjung juga bisa melakukan beberapa aktivitas saat tiba di pantai ini.

1. Berenang

Tentunya sesampainya di sebuah pantai akan terasa kurang jika tidak basah oleh air laut.Aktivitas pertama yang bisa kamu lakukan di pantai ini adalah berenang.

Tidak hanya untuk orang dewasa, anak-anak pun bisa menikmati bermain air tanpa takut dengan ombak besar. Bagi yang ingin merasakan berjemur di atas permukaan laut, bisa menggunakan ban atau pelampung yang bisa disewa di sekitar pantai. Ada yang kecil dan besar, silahkan sesuaikan dengan kebutuhan anda.

2. Bermain sebagai keluarga

Pantai ini merupakan pantai yang sangat cocok untuk acara rekreasi keluarga. Oleh karena itu, Anda yang memiliki anak kecil bisa puas bermain di sini. Mulailah dengan bermain bersama di air, bermain kejar-kejaran di tepi pantai atau bahkan bermain ayunan bersama anak atau orang tersayang.

Tak hanya bagi yang sudah berkeluarga, pasangan muda juga bisa bermain ayunan sambil tertawa bersama.

Aktivitas di Pantai Pailus PantaiKredit gambar: Instagram.com @kedai_mbah_painah

3. Perkemahan

Jauh dari hiruk pikuk kota dan menikmati keindahan alam adalah cara paling ampuh untuk menghilangkan stres. Bagi pecinta alam terbuka, Anda bisa mencoba berkemah di sekitar pantai.

Pepohonan Waru yang tumbuh di pinggir pantai bisa dijadikan tempat mendirikan tenda dan bermalam di sini. Jangan lupa untuk meminta izin kepada penduduk setempat untuk mendapatkan keamanan lebih.

4. Ambil gambar

Mengabadikan momen-momen tertentu merupakan hal wajib yang harus dilakukan saat liburan. Selain mendapatkan kenangan indah bermain air. Anda juga bisa berfoto di ayunan kayu di sekitar pantai. Jangan lupa tambahkan senyuman agar lebih menawan.

Akomodasi murah di sekitar pantai Lokasi

Akomodasi di sekitar pantaiKredit gambar: 1001malam.com

Ada beberapa hostel yang bisa digunakan untuk bermalam bagi Anda yang ingin ke Pantai Pailus. Berikut beberapa penginapan tersebut.

1. Resor Desa Sekuro

Yang pertama adalah Sekuro Village Beach Resort yang berjarak sekitar 3 kilometer dan dapat diakses dengan kendaraan bermotor selama 9 menit. Resor ini memungkinkan Anda untuk menikmati indahnya matahari terbenam di pantai. Untuk fasilitas tambahan ada wifi dan tv yang bisa digunakan.

2. Mlonggo Asri

Lalu ada hostel yang jaraknya 2,5 kilometer. Dengan perkiraan perjalanan 7 menit. Hostel ini dekat dengan masjid, jadi buat kamu yang ingin beribadah berjamaah bisa ke sana.

3. Hotel Santo Mencuk

Jaraknya sekitar 4,5 kilometer dari pantai. Dan dapat ditempuh selama 10 menit menggunakan kendaraan bermotor. Hotel ini juga bisa dijadikan pilihan jika Anda membutuhkan tempat menginap yang tidak jauh dari pantai.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Pailus Jepara

Fasilitas di Pantai PailusKredit gambar: Google Maps (Finelia Fifin)

Ada beberapa fasilitas yang bisa digunakan oleh pengunjung yang berlibur di pantai ini. Berikut beberapa fasilitas tersebut.

1. Restorasi

Saat liburan, pengunjung bisa membeli makanan dari beberapa warung yang terletak tidak jauh dari pantai. Disini tidak hanya makanan, tapi juga snack dan kopi untuk para pecinta kopi. Selalu perhatikan kebersihan setelah selesai makan. Sehingga pantai terlihat bersih dan bisa dinikmati bersama.

2. Kamar mandi atau toilet

Setelah puas bermain air laut, pengunjung bisa membersihkan diri dengan air bersih di kamar mandi. Bagi yang ingin buang air besar juga tersedia WC yang bisa digunakan hanya dengan Rp 2.000 saja.

3. Penyewaan ban

Bagi Anda yang tidak bisa berenang tetapi ingin menikmati air laut, jangan takut. Karena ada tempat sewa ban besar atau kecil. Jadi Anda bisa bermain air dengan senang hati tanpa takut tidak tahu cara berenang.

4. Area parkir

Tentunya hal terpenting saat mengunjungi tempat wisata adalah parkir. Sehingga ketika pengunjung sedang menikmati liburannya, mereka tidak perlu khawatir dengan kondisi kendaraannya. Ada juga area parkir yang bisa digunakan untuk memarkir kendaraan bermotor dan akan dijaga keamanannya sampai pengunjung pulang.

Itulah beberapa pembahasan mengenai pantai Pailus yang terletak di kabupaten Jepara. Jika Anda ingin liburan keluarga atau pasangan dengan suasana pantai pribadi, Anda harus mencoba pantai pasir putih ini. Semoga bermanfaat dan selamat berlibur.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button