Pulau Cinta Gorontalo - Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi dan Biaya Perjalanan - WisataHits
wisatahits

Pulau Cinta Gorontalo – Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi dan Biaya Perjalanan

Atraksi, Aktivitas Liburan, Fasilitas, Lokasi dan Biaya Perjalanan – Pulau Cinta adalah salah satu destinasi wisata bahari paling romantis di Gorontalo. Pulo Cinta adalah eco-resort unik berbentuk hati yang mirip dengan resort di Maladewa.

Biaya kunjungan: Mulai dari Rp 3.000.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Patoam, Kecamatan. Botumoito, Kab. Boalemo, Gorontalo; Kasus: Cek lokasi

Terletak jauh dari hiruk pikuk kota dan termasuk sebagai pulau terpencil, Pulau Cinta bahkan menjadi destinasi wisata alam yang sangat populer di Gorontalo. Hamparan pasir putih yang indah, laut yang jernih dengan hamparan terumbu karang yang mempesona serta hutan mangrove yang asri sangat menarik bagi pengunjung.

Pulau yang terletak di Teluk Tomini, Gorontalo ini tak hanya terkenal dengan panorama alamnya yang luar biasa, konon memiliki legenda yang tak kalah romantis dengan tempat wisata lainnya. Konon dahulu pulau ini menjadi tempat persembunyian dan saksi bisu cinta terlarang antara putri cantik putra saudagar Belanda dengan Pangeran Gorontalo.

Didukung oleh legenda dan keindahan alam yang mempesona, pulau berbentuk hati ini menjadi sangat populer di kalangan pasangan dan keluarga. Apalagi Eco Resort yang mengelola tempat ini juga memberikan pengaruh lebih dan memunculkan pesona pulau tujuan wisata ini.

Tempat Wisata Pulau Cinta Gorontalo

Tempat Wisata Pulau Cinta GorontaloKredit Gambar: Google Maps Ebt Esdmgorontalo

1. Pulaunya berbentuk hati

Seperti namanya, pulau ini pun memiliki bentuk hati yang sangat terlihat jika dilihat dari atas pulau. Bentuknya yang unik ini menghadirkan nuansa romantis bagi pasangan yang menghabiskan liburan dan bulan madu mereka di sini.

2. Tempatnya cocok untuk berfoto

Memiliki pemandangan alam yang memukau membuat aktivitas liburan Anda di pulau berbentuk hati ini sangat cocok untuk diabadikan dalam kamera potret.

3. Pemandangan langit yang indah

Anda bisa melihat hamparan bintang di langit malam dari area ini. Bintang-bintang ini akan menerangi malam Anda ketika Anda bepergian ke sini. Tempatnya sangat jauh dari kota sehingga langit terlihat bersih tanpa polusi udara.

Anda juga tidak perlu khawatir untuk pergi jauh karena Anda bisa melihat sunset dan sunrise sekaligus dari chalet tempat Anda menginap di Pulo Cinta.

4. Pesona laut yang biru jernih

Lokasinya yang jauh dari kota dan terlindung dari polusi air membuat langit di sekitar pulau begitu jernih dan memancarkan warna biru safir yang mempesona. Lautnya yang jernih memudahkan wisatawan untuk menikmati pemandangan indah yang tersembunyi di balik laut.

5. Akomodasi yang berdiri di atas air

Penginapan yang berupa rumah panggung dan terletak di tengah laut ini menjadi salah satu icon wisata di kawasan ini. Apalagi, asrama kayu dan beratap jerami ini menganut konsep ekologis sehingga wisatawan tidak perlu takut akan dampak tempat wisata ini terhadap lingkungan alam di sekitar pulau.

6. Snorkeling langsung dari mana saja di area resor

Objek Wisata yang dimiliki oleh Pulau Cinta GorontaloKredit gambar: Google Maps Armando Perdana

Dari cottage tempat Anda menginap, wisatawan bisa langsung berenang dan menikmati keindahan laut di bawah tempat tidur. Anda tidak perlu repot bepergian jauh karena langsung dikelilingi oleh laut yang luar biasa indah.

7. Tempat menyelam yang mempesona

Ada beberapa area menyelam atau snorkeling dengan keindahan alam bawah laut yang menakjubkan. Di sana, pengunjung dapat melihat berbagai jenis biota laut di Gorontalo serta berbagai terumbu karang yang indah. Lokasi dapat dicapai dengan perahu yang disewa oleh pengelola.

8. Tempat yang bagus untuk meditasi

Lokasinya sebagai pulau terpencil membuat Pulau Cinta Gorontalo begitu tenang dan jauh dari polusi udara, suara dan air. Alasan ini cocok untuk Anda yang ingin bersantai dan melepaskan diri dari hal-hal tersebut serta bermeditasi sejenak untuk menyatu dengan alam.

9. Hutan mangrove yang lestari

Wilayah pesisir pulau ini dikelilingi oleh hutan bakau yang luas. Selain berfungsi untuk melindungi pulau saat air laut pasang, hutan ini juga menarik pengunjung untuk menjelajah hutan dan menikmati pemandangan yang tak kalah luar biasa.

10. Dikelilingi oleh pulau-pulau kecil

Bagi wisatawan yang bosan dengan wisata bahari, Anda bisa menyewa perahu dan mengunjungi pulau-pulau kecil di sekitar destinasi wisata ini.

Alamat dan Rute Menuju Tempat Wisata Pulo Cinta

Alamat Pulo CintaKredit Gambar: Saluran Yoman Google Maps

Destinasi wisata alam yang terkenal sebagai tempat bulan madu bagi pasangan muda ini terletak di Teluk Tomini, Desa Patoameme, Kabupaten Boalemo, Gorontalo.

Wisatawan yang datang dari luar wilayah Sulawesi bisa terbang menuju Bandara Jalaluddin, Gorontalo. Waktu penerbangan pagi sangat disarankan, karena dari bandara wisatawan masih harus menempuh perjalanan darat 2 jam lagi dengan kendaraan roda dua atau empat ke Pelabuhan Tilamuta di Kabupaten Boalemo.

Jika wisatawan sudah memesan akomodasi jauh-jauh hari, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya transportasi lagi, karena pengelola biasanya menyediakan tumpangan kendaraan gratis. Setelah sampai di Pelabuhan Tilamuta, dilanjutkan dengan wisata laut selama 15-30 menit dengan perahu motor menuju Pulau Cinta.

Karena penyeberangan perahu motor sendiri terbagi menjadi 2, yang pertama gratis bagi wisatawan yang sudah memesan kamar selama 3 hari 2 malam. Kemudian yang kedua, bagi wisatawan yang memesan hanya 2 hari 1 malam dikenakan biaya Rp 500.000,-.

Biaya Perjalanan ke Pulau Cinta Gorontalo

Biaya Perjalanan ke Pulau Cinta GorontaloKredit gambar: Google Maps Kaka Monoarfa

Bagi wisatawan yang ingin berkunjung dan berwisata di Pulau Cinta, Anda perlu membayar mulai dari Rp 3.000.000 hingga Rp 12.000.000 per hari. Tergantung paket wisata yang ingin Anda ambil.

Jumlah pembayaran sudah termasuk transportasi dari pelabuhan Tilamuta ke area pulau, sewa peralatan menyelam dan snorkeling dan makan 3 kali sehari yang disediakan dengan konsep makan prasmanan di pantai di tengah pulau yang romantis ini.

Menjadi tempat yang populer bukan berarti pulau berbentuk hati ini memiliki banyak pilihan akomodasi. Pulo Cinta yang romantis yang sebelumnya tidak berpenghuni ini hanya dikelola oleh resort pertama dan satu-satunya yaitu Eco-Resor.

Eco-Resor sendiri adalah hostel ramah lingkungan yang dibangun dengan mempertimbangkan dampak keberadaannya terhadap lingkungan. Resor ini bergaya cottage, dengan bangunan seperti rumah panggung kayu yang berdiri di tengah laut biru yang jernih.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Pulau Cinta

Kegiatan menarik di Pulau CintaKredit gambar: Google Maps Maxi Szplitk

1. Snorkeling dan Menyelam

Bagi wisatawan yang menyukai aktivitas air, Anda tidak perlu khawatir karena setiap cottage dilengkapi dengan peralatan snorkeling sehingga wisatawan dapat berenang di sekitar cottage dan menikmati pemandangan terumbu karang di bawah jalan dari stasiun.

Sedangkan untuk kegiatan diving cukup dengan menyewa perahu dan dalam 5 menit wisatawan akan langsung sampai di spot-spot diving yang memiliki pemandangan luar biasa.

2. Berjalan di pulau

Bagi Anda yang tidak terlalu suka berenang, jalan kaki mungkin bisa menjadi pilihan yang menarik. Meski dianggap memiliki ukuran pulau yang kecil, pulau ini tetap asyik untuk dijelajahi wisatawan. Apalagi mengingat tidak hanya pantai berpasir putih yang terbentang di seluruh pulau, tapi juga bukit-bukit kecil dan hutan hijau yang asri.

3. Menikmati matahari terbenam dan matahari terbit

Wisatawan bisa melihat sunset dan sunrise langsung dari floating hostel yang telah disewa. Dengan jarak yang cukup jauh dari masing-masing hostel, sudah pasti dimanapun Anda menginap di Pulau Cinta akan mendapatkan pemandangan sunset dan sunrise yang terbaik.

4. Renungkan bintang di langit malam

Dengan langit malam yang gelap dan tidak ada polusi udara, pengunjung dapat melihat bintang-bintang berkelap-kelip begitu terang di langit di atas Gorontalo. Bintang-bintang yang tersebar di langit terlihat begitu menakjubkan ketika Anda melihat laut, yang begitu jernih dan memantulkan kilau bintang-bintang di langit.

5. Petualangan Hutan Mangrove

Bagi Anda yang sangat suka jalan-jalan dan mencoba segala macam aktivitas di kawasan pulau, Anda bisa mencoba petualangan di hutan mangrove yang tidak jauh dari pantai. Hutan mangrove yang hijau memiliki pesona tersendiri dan jika Anda beruntung Anda akan melihat biota laut yang hidup di dekat mangrove.

6. Mengunjungi pulau-pulau di sekitar resort

Meski hanya memiliki satu pulau dengan resort yang indah, pulau ini masih memiliki pulau-pulau kecil di sekitarnya yang bisa dikunjungi wisatawan dan tentunya alamnya yang sangat alami.

7. Ambil gambar

Semua tempat di pulau ini sangat menarik dan memiliki pemandangan yang menakjubkan. Anda bisa berlibur sambil berburu foto sebanyak-banyaknya karena keindahan alam sekitar tidak ada habisnya.

8. Makan malam romantis di tepi pantai

Inilah tujuan utama banyak pasangan bulan madu di Pulau Cinta, dengan fasilitas yang disediakan pengelola, pengunjung bisa menikmati makan malam romantis di pantai bersama pasangan dan di bawah cahaya lilin kecil yang indah.

Fasilitas yang tersedia di Pulo Cinta Gorontalo

Fasilitas Pulo Cinta GorontaloKredit gambar: Google Maps Arie Yuliarti

Berada jauh dari pulau-pulau dan termasuk dalam daerah terpencil tidak membuat pulau ini kekurangan fasilitas. Dengan pengelolaan yang baik, wisatawan akan menemukan fasilitas yang memadai. Pengelola Pulo Cinta Eco Resort menyediakan wifi gratis di area pulau, televisi, air minum di setiap chalet dan tempat persewaan peralatan diving dan snorkeling.

Wisatawan juga tidak perlu khawatir akan kelaparan karena ada jasa catering resort yang menyediakan makanan dan minuman Anda selama berlibur. Para tamu juga mendapatkan keuntungan dari tempat khusus di tengah pulau dengan tema prasmanan untuk 3 kali makan sehari. Tentunya dengan rasa yang lezat dan menu yang berbeda setiap harinya.

Pengelola juga menyediakan fasilitas penjemputan di bandara dan transportasi laut. Anda tidak perlu khawatir membayar ekstra untuk fasilitas tersebut karena biaya akomodasi di Pulau Cinta sudah termasuk dalam biaya semua fasilitas yang ada di pulau ini.

Dengan banyaknya aktivitas dan keindahan di Pulau Cinta, tentunya liburan di tempat ini tentunya bisa menjadi pengalaman yang berharga. Apalagi bagi Anda yang ingin berlibur bersama pasangan dan keluarga, tempat yang menghargai privasi para pengunjungnya ini bisa membuat liburan Anda lebih berwarna.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button