Pantai Slili, pantai indah dengan porsi kuliner yang beragam dan enak di Gunung Kidul - WisataHits
wisatahits

Pantai Slili, pantai indah dengan porsi kuliner yang beragam dan enak di Gunung Kidul

Pantai Slili, pantai indah dengan porsi kuliner yang beragam dan enak di Gunung Kidul

Pantai Slili yang memiliki keindahan alam ini terletak di Daerah Istimewa Yogyakarta. Pantai ini bisa dikunjungi kapan saja karena buka 24/7.

Harga tiket: Rp 10.000 Jam operasional: 24 jam, Alamat: Jl.Pantai Krakal, Kec. Tepous, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Kasus: Verifikasi lokasi

Berwisata di pantai selalu menjadi hal yang paling menyenangkan bagi kebanyakan orang, Pantai Slili salah satunya. Pantai pasir putih ini menarik perhatian banyak wisatawan khususnya pecinta pantai dan laut, pantai yang populer ini juga banyak dikunjungi wisatawan dari luar daerah.

Pantai Slili memiliki nama lain yang cukup unik yaitu Pantai Watu Lawang dan Cinta Slili. Nama Watu Lawang diberikan karena di pantai yang indah ini terdapat sebuah pulau kecil yang disebut bukit karang. Jarak ke pulau kecil ini adalah 500 meter dari Pantai Sundak.

Sementara itu disebut Slili Love atau Cinta Slili karena terdapat prasasti di sekitar pantai. Dimana, prasasti tersebut digunakan sebagai hiasan yang terbuat dari bunga plastik berbentuk hati. Wisatawan sering pergi ke tempat ini untuk berfoto.

Penawaran Atraksi Pantai Slili

Daya Tarik Pantai Slili Gunung KidulFoto: Google Maps/Rizky Dastia

Selain fasilitas yang lengkap, pantai dengan pemandangan alam yang indah ini juga menghadirkan daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang melintas. Berbagai atraksi telah membuat para wisatawan terpukau untuk memilih pantai Slili sebagai tujuan wisata yang akan mereka kunjungi. Beberapa tempat wisata tersebut adalah:

✦ Porsi kuliner lengkap dan enak

Tidak lengkap rasanya jika ada pantai yang tidak dilengkapi dengan kuliner yang nikmat. Pantai menawan ini menawarkan banyak jajanan dan kuliner yang bisa dinikmati wisatawan. Kios-kios ini tersedia di belakang gazebo dengan banyak.

Meski begitu, wisatawan diimbau berhati-hati dengan pilihan warung, apalagi saat liburan panjang. Karena selalu saja ada lapak “nakal” yang berusaha meraup keuntungan lebih dengan menghapus daftar harga yang tertera. Untuk menghindarinya, wisatawan biasanya lebih memilih warung yang memasang daftar harga.

✦ Snorkeling

Menikmati keindahan bumi dari atas saja tidak cukup. Karena pantai yang menawarkan banyak fasilitas ini memiliki keindahan bawah laut yang menakjubkan. Disini juga dilengkapi dengan persewaan peralatan snorkeling full service dengan harga yang cukup terjangkau yaitu Rp 50.000.

Plus, ada guide yang siap setiap saat untuk membantu mengarahkan proses foto, mulai dari pose foto hingga angle yang tepat. Jika diinginkan, wisatawan bisa berfoto dengan latar belakang ikan yang akan menambah kesan tersendiri.

✦ Festival Laut

Banyak wisatawan yang berkunjung ke sini untuk melihat Festival Laut, mayoritas masyarakat yang berprofesi sebagai petani dan pekerja sampingan mencari udang, rumput laut dan kerang di laut akan menjalankan tradisi ini sebagai bentuk rasa syukur. Tradisi pesta bahari ini disebut Sadranan atau biasa disebut Nyadran.

Tradisi nyadran ini ada dua, yaitu ziarah ke makam dan berpesta di laut sebagai bentuk rasa syukur atas karunia Tuhan dengan alam yang melimpah dan bentuk pengharapan agar panen berikutnya juga membuahkan hasil yang melimpah. Biasanya orang memasak tumpeng lalu membawanya ke laut untuk ditaburkan.

Alamat dan rute menuju pantai

Alamat Pantai Slili Gunung KidulFoto: Google Maps/Rizky Nirwana Putra

Alamat Pantai Slili adalah Jl. Pantai Krakal, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Perjalanan menuju sirkuit ini cukup berliku karena jalannya berkelok-kelok dan melewati perbukitan. Meski begitu, wisatawan akan dimanjakan dengan keindahan alam yang terbentang selama perjalanan.

Jika perjalanan dimulai dari Alun-alun Wonosari, Anda bisa mengambil Jalan Pasar Hargosari, saat berada di pertigaan kedua setelah pasar, Anda bisa belok kanan menuju Jalan Baron.

Setelah melewati Polsek Tanjungsari, akan ada pertigaan di dekat plang Pembayaran Retribusi (TPR), kemudian ambil jalan kiri. Sesampainya di pertigaan Pantai Kukup ambil jalur kiri juga. Sesampainya di pertigaan Pantai Krakal, ambil jalur kanan dan ikuti petunjuk yang ada di papan petunjuk.

Harga Tiket Masuk Wisata Bahari

Harga tiket masuk dan parkir di Pantai Slili cukup murah. Harga tiket masuk hanya Rp 10.000 dan wisatawan sudah bisa menikmati kesejukan pantai. Harga tersebut sudah termasuk tiket masuk ke pantai terdekat lainnya seperti Pantai Sepanjang, Pantai Sundak, Pantai Krakal, Pantai Indrayanti dan masih banyak lagi.

Tempat parkirnya sendiri berbeda untuk setiap jenis kendaraan. Sepeda motor dibanderol Rp2.000, sedangkan mobil penumpang atau mobil kecil dibanderol Rp5.000, dan bus sedikit lebih mahal, Rp20.000.

Jika ingin snorkeling atau menyewa gazebo yang nyaman akan dikenakan biaya tambahan. Yakni, biaya sewa peralatan snorkeling Rp 50.000, sedangkan sewa gazebo Rp 20.000 dan foto-foto sekitar Rp 10.000.

Aktivitas seru yang bisa dilakukan

Aktivitas di Pantai Slili Gunung KidulFoto: Google Maps/Himah Hasbi

Banyak hal yang bisa dilakukan di pantai dengan pesona alam yang luar biasa ini. Dilengkapi dengan fasilitas yang lengkap, wisatawan tidak hanya bisa berlibur tapi juga menikmati fasilitas yang ada. Beberapa aktivitas yang dapat dilakukan di Pantai Slili antara lain:

1. Menikmati keindahan pantai

Wisata alam ini memang terkenal dengan pemandangan alamnya yang indah. Lautnya yang jernih dan warna-warni nuansa hijau kebiruan membuatnya semakin mempesona. Belum lagi terumbu karang yang mengelilingi Pantai Slili dapat memanjakan siapa saja yang mengunjunginya.

Tak hanya melihat keindahannya, wisatawan juga dimanjakan dengan berbagai macam jajanan dan minuman yang akan mengenyangkan perut. Alangkah nikmatnya jika makan dan minum ditemani deru ombak yang menenangkan dan keindahan pantai yang tiada duanya.

Makanan dan minuman yang ditawarkan pun beragam, antara lain kelapa muda yang dipetik langsung dari pohonnya akan membuat tenggorokan terasa segar, apalagi jika dinikmati di siang hari.

2. Mencari udang di Pantai Slili

Tidak hanya keindahan pantainya saja, Pantai Slili juga terkenal dengan daerahnya yang banyak terdapat udang, terutama saat musim kemarau. Tidak jarang wisatawan bermain udang di pantai yang indah ini. Selain bermain, wisatawan juga bisa membantu warga menangkap udang untuk dijual.

Musim kemarau merupakan musim yang sangat menguntungkan untuk mencari udang, karena pada saat ini banyak dijumpai rumput laut, dimana rumput laut merupakan tempat persembunyian udang-udang kecil. Sangat menyenangkan bisa menikmati hamparan lautan sambil mencari udang di bawah terik matahari.

3. Mendaki

Di pantai yang indah ini terdapat sebuah bukit bernama Bukit Kobengan yang berada di pantai timur. Wisatawan yang memiliki keberanian biasanya akan mendaki bukit ini untuk menikmati keindahan alam Slili dari atas. Untuk mendaki bukit ini, wisatawan tidak perlu lagi mengeluarkan biaya alias gratis.

Fasilitas yang tersedia di area pantai

Fasilitas Pantai Slili Gunung KidulFoto: Google Maps/Erika Rahma Damayanti

Beberapa fasilitas di Pantai Slili yang dapat menunjang kenyamanan wisatawan antara lain:

  • Kamar Mandi dan WC
  • ruang sholat
  • Warung makanan dan minuman
  • Penyewaan peralatan menyelam
  • Akomodasi
  • Gazebo yang nyaman
  • Area parkir

Berwisata ke pantai memang menjadi pilihan terbaik saat Anda sedang berlibur panjang atau sekedar ingin beristirahat dari kesibukan. Pantai Slili dengan keindahan alamnya akan memikat siapa saja yang tertarik untuk berkunjung. Ditambah dengan harga tiket yang murah dan fasilitas yang lengkap membuat pantai yang mempesona ini digemari banyak orang.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button