Perbukitan Upas, Sukses Wisata Alam dengan Panorama Alam yang Indah di Subang - WisataHits
wisatahits

Perbukitan Upas, Sukses Wisata Alam dengan Panorama Alam yang Indah di Subang

Harga tiket: Rp20.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Jangkrik, Kec. Sagalaherang, Kab. Subang, Jawa Barat; Kasus: Cek lokasi

Pencarian tempat wisata alam di Indonesia tidak akan pernah ada habisnya. Wisatawan dapat menemukan gunung, bukit, danau, pantai dan tempat wisata lainnya dengan nuansa alam. Termasuk wilayah Subang di wilayah Jawa Barat, banyak tempat wisata menarik untuk dikunjungi yang menyuguhkan pemandangan alam seperti Bukit Upas.

Dari segi nama, wisatawan mungkin lebih mengenal Pemandian Air Panas Ciater daripada tempat wisata ini. Namun, meski belum populer, wisatawan tidak akan kecewa saat mengunjunginya. Sesuai dengan namanya, tempat wisata di kawasan Subang ini merupakan puncak gunung, sehingga perjalanan menuju tempat ini cukup melelahkan.

Hingga saat ini, tempat wisata alam yang menawarkan pemandangan pegunungan yang indah masih diminati wisatawan. Mayoritas yang datang ke Perbukitan Upas didominasi oleh anak muda. Untuk orang tua hingga orang tua, tidak disarankan untuk datang ke sini karena perjalanan menuju tempat ini cukup sulit.

Atraksi Bukit Upas

Atraksi Bukit UpasKredit Gambar: Google Maps Offroad Adventure Travel

1. Penyajian panorama alam berupa kawah

Daya tarik utama dari tempat wisata ini adalah adanya kawah yang terlihat dari atas bukit. Lokasinya berada di ketinggian kurang lebih 2.084 mdpl. Biasanya wisata alam di atas 1.000 mdpl tidak disarankan untuk keluarga, tidak seperti Perbukitan Upas.

Tempat wisata di kawasan Subang ini layak dikunjungi bersama keluarga termasuk anak-anak. Memang wisatawan tidak perlu mendaki untuk mencapai lokasi, namun wisatawan bisa menggunakan jasa open travel sehingga tidak harus menguasai rute menuju lokasi.

Dengan menggunakan jasa tersebut, perjalanan menuju puncak bukit akan memanfaatkan fasilitas track bike atau mobil Land Rover. Sesampainya di puncak, wisatawan akan disuguhi panorama kawah yang berbentuk melengkung. Ada pohon-pohon liar yang tumbuh secara alami di sebelah area kawah.

Dari atas, panorama pepohonan liar terlihat seperti semak belukar. Pemandangan kawah semakin indah dengan asap putih tebal membubung di atas dan warnanya menyatu dengan warna hijau tanaman. Melihat lurus ke depan, panorama perbukitan lainnya sangat jelas.

2. Pesona Hutan Pinus di Gunung Tangkuban Perahu

Selama perjalanan menuju lokasi perbukitan Upas, wisatawan akan melihat panorama hutan pinus di kawasan pegunungan Tangkuban Perahu. Hutan pinus terlihat begitu rapat karena masih asri dan alami, sehingga terlihat sedikit menyeramkan.

Meski sedikit menyeramkan, para pecinta alam pasti akan mengira hutan pinus terlihat begitu eksotis karena keindahan dan kealamiannya. Pinus sejajar dan jarang ditutupi dengan daun.

Selain hutan pinus, wisatawan juga akan menemukan tempat-tempat konservasi fauna dan flora. Saat turun dari bukit, wisatawan akan melewati pemandian air panas di kawasan Maribaya. Yang menarik dari kolam termal adalah tidak adanya kandungan belerang.

Oleh karena itu, sepanjang perjalanan menuju perbukitan Upas, wisatawan akan melewati banyak tempat menarik untuk dikunjungi, seperti hutan pinus, kawasan konservasi tumbuhan dan satwa, hingga sumber air panas kawasan Maribaya.

3. Memperkenalkan Pemandangan Kebun Teh Sukawana

Kebun teh yang menjadi salah satu tempat wisata favorit warga Bandung juga akan dilewati wisatawan dalam perjalanannya. PT. Perkebunan Nusantara VIII sangat memanjakan mata wisatawan karena warnanya yang didominasi warna hijau yang begitu menyegarkan.

Letak kebun teh ini berada di kaki bukit, sehingga wisatawan yang hendak menuju ke tempat tujuan pasti akan melewati kebun teh ini. Sebelum sampai di lokasi Perbukitan Upas, wisatawan juga bisa singgah di Kebun Teh Sukawana untuk hunting foto dan menikmati segarnya udara di area kebun teh.

Karena terletak di kaki bukit, wisatawan tak perlu lelah tracking. Dari area kebun teh, panorama yang tampak di depan mata bukan hanya hamparan kebun teh yang hijau, tapi juga pegunungan yang berjajar dan terlihat hijau.

Sebelum sampai di Perbukitan Upas, keberadaan kebun teh ini berhasil menarik perhatian wisatawan. Mayoritas wisatawan yang ingin berkunjung ke destinasi wisata biasanya menjelang matahari terbit dan bukan menjelang matahari terbenam, sehingga pemandangan kebun teh hijau akan begitu mempesona di depan mata.

Alamat dan rute menuju lokasi

Upas Hills Alamat AlamatKredit gambar: Google Maps Tjahjaningrum Sunarko

Letak Perbukitan Upas secara administratif berada di wilayah Jawa Barat, tepatnya di Kabupaten Subang, Jawa Barat. Tempat wisata yang terletak di Cicadas, kecamatan Sagalaherang ini dapat ditempuh dari pusat kota Subang dan kota Bandung sekitar 1 jam perjalanan. Dari Subang, jaraknya sekitar 32 kilometer. Sedangkan dari Bandung jaraknya sekitar 30 kilometer.

Rute yang bisa ditempuh adalah dari Bandung pusat menuju UPI (Universitas Pendidikan Indonesia). Kemudian arahkan kendaraan ke Jalan Dr. Setiabudi lalu Jalan Raya Lembang. Wisatawan dapat melanjutkan perjalanan ke Jalan Grand Hotel dan kemudian Lembang Square. Sesampainya di Jalan Tangkuban Perahu, ikuti saja jalan utama.

Jalur utama akan mengarah ke terminal bus Jayagiri. Wisatawan dapat mengikuti rambu menuju Bukit Upas karena lokasinya tidak jauh dari jalan raya. Namun, wisatawan harus ingat bahwa rute ini hanya akan membawa Anda ke tempat parkir. Untuk menuju puncak bukit, wisatawan dapat menggunakan jasa open trip atau berjalan kaki.

Harga tiket masuk objek wisata

Harga Tiket Masuk Bukit UpasKredit gambar: Google Maps TM

Wisatawan yang ingin menggunakan paket open travel ke tempat wisata Bukit Upas dari Bandung harus merogoh kocek sebesar Rp 550.000 untuk low season. Untuk hari libur nasional, lebaran dan tahun baru harga berbeda dengan harga paket low season. Untuk harga tiket di luar paket open travel adalah Rp 20.000 hingga Rp 300.000 per orang.

Wisatawan dapat memarkir kendaraan pribadinya, baik kendaraan roda dua maupun roda empat di halaman rumah warga dan juga pertokoan setempat. Biaya parkir kendaraan roda dua adalah Rp 12.000. Sedangkan biaya parkir kendaraan roda empat sebesar Rp25.000. Untuk bus roda enam, biaya parkirnya Rp 110.000.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Bukit Upas

Kegiatan Menarik di Bukit UpasKredit gambar: Google Maps TM

1. Perburuan Foto

Perbukitan Upas menyuguhkan panorama alam berupa kawah yang bisa dilihat wisatawan saat mencapai puncak bukit. Selain pemandangan kawah, di tempat wisata ini wisatawan bisa melihat panorama kebun teh hijau di kaki bukit yang akan sepanjang perjalanan menuju lokasi.

Wisatawan juga akan menemukan hutan pinus yang mendekat dari pohon ke pohon. Dengan beragamnya pemandangan alam yang disuguhkan saat wisatawan berkunjung ke tempat wisata ini, akan sangat disayangkan jika wisatawan tidak melakukan kegiatan hunting foto selama menginap.

2. Berkemah di luar ruangan

Bagi wisatawan yang suka berkemah, mengunjungi tempat wisata ini tentunya bukan hanya sekedar wisata hunting foto. Puncaknya sangat lebar sehingga wisatawan bisa mendirikan tenda di puncak dan bermalam di sana. Keindahan alam akan sangat indah ketika wisatawan keluar dari tenda saat matahari terbit.

Hal terpenting saat berkemah di puncak bukit adalah mempersiapkan persiapan fisik dan logistik. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk mengunjungi Bukit Upas untuk mengajak keluarga dan teman-teman. Semakin banyak orang, semakin suasana malam yang menjanjikan akan tenang tentunya tidak akan terlalu tenang.

3. Mendaki ke puncak Bukit Upas

Wisatawan yang suka mendaki gunung pasti tidak akan melewatkan kesempatan untuk melakukan aktivitas pendakian di bukit ini. Dengan ketinggian 2.084 mdpl, jalur menuju puncak masih berupa tanah dan bebatuan. Jika memang wisatawan ingin mendaki dengan berjalan kaki, mereka juga bisa melakukan pemanasan dengan mendaki.

Wisatawan yang memilih berjalan kaki dari kaki bukit menuju puncak bukit membutuhkan waktu sekitar 6 jam. Sedangkan fitnes harus benar-benar fit dan pastikan Anda membawa perbekalan yang cukup. Waktu terbaik untuk mendaki ke puncak bukit adalah saat musim kemarau.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Pabrik Upas HillsKredit gambar: Google Maps Reza Adhi Pramudia

Adapun fasilitas yang ada di Perbukitan Upas, wisatawan tidak perlu khawatir karena banyak fasilitas yang bisa dimanfaatkan. Fasilitas tersebut antara lain tempat parkir mobil, motor dan bus.

Tersedia layanan open travel bagi wisatawan yang tidak ingin berjalan kaki selama 6 jam. Dengan menggunakan layanan tersebut, wisatawan akan difasilitasi dengan sepeda trail atau mobil land rover.

Fasilitas lainnya adalah kamar mandi, mushola dan warung makan. Fasilitas disana semuanya bersih dan memadai sehingga para wisatawan tidak akan kecewa saat berkunjung ke tempat wisata ini.

Perbukitan Upas merupakan salah satu tempat wisata yang menarik di daerah Subang. Saat berkunjung ke Bandung, wisatawan bisa menumpang ke daerah Subang untuk mencoba mengunjungi tempat wisata bernuansa alam ini.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button