Harga Tiket Masuk Pantai Pelabuhan Ratu dan Aktivitas Menariknya - WisataHits
wisatahits

Harga Tiket Masuk Pantai Pelabuhan Ratu dan Aktivitas Menariknya

Harga tiket masuk ke Pantai Pelabuhan Ratu : Rp 3.000 – Rp 30.000 Jam buka : 24 jam No. Telepon: – Alamat: Pelabuhan Ratu, Pelabuhanratu, Sukabumi, Jawa Barat, Indonesia, 43364

Sukabumi dikenal sebagai daerah pesisir dengan pantai yang indah. Salah satunya dan yang paling simbolis Pantai Pelabuhan Ratu. Pantai dengan sejuta pesona yang memikat hati para wisatawan domestik maupun mancanegara. Dan selain keindahan pantainya, wisatawan juga akan disuguhi berbagai atraksi lainnya.

Beberapa kegiatan yang paling umum adalah, misalnya, berselancar, menunggang kuda, atau memancing. Pantai ini juga memiliki mitos yang dianggap turun temurun oleh masyarakat setempat. Ini telah mengembangkan audiens yang besar di kalangan wisatawan. Terlepas dari sejarah mistisnya, pantai ini tetap layak dikunjungi untuk berlibur.

Harga Tiket Masuk Pantai Pelabuhan Ratu

Tempat wisata ini menawarkan tarif yang sangat terjangkau. Tarif ini ditetapkan per kendaraan yang digunakan wisatawan. Jadi tidak dihitung per individu untuk harga tiketnya.

Biaya masuk
Pejalan kaki Rp3.000
Sepeda motor Rp 8.000
Mobil Rp 20.000
bus Rp30.000

Baca : Tiket GEOPARK CILETUH & Pesona Alam

Jam Buka Pantai Pelabuhan Ratu

Obyek wisata ini bisa dinikmati kapan saja. Dari pagi hingga sore hari selalu ada aktivitas wisata di pantai ini.

Jam operasional
Setiap hari 24 jam

Menikmati keindahan alam Pantai Pelabuhan Ratu

Riak di pantaiRiak di pantai. Foto: Gmap/wahyu hidayatullah

Pantai Pelabuhan Ratu adalah tempat yang sepertinya wajib dikunjungi saat musim pesta tiba. Berada di sekitar pantai, wisatawan bisa melihat hamparan lautan luas yang jernih, dengan ombak yang bergulung-gulung. Tak heran, karena pantai ini menghadap Samudera Hindia yang sangat luas. Angin bertiup cukup kencang, namun tetap membuat Anda merasa nyaman.

Pantai ini memiliki dataran yang landai, namun ada juga bagian yang terjal. Hamparan pasir yang lembut akan langsung menyambut wisatawan begitu menginjakkan kaki di sana. Warna cokelatnya terlihat lebih terang saat tersapu ombak. Tidak berhenti sampai di situ saja, pantai ini seakan memiliki segala pemandangan pantai yang indah.

Beberapa bebatuan karang berukuran kecil hingga besar juga memperhalus pemandangan pantai. Di depan pantai, wisatawan juga bisa melihat barisan pegunungan yang panjang. Kemudian di area pantai terasa teduh dengan pepohonan hijau yang rimbun. Tak heran jika pantai ini menjadi favorit, karena memiliki hampir semua keindahan di satu tempat.

Baca: Tiket dan Pesona CURUG CIKASO Sukabumi

Berselancar di ombak

Taklukkan ombak di Pantai Pelabuhan RatuTaklukkan ombak di Pantai Pelabuhan Ratu. Foto: Gmap/Indra Hutagalung

Pantai Pelabuhan Ratu memiliki karakteristik ombak yang tinggi. Meski berbatu, masih ada bagian yang tidak ada batunya. Area yang kondusif untuk berselancar. Setidaknya ada 9 titik yang bisa menjadi pilihan para peselancar.

Itu untuk mengatakan Karang Sar, Pantai Samudra, Cimaja, Indikator, Batu Guram, Sunset Beach. Ada juga di Ujung Genteng, Tujuh Ombak dan Karang Haji. Bahkan ombak di titik Cimaja mencapai ketinggian 4 meter. Yang tentunya sangat cocok untuk surfing, tidak jarang turis mancanegara pun ikut surfing disini.

Karena ombaknya yang tinggi, area ini hanya direkomendasikan untuk peselancar profesional. Selain ombak, keberadaan bebatuan juga menjadi alasan mengapa para pemula tidak disarankan untuk berselancar di sini.

Baca: Tiket dan Atraksi Surya Kencana Square

Acara Ritual Festival Laut

Keistimewaan lain dari Pantai Pelabuhan Ratu adalah tempat berlangsungnya ritual Festival Laut yang biasanya dilakukan saat memperingati Hari Nelayan. Acaranya sendiri berupa arak-arakan budaya bahari masyarakat Sunda pesisir. Ritual ini sudah ada sejak jaman dahulu.

Dalam ritual bahari ini, masyarakat adat membuang kepala kerbau dan sesajen lainnya ke tengah lautan. Itu adalah ungkapan rasa syukur kepada Tuhan atas karunia menangkap ikan. Selain persembahan sesajen, ada juga acara lain yang mengiringi prosesi ritual ini. Seperti kesenian daerah yang disimbolkan dalam tarian yang mengiringi sepasang raja dan ratu.

Di hari yang sama, acara hiburan biasanya juga akan berlangsung. seperti boneka, keriuhan di pawai, tarian, dll. Ada juga kegiatan lain seperti bakti sosial, dalam berbagai lomba. Dengan demikian, saat acara ini berlangsung, pantai akan semakin ramai dan semarak.

Baca: Sparks Forest Adventure Sukabumi Resort Rekreasi Lengkap

Berkuda di sekitar pantai

Menunggang kuda di pantaiBerkuda di Pantai. Foto: Gmap/Peter Kambey

Jalan-jalan di pantai memang mengasyikkan, menjejakkan kaki langsung di atas pasir yang lembut. Selain berjalan kaki, di pantai ini wisatawan juga bisa menyewa kuda. Bisa dikendarai oleh satu orang, atau dua orang. Asalkan salah satunya adalah anak-anak.

Beli ikan dan berbagai hewan laut

Di Pantai Pelabuhan Ratu terdapat Tempat Pelelangan Ikan (TPI). Di sini wisatawan bisa membeli berbagai jenis ikan laut seperti Cakalang, Layur dan lain-lain. Tentu saja, ada juga hewan laut lainnya seperti cumi-cumi, udang dan lain-lain. Di sini, semua ikan dan hewan laut dijual segar karena ditangkap oleh nelayan dari pesisir.

Wisatawan bisa membeli oleh-oleh atau makan langsung di pinggir pantai. Bagi yang ingin segera menikmati hidangan seafood, Anda bisa membawanya ke warung pinggir pantai. Selama ini, jika ingin melihat proses pendaratan kapal nelayan bisa datang dari pukul 11.00 hingga 13.00 WIB. Saat ini, umumnya nelayan baru datang untuk mendaratkan kapal.

Baca: Tiket PONDOK HALIMUN dan 5 Aktivitas Seru

Ambil foto dengan fenomena alam yang luar biasa

Pemandangan senja Pantai Pelabuhan RatuSenja di Pantai Pelabuhan Ratu. Foto: Gmap/Firmansyah

Aktivitas favorit wisatawan saat berkunjung adalah berfoto. Pemandangan pantainya sendiri sangat menakjubkan untuk diabadikan. Selain itu, ada batu-batu besar yang menjorok ke laut, menambah keindahan pantai. Apalagi saat ombak datang menyapu kawasan bebatuan ini sehingga menimbulkan semburan air yang unik.

Di pagi hari, wisatawan bisa menyaksikan matahari terbit. Jika mendung, matahari tidak muncul, melainkan berganti dengan pemandangan indah lainnya. Yakni adanya kabut halus yang menyelimuti kawasan pantai, termasuk kawasan berbatu. Tampak mistis namun menarik dan unik.

Sedangkan pada sore hari, waktunya berburu untuk menyaksikan matahari terbenam. Suasana di pantai semakin semarak saat orang-orang ikut mengabadikan momen tersebut. Langit biru dan cerah, perlahan berubah menjadi jingga karena sinar matahari. Lambat laun, apa yang dilalui matahari menjadi siluet hitam, hingga matahari terbenam.

Lokasi Pantai Pelabuhan Ratu

Wisata pantai ini terletak di Pelabuhan Ratu, Kecamatan Pelabuhanratu, Kota Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button