Danau Linow, danau tiga warna kebanggaan masyarakat Minahasa - WisataHits
wisatahits

Danau Linow, danau tiga warna kebanggaan masyarakat Minahasa

Keindahan Danau Linow di Tomohondanau tiga warna apa tujuannya? Kebanggaan masyarakat Minahasa mampu menarik perhatian banyak wisatawan. Menikmati pesona alam Danau Linow adalah pilihan yang tepat untuk mengisi waktu liburan Anda.

Harga tiket: Rp30.000, Jam operasional: 11.00–20.00 WIB, Alamat: Lahendong, Kec. Tomohon Selatan, Kota Tomohon, Sulawesi Utara; Kasus: Cek lokasi

Danau Linow merupakan destinasi wisata yang sudah tidak asing lagi bagi warga Tomohon dan sekitarnya. Kawasan wisata ini berada di kawasan sejuk yang diapit oleh Gunung Mahawu dan Lokon. Lokasinya membuat tempat wisata ini terkenal dengan udaranya yang bersih dan dikelilingi oleh banyak pemandangan hijau.

Tempat wisata ini memiliki banyak pesona alam yang menarik. Keunikan danau yang dapat menampilkan air dengan tiga warna inilah yang menjadi identitas daya tarik wisata Danau Linow. Banyak wisatawan yang penasaran dan datang untuk melihat danau yang juga mengandung belerang.

Salah satu wisata alam Tomohon yang menawarkan banyak hal menarik, selain pemandangannya yang indah. Wisatawan tidak hanya menghargai pemandangan alam, tetapi ada banyak hal seru dan menarik untuk dilakukan. Ditambah dengan fasilitas yang lengkap, liburan di danau ini akan sangat menyenangkan.

Pengelolaan kawasan wisata danau yang indah ini cukup baik dengan berbagai fasilitas penunjang. Danau ini bisa menjadi alternatif liburan di akhir pekan yang murah. Berikut beberapa hal menarik yang perlu diketahui sebelum Anda pergi ke Danau Linow, Tomohon.

Aktivitas di Danau Linow

Aktivitas di Danau LinowKredit gambar: Google Maps

Setiap objek wisata alam memang memiliki pesona dan daya tarik tersendiri. Danau Linow juga menawarkan banyak atraksi bagi pengunjung atau wisatawan yang datang berlibur ke danau ini. Beberapa tempat wisata di Danau Tiga Warna Tomohon adalah sebagai berikut.

1. Suasana yang indah

Area danau dikelilingi oleh pepohonan yang cukup rindang. Suasana di kawasan wisata ini masih sangat asri. Cocok untuk Anda yang ingin mencari waktu tenang yang dikelilingi oleh alam. Tempat wisata ini dikelola dengan baik agar keindahan alamnya tetap terjaga.

2. Udara segar

Mengunjungi Danau Linow bisa menjadi pengalaman yang menyenangkan. Kondisi lingkungan di sekitar danau masih cukup alami dengan udara yang terlihat begitu bersih. Apalagi jika datang ke kawasan danau ini pada pagi hari, udaranya sangat segar dengan kicauan burung yang hidup di pepohonan sekitar.

3. Pemandangan danau dalam tiga warna

Danau Tiga Warna adalah julukan yang melekat pada Danau Linow di Tomohon. Danau yang terbentuk secara alami ratusan tahun lalu ini mengandung belerang atau belerang. Kandungan mineral tersebut menyebabkan perubahan warna air ketika ada sinar matahari di permukaan air danau.

Saat terkena sinar matahari, air danau yang mengandung belerang ini juga memiliki tampilan yang berwarna-warni. Wisatawan bisa melihat tiga warna di air danau ini, yaitu kuning-coklat, hijau dan biru.

4. Ekosistem yang menarik

Kawasan Danau Linow memiliki ekosistem yang menarik dengan beberapa satwa endemik. Salah satunya adalah burung belibis yang bisa dilihat di sekitar lokasi wisata ini. Hewan endemik lainnya adalah Sayak yang biasanya hidup di sekitar danau.

5. Padang Rumput Hijau

Ada padang rumput di tepi danau yang menawarkan pemandangan hijau dan menyegarkan. Pepohonan di sekitar rerumputan juga menambah sejuk suasana. Pengunjung bisa berteduh dan bersantai di bawah pohon untuk menenangkan pikiran.

Kegiatan menarik untuk dilakukan di Lac des Trois Couleurs

Kegiatan Danau Tiga WarnaKredit Gambar: Google Maps wicaksono bijak

Pemandangan indah yang disuguhkan di Danau Linow tentu membuat pengunjung betah berlama-lama di tempat ini. Apalagi ada beberapa kegiatan menarik yang bisa dilakukan di sekitar danau seperti kegiatan berikut ini.

1. Ambil gambar

Pengunjung bisa berfoto di berbagai spot menarik di Danau Linow. Salah satunya adalah di jembatan kayu. Pemandangan danau yang indah ini juga bisa menjadi background foto yang bagus, termasuk bagi Anda yang ingin berfoto prewedding.

2. Piknik keluarga

Danau Linow menjadi salah satu rekomendasi liburan keluarga yang paling menarik. Salah satu cara menikmati liburan adalah dengan piknik bersama di sekitar danau. Tinggal gulung tikar dan makan bekal yang dibawa dari rumah.

3. Nikmati makanan dan minuman di tepi danau

Jika Anda tidak membawa makanan sendiri, Anda bisa membelinya dari warung, restoran atau kafe di sekitar kawasan ini. Anda dapat menikmati makanan dan minuman yang dibeli di sekitar danau atau padang rumput.

4. Mengelilingi danau dengan perahu

Naik perahu pedal memungkinkan Anda untuk berkeliling danau. Namun ada beberapa sisi danau yang mengalirkan mata air panas. Bagian ini biasanya tidak tertutup karena cukup berbahaya.

Fasilitas yang tersedia di Danau Linow

Fasilitas Danau LinowKredit gambar: Google Maps Afrizal Fataad

Telaga ini tampak dikelola dengan sangat baik, termasuk penyediaan fasilitas pendukung. Pengunjung bisa menikmati liburan di danau ini dengan lebih nyaman. Beberapa fasilitas yang disediakan di objek wisata Danau Linow adalah sebagai berikut.

1. Parkir

Tersedia tempat parkir yang cukup luas untuk pengunjung. Area parkir dapat menampung kendaraan, baik roda maupun roda empat. Tempat parkir yang jauh dari area danau sehingga kualitas udara di objek wisata ini dapat terjaga dengan baik.

2. Toilet

Fasilitas ini dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan toilet wisatawan yang berkunjung ke Danau Linow. Pengunjung akan lebih nyaman saat berwisata ke tempat ini, apalagi jika ingin buang air besar.

3. Katering

Wisata alam danau ini relatif murah, namun fasilitasnya cukup lengkap. Ada warung makan yang menjual berbagai hidangan dingin dan minuman kepada pengunjung. Fasilitas ini tentunya akan sangat bermanfaat, terutama bagi wisatawan yang tidak membawa makanan sendiri.

4. Akomodasi

Wisatawan yang menghabiskan liburan di Danau Linow dapat menggunakan fasilitas akomodasi di resort-resort yang berada di sekitar kawasan wisata alam yang indah ini. Akomodasi yang cocok bagi wisatawan yang ingin merasakan suasana malam di kawasan danau ini. Cottage yang nyaman dikelilingi oleh tanaman hijau.

5. Tempat Ibadah

Fasilitas lain yang disediakan oleh pengelola tempat wisata ini adalah tempat ibadah. Sebuah mushola kecil di sekitar danau telah dibangun agar pengunjung tetap bisa beribadah sambil menghabiskan waktu di sekitar danau. Meski hanya bangunan kecil, fasilitas tempat ibadah ini cukup nyaman dan bersih.

6. Sewa perahu pedal

Pengelola kawasan wisata Danau Linow menawarkan jasa sewa pedalo. Tarif sewa per jamnya adalah Rp 50.000 bagi Anda yang ingin berkeliling danau menggunakan perahu.

7. Penyewaan kano

Di sekitar kawasan danau dibangun jalan yang berfungsi sebagai dermaga. Fasilitas penyewaan kano tersedia di lokasi. Wisatawan yang ingin mencoba kano bisa menyewanya dengan harga sekitar Rp 60.000 selama satu jam.

Tiket masuk kawasan Danau Linow

Harga Tiket Danau LinowKredit gambar: Google Maps Danau Linow

Objek wisata ini merupakan salah satu destinasi liburan yang terjangkau. Cocok untuk Anda yang ingin mengisi liburan tanpa harus merogoh kocek terlalu dalam. Tiket masuk objek wisata ini cukup murah yaitu Rp 30.000 per orang.

Setelah membayar tiket masuk, Anda akan diberikan minuman berupa kopi. Cukup tukarkan tiket masuk di kafe sekitar danau.

Objek wisata Danau Linow Tomohon buka setiap hari dari Senin hingga Minggu. Anda bisa mengunjungi tempat wisata ini sesuai dengan jam bukanya, yaitu mulai pukul 08.00 hingga 17.00. Waktu terbaik untuk menikmati keindahan danau tiga warna ini adalah pada pagi dan sore hari.

Alamat dan rute menuju Danau Linow.

Alamat Danau LinowKredit gambar: Google Maps Christian Kariso

Objek wisata alam yang menawan ini mudah dijangkau. Terutama bagi anda yang membawa kendaraan pribadi, motor dan mobil. Lokasinya sekitar 37 km dari pusat kota Tomohon, Sulawesi Utara.

Namun, bagi Anda yang tidak membawa kendaraan sendiri, lokasi Danau Linow dapat diakses dengan transportasi umum seperti bus. Keberadaan objek wisata ini cukup terkenal, sehingga memudahkan wisatawan untuk mencapai lokasi danau ini.

Bagi Anda yang sudah berada di Kota Tomohon, Anda bisa mengambil jalan menuju Tondano. Anda akan menemukan tanda yang menunjukkan lokasi Danau Linow di jalan ini. Ikuti rambu-rambu untuk sampai ke kawasan wisata danau yang indah ini.

Kendaraan dapat parkir di tempat parkir yang disediakan. Perjalanan selanjutnya Anda harus berjalan kaki untuk sampai ke lokasi danau. Jaraknya sekitar 1 km dengan pemandangan perbukitan hijau yang akan menemani perjalanan Anda ke Danau Linow.

Tips jalan-jalan ke Danau Tiga Warna Tomohon

Tips Danau Tiga WarnaKredit Gambar: Instagram Intan Pesona Wisata

Tata letak tempat wisata ini sangat baik sehingga wisatawan dapat dengan nyaman menikmati liburannya di Danau Linow. Jika Anda berencana untuk mengunjungi tempat ini, berikut adalah beberapa tips untuk dipertimbangkan.

  • Bawa makanan agar lebih hemat.
  • Gunakan masker di sekitar danau karena bau belerang cukup kuat.
  • Datanglah di hari yang cerah.
  • Bawa perlengkapan seperti kamera.

Demikian informasi menarik tentang tempat wisata Danau Linow di Tomohon. Pemandangan alam yang indah dengan fasilitas wisata yang lengkap menjadi daya tarik bagi wisatawan yang berkunjung ke kawasan ini.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button