Pantai Sigandu Batang - Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket - WisataHits
wisatahits

Pantai Sigandu Batang – Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Harga tiket: Rp 5.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Sidomulyo, Klidang Lor, Kec. Batang, Kab. Batang, Jawa Tengah; Kasus: Cek lokasi

Pantai, salah satu sudut surga dunia yang banyak dicari orang karena keindahannya. Bicara soal pantai, Indonesia merupakan salah satu negara yang menawarkan pantai-pantai paling eksotis di dunia. Dengan garis pantai beberapa ratus ribu kilometer, tidak salah menjadikan pantai sebagai tujuan wisata utama. Tak sedikit pantai di Indonesia yang menjadi incaran wisatawan domestik maupun mancanegara.

Bicara soal pantai, Kabupaten Batang menghadirkan banyak pantai yang bisa menjadi destinasi wisata menarik. Salah satunya adalah Pantai Sigandu. Tempat liburan yang terletak di bagian utara pulau Jawa ini konon menawarkan kenyamanan bagi pengunjung segala usia, dengan berbagai fasilitas lengkap yang ditawarkan. Ingin menjelajahi pantai Sigandu? Yuk simak ulasannya di sini.

Aktivitas Pantai Sigandu

Aktivitas Pantai SiganduKredit gambar: Google Maps Partho Djjodihardjo

Batang, merupakan sebuah daerah yang terletak di utara pulau Jawa, tepatnya di utara Jawa Tengah. Berkat letak geografis ini, Kota Batang langsung bertemu dengan Laut Jawa yang memberikannya beberapa pantai. Karena letaknya di utara yang membuat ombak pantai tidak terlalu besar dengan pantai yang landai juga sangat nyaman untuk bermain atau sekedar menikmati pemandangan.

Tak hanya itu, ada yang lebih menarik di pantai utara Jawa. Artinya, saat matahari terbenam, pancaran jingga di langit membuat suasana romantis yang ada semakin kuat. Tak heran jika pantai ini banyak dikunjungi wisatawan pada malam hari, karena ingin menikmati suasana romantis yang ditawarkan alam.

Pantai Sigandu memiliki pemandangan alam yang begitu indah dan asri, dengan suasana yang asri dan pasir putih yang cukup bersih dari sampah. Duduk di tepi pantai sambil menikmati pemandangan, pengunjung juga bisa menikmati sejuknya semilir angin yang membelai mereka. Karena memiliki ombak yang relatif tenang, pengunjung pasti diperbolehkan untuk bermain di sekitar pantai.

Selain itu, pantai yang terletak di perairan Jawa ini juga sangat cocok untuk liburan keluarga. Selama kunjungan, Anda bisa bermain air atau bermain pasir bersama anak-anak, dll. Pantai ini juga memiliki hutan mangrove yang juga dijadikan sebagai tempat wisata. Hutan tidak hanya memiliki fungsi untuk menjaga abrasi pantai, tetapi juga menjadi tempat yang indah untuk berfoto.

Alamat dan rute menuju lokasi pantai Sigandu

Alamat pantai siganduKredit gambar: Google Maps Annisa Nur Fadhilah

Pantai Sigandu adalah salah satu pantai di Pulau Jawa Utara yang terletak tepatnya di Desa Klidang Lor, Kecamatan Batang, Kabupaten Batang, Jawa Tengah. Dimana lokasi pantai ini tidak terlalu jauh dari alum-alun Batang. Dari pusat kota, kemudian menuju jalan RE Martadinata untuk sampai ke Klidang Lor. Pengunjung tidak akan merasa bingung, karena pantai ini mudah diakses dari jalan raya hanya dengan mengikuti petunjuk arah.

Jika Anda datang dari pusat kota Batang, perjalanan dapat dilanjutkan ke utara sejauh kurang lebih 4 kilometer. Perjalanan dapat dilakukan dengan menggunakan kendaraan pribadi, baik mobil maupun sepeda motor. Namun jika anda kesulitan mencari lokasi pantai, anda bisa menggunakan fungsi GPS dari smartphone anda atau anda juga bisa bertanya kepada masyarakat sekitar.

Namun jika Anda berencana datang menggunakan angkutan umum, tentu itu bukan masalah besar. Pasalnya, ada jalur angkutan umum untuk menuju pantai andalan di Batang ini. Jika Anda menggunakan bus, Anda dapat berhenti di stasiun bus di kota atau desa tujuan. Setelah itu, Anda bisa melanjutkan perjalanan menggunakan ojek atau kendaraan pribadi menuju lokasi pantai Sigandu Batang.

Harga Tiket Masuk Pantai Sigandu

Harga Tiket Masuk Pantai SiganduKredit gambar: Google Maps Bito Batang

Untuk pemberdayaan dan pemeliharaan pantai, pengelola menetapkan tiket masuk pantai Sigandu. Dimana tiket masuk ke pantai berpasir yang luas ini hanya dibandrol dengan harga Rp 5 ribu per orang. Tiketnya sangat murah, jadi tidak menguras kantong Anda. Namun harga tiket tersebut belum termasuk harga parkir kendaraan.

Harga tiket tergantung pengelola dan dapat berubah sewaktu-waktu, kemungkinan masih tetap atau mengalami kenaikan. Kalaupun meningkat, tentu hanya beberapa persen dan tidak terlalu signifikan. Tapi untuk jaga-jaga, ada baiknya kamu merogoh kocek lebih dalam untuk tiket masuk saat kamu punya rencana liburan ke pantai Sigandu. Siapa tahu tiket masuknya naik.

Aktivitas Menarik di Pantai Sigandu

Aktivitas menarik Pantai SiganduKredit gambar: Google Maps Kurnia Febrianto

Di pantai yang indah, pengunjung tidak hanya bisa mengagumi pemandangan alam yang indah. Wisatawan juga bisa melakukan aktivitas menarik lainnya. Salah satunya mengunjungi Batang Dolphin Center yang merupakan tempat konservasi lumba-lumba. Situs konservasi ini telah bekerja sama dengan Taman Safari Indonesia dan Balai Konservasi Sumber Daya Alam untuk menampilkan atraksi lumba-lumba yang menarik.

Jika Anda ingin melihat atraksi hewan laut yang menggemaskan ini, Anda bisa datang kapan saja. Karena pertunjukan akan berlangsung setiap hari dengan waktu pertunjukan mulai pukul 11.00, 13.00, dan 15.00. Pengunjung tidak hanya bisa melihat atraksi lumba-lumba, tapi juga bebas berfoto bersama. Untuk tiket masuk Batang Dolphin Center mengenakan biaya sebesar Rp 25 ribu per orang.

Tak hanya lumba-lumba, ternyata konservasi ini juga dilengkapi dengan akuarium ikan laut, kolam penyu dan taman safari mini. Di Taman Safari mini, pengunjung dapat menemukan beberapa hewan seperti burung, unta, macan tutul, zebra, orangutan, kuda dan berbagai jenis hewan lainnya. Di taman ini, pengunjung bisa leluasa mengamati beberapa hewan sambil berfoto.

Beberapa hewan bahkan diperbolehkan untuk ditunggangi. Untuk foto dengan satwa akan dikenakan biaya mulai dari Rp 5.000, partisipasi dalam pemberian pakan akan dikenakan biaya sebesar Rp 5.000, sedangkan biaya untuk menunggang kuda atau unta akan dikenakan biaya sebesar Rp 10 miles. Tarif tarif dapat berubah sewaktu-waktu, namun tentunya tidak terlalu signifikan.

Lebih menariknya lagi, di pantai utara provinsi Jawa Tengah ini juga menawarkan arena bermain bagi mereka yang menyukai adrenalin. Karena di pantai ini juga terdapat area keluar yang menyediakan flying fox. Apalagi ada juga yang menyewakan sepeda motor ATV bagi pengunjung untuk berkeliling pantai. Menarik bukan, berbagai aktivitas di pantai andalan kota Batang ini?

Fasilitas yang tersedia di Pantai Sigandu

Fasilitas Pantai SiganduKredit gambar: Google Maps Ceng Chiang

Menjadi pantai unggulan kebanggaan kota Batang, pantai ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Tak hanya berupa kamar mandi atau tempat berkumur, di pantai ini juga terdapat arena bermain untuk anak-anak. Jadi ketika si kecil bosan bermain air, bisa memanfaatkan fasilitas bermain yang ada. Sembari menunggu si kecil, Anda bisa beristirahat sejenak.

Di beberapa tempat juga terdapat gazebo yang bisa digunakan untuk beristirahat atau berteduh dari terik matahari. Bagi yang ingin menikmati pemandangan pantai, bangku panjang juga telah disiapkan di sekitar pantai. Selain itu, ada juga pohon cemara yang melapisi pantai, di mana pohon-pohon ini dapat digunakan untuk piknik keluarga. Anda bisa menggelar tikar di bawah pohon sambil makan siang bersama keluarga.

Tidak hanya memanjakan anak-anak, Pantai Batang City juga menawarkan fasilitas yang tidak biasa dan berbeda dari pantai lainnya. Dimana di lokasi ini terdapat lapangan voli yang bisa digunakan oleh para pengunjung pecinta olahraga. Saat pengunjung lapar, ada warung atau kafe yang berjejer di tepi pantai. Beberapa kafe memiliki desain dan dekorasi bertema tradisional yang menawarkan berbagai hidangan lokal.

Bagi yang suka memancing, di pantai ini juga terdapat kolam pemancingan. Sangat cocok untuk para ayah yang ingin menghabiskan waktu sambil menyalurkan hobi mancingnya sembari anggota keluarga lainnya bermain di pantai. Atau juga bagi anda yang ingin merasakan aktivitas memancing, anda juga bisa mengunjungi tempat memancing ini. Selain pantai, juga memiliki tempat parkir yang luas dan mushola.

Memiliki banyak kunjungan, kota Batang memang tidak setenar kota-kota lain di Jawa Tengah. Namun pesona kota, kini mulai tumbuh. Salah satunya adalah Pantai Sigandu yang terletak hanya 4 kilometer dari pusat kota. Pantai ini cukup lengkap dengan fasilitas penunjang berbagai aktivitas menarik yang bisa dilakukan wisatawan. Ingin mengetahui aktivitas menarik ini? Jangan lupa untuk mengunjungi pantai Sigandu.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button