Kenali British American Tobacco Building, pabrik tembakau era kolonial di Cirebon - WisataHits
wisatahits

Kenali British American Tobacco Building, pabrik tembakau era kolonial di Cirebon

Harga tiket: untuk membebaskan, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Jl.Pasuketan, Lemahwungkuk, Kec. Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat; Kasus: Verifikasi lokasi

Cirebon merupakan salah satu kota tertua di Indonesia. Hal ini bisa dibuktikan dengan banyaknya bangunan bersejarah di kota ini, salah satunya British American Tobacco Building atau disingkat BAT Building. Bukan sekedar bangunan tua, namun bangunan tersebut memiliki banyak nilai sejarah di dalamnya. Bagi warga sekitar, BAT kerap dijadikan tempat wisata sejarah sambil menikmati keunikan bangunannya.

Dari sejarahnya yang panjang, bangunan yang terletak di kecamatan Lemahwungkuk ini menjadi aset sejarah bagi pemerintah kota Cirebon. Setiap harinya banyak dikunjungi pengunjung, baik pagi, senja bahkan malam hari. Banyaknya pengunjung tidak hanya ingin menikmati keunikan bangunan, tetapi juga karena berbagai alasan lainnya. Sayangnya, pengunjung tidak bisa masuk ke dalam untuk melihat isi bangunan, yang didapat hanyalah feeling dari luar.

Namun, mereka tetap senang dengan apa yang dihadirkan dari eksterior gedung. Bukan tanpa alasan, karena beberapa atraksi memikat di sekitar lokasi sayang untuk dilewatkan. Bagi yang belum pernah berkunjung atau penasaran dengan pesona apa saja yang disediakan, silahkan simak ulasan lengkap kami di bab selanjutnya.

Objek Wisata British American Tobacco Building

Objek Wisata British American Tobacco BuildingKredit gambar: Google Maps Muhammad Iqfha Nurhidayat

Setiap objek pati memiliki daya tarik yang membuat pengunjung siap datang ke sana. Meski hanya berupa bangunan yang interiornya tidak bisa dilihat, British American Tobacco Building tetap menyita hati banyak wisatawan. Mulai dari nilai sejarah hingga keunikan bangunannya, semuanya menarik untuk disimak.

1. Nilai sejarah

Bangunan pinggir jalan raya ini pertama kali dibangun pada masa kolonial, tepatnya pada tahun 1917 oleh Perusahaan Rokok Indo Mesir. Hanya saja pada tahun 1924 perak tersebut direnovasi oleh dua orang arsitek bernama Eduard Cuypers dan Hulswit. Setahun kemudian, tepatnya tahun 1925, gedung ini dibeli oleh perusahaan rokok ternama, PT British American Tobacco. Ada alasan tersendiri mengapa perseroan mempertimbangkan gedung BAT, salah satunya adalah kawasan konstruksi.

Pada tahun 1930, perusahaan rokok Amerika mencetak rekor yang masih dipegang hingga saat ini. Rekornya dalam produksi rokok, sehari bisa menghasilkan 17,5 juta batang rokok pada puncaknya. Kemudian pada tahun 1943, kegiatan produksi terhenti, lebih tepatnya pada masa Perang Dunia ke-2. Memang, Gedung British American Tobacco diambil alih oleh pemerintah Jepang.

Tidak berlangsung lama, pada tahun 1949 perusahaan rokok mulai aktif kembali dengan nama baru yaitu BAT Manufacture Indonesia Limited. Setelah sekian lama beroperasi dan karena berbagai faktor, pabrik rokok Amerika ini akhirnya berhenti beroperasi pada 2010. Semua peralatan produksi dipindahkan sehingga ruang interior kosong. Karena sejarahnya yang panjang ini, balai kota Cirebon menjadikannya sebagai tempat bersejarah.

2. Keunikan bangunan

Daya tarik bangunan selanjutnya cukup unik dengan desain Art Deco. Pengunjung dapat dengan jelas melihat gaya dari eksterior bangunan. Terdapat tulisan ‘Anno 1924’ di salah satu bagian yang menandakan pertama kali bangunan ini direnovasi. Luas bangunan kurang lebih 1 hektar dengan dua tingkat. Gaya klasik muncul dari atap yang masih berubin hingga saat ini.

Semua dinding dicat putih, hanya tulisan “Anno 1924” yang berlatar belakang hitam dengan tulisan putih. Dengan warna-warna tersebut, siapa sangka saat senja memiliki efek cahaya yang luar biasa berkat pancaran sinar matahari. Tak heran jika banyak wisatawan lebih banyak menghabiskan waktu mengunjungi British American Tobacco Building pada sore hari.

3. Suasana damai

Meski berada di pinggir jalan raya, namun bisa dipastikan tidak ada kendaraan yang melintas. Kesunyian ini ternyata menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Apalagi di pagi atau sore hari, Anda bisa bersantai sambil menunggu matahari terbenam memantulkan sinarnya di dinding.

Trotoar di samping gedung cukup lebar, pengunjung bebas dan aman duduk santai di lokasi. Di samping trotoar, terdapat pot-pot dengan pepohonan hijau menghiasinya. Manfaatnya tentu tidak hanya dekoratif, tapi juga membuat udara terlihat lebih segar dan segar. Secara keseluruhan, suasana Gedung British American Tobacco cukup damai dan tenang, ideal sebagai alternatif wisata santai.

Tidak hanya pada pagi dan sore hari, pada malam hari juga banyak pengunjung. Lampu-lampu hias di sekeliling gedung memiliki daya tarik tersendiri. Susana segar dan dingin begitu terasa begitu tiba di lokasi. Di pinggir jalan terdapat banyak penjual makanan dengan berbagai menu lengkap, sehingga tidak perlu membawa bahan makanan dalam perjalanan menuju gedung.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Gedung British American TobaccoKredit gambar: Google Maps Nadia

Secara administratif, Gedung BAT terletak di Jl. Pasuketan, Lemahwungkuk, Kecamatan Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat. Lokasinya bersebelahan dengan Bank Mandiri dan Cirebon Mall jadi tidak susah mencarinya. Anda bisa menggunakan kendaraan umum atau pribadi untuk menuju ke sana. Keduanya mudah diakses melalui jalan yang sangat bagus, karena berada di jalan raya utama.

Jika Anda dari arah tol Palimanan, silakan ambil arah Jalan Dr. Setiabudi di jalan Cileunyi-Palimanan. Arahkan kendaraan menuju Jalan Tuparev yang melintasi Jalan Kartini hingga tiba di Jalan Sisingamangaraja. Kemudian silahkan putar kendaraan saat berada di bundaran pelabuhan Simpang. Tak jauh dari situ, Anda akan melintasi Jalan Pasuketan, tempat Gedung British American Tobacco berada.

Harga tiket masuk objek wisata

Harga Tiket British American Tobacco BuildingKredit gambar: Twitter 黄慧琳

Meski memiliki berbagai daya tarik dan kelebihan, namun tidak ada akses masuk ke dalam gedung, pengunjung hanya menikmati bagian luarnya saja. Artinya, tidak ada biaya retribusi yang perlu dikeluarkan, alias gratis. Ini tidak berarti bahwa tidak ada biaya yang dikeluarkan.

Anda masih harus membayar biaya parkir sebesar 2.000 rupiah untuk sepeda motor dan 5.000 rupiah untuk mobil. Selain itu, ada juga biaya lain jika ingin menikmati masakan atau permainan di sekitar lokasi.

Kegiatan menarik untuk dilakukan di bangunan bersejarah

Kegiatan di bangunan bersejarahKredit gambar: Google MPAS Tofan Tofan

British American Tobacco Building menawarkan berbagai aktivitas menarik untuk dilakukan. Tentunya setiap objek wisata sama yang juga menjadi daya tarik utama. Kegiatan yang dilakukan sebagian besar pengunjung hampir sama. Buat kamu yang masih bingung dan belum punya gambar ini, ide kegiatan berikut mungkin bisa jadi pilihan!

1. Manfaatkan karakter bangunan yang unik

Setiap wisatawan yang berkunjung ke gedung BAT hampir pasti memiliki tujuan utama untuk menikmati keunikan bangunan tersebut. Beberapa hal unik yang telah disebutkan di atas bisa menjadi daya tarik pengunjung. Apalagi jika luasnya sekitar 1 hektar, Anda bisa puas menikmati keindahannya sambil berkeliling gedung.

2. Joging

Jika datang pada pagi atau sore hari, banyak pengunjung yang datang hanya untuk lari atau jogging. Letak trotoar yang cukup luas memungkinkan kegiatan ini dilakukan. Apalagi jika jalanan di sekitar Gedung British American Tobacco jarang dilalui kendaraan bermotor, sehingga masih tergolong tidak berpolusi. Di sore hari, ada hal menarik lainnya yang juga bisa dilihat sambil berlarian dengan tenang, yaitu menikmati matahari terbenam yang menerangi dinding bangunan.

3. Bersepeda

Kegiatan ini tidak dapat dilakukan bagi wisatawan yang datang jauh dari tempat tersebut. Namun, bagi wisatawan lokal, bersepeda menjadi kegiatan wajib saat akhir pekan tiba. Jalan yang sepi adalah alasan utama mereka terus berkendara dengan aman. Suasana nyaman dan tentram juga tak lupa selalu mengiringi setiap ayunan sepeda yang dikayuh.

4. Ambil gambar

Kegiatan menarik di bangunan bersejarahKredit gambar: Google Maps Gilang Primada

Kegiatan apa yang harus Anda lakukan saat bepergian? Tentu saja mengambil gambar. Anda juga dapat melakukannya di British American Tobacco Building. Bahkan, sebagian besar tujuan utama pengunjung adalah menjadikan latar belakang gedung sebagai foto. Sayang sekali jika bangunan unik ini tidak terlihat saat Anda mengunjunginya. Pada malam hari, latar lampu hias di sekeliling gedung juga cantik dan sayang untuk dilewatkan.

5. Wisata Kuliner

Selain kegiatan yang disebutkan di atas, Anda bisa berburu kuliner di gedung BAT. Tak hanya makanan khas Cirebon, tapi juga aneka jajanan dengan cita rasa yang nikmat. Ada juga jenis makanan modern di beberapa warung yang berjejer rapi. Untuk mendapatkan menu yang lebih lengkap, silahkan datang dari sore hingga malam hari. Karena saat ini hampir semua lapak mulai buka dan melakukan kegiatan penjualan.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas konstruksi British American TobaccoKredit gambar: Facebook Anang Abudin

Secara teknis, pengunjung tidak mendapat fasilitas dari pengelola gedung BAT. Hanya saja di sekitar lokasi Anda bisa menikmati berbagai fasilitas yang ada. Fasilitas yang dimaksud adalah toilet, masjid sebagai tempat ibadah, dan juga tempat parkir.

Hampir di sepanjang jalan tempat wisata juga terdapat warung makan dan penjual minuman. Bagi yang membawa keluarga, silahkan memanfaatkan fasilitas berupa area bermain anak. Sebagian besar fasilitas tersebut harus mengeluarkan biaya tambahan, namun tidak terlalu mahal dan tetap terjangkau.

Lokasinya yang mudah dijangkau membuat British American Tobacco Building selalu ramai pengunjung. Gedung ini buka setiap hari selama 24 jam, namun bagi anda yang menyukai keramaian silahkan datang di akhir pekan. Selalu menjaga kebersihan dan menetapkan aturan demi keamanan dan kenyamanan bersama.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button