Pantai Air Manis, nikmati indahnya pantai berpasir penuh legenda di Padang - WisataHits
wisatahits

Pantai Air Manis, nikmati indahnya pantai berpasir penuh legenda di Padang

Pantai Air Manis, nikmati indahnya pantai berpasir penuh legenda di Padang

Mengunjungi kota Padang tidak lengkap rasanya jika tidak mengunjungi Pantai Air Manis. Pantai favorit yang terdapat patung legenda Malin Kundang.

Harga tiket: Rp5.000 Jam operasional: 09.00-17.00 WIB, Alamat: Kecamatan Padang Selatan, Kota Padang, Sumatera Barat; Kasus: Verifikasi lokasi

Pesona yang ada di seantero nusantara tidak hanya menampilkan keindahan alam. Namun, banyak juga cerita rakyat yang beredar di masyarakat Indonesia. Salah satu kisah legenda yang paling populer adalah kisah Malin Kundang. Pantai Air Manis merupakan salah satu tempat yang menjadi dasar legenda tersebut.

Hal inilah yang menjadi daya tarik tersendiri dan menjadikan tempat wisata bahari ini selalu ramai dikunjungi wisatawan di Padang, terutama saat liburan. Selain menyimpan legenda, pemandangan alam yang disajikan di pantai cantik ini juga bisa memanjakan mata setiap orang yang datang berkunjung.

Hamparan pasir berwarna coklat keputihan dan ombak yang bersahabat semakin menambah keindahan alam yang terdapat disana. Pantai yang mempesona ini terletak di balik pegunungan, sehingga dapat memberikan suasana yang nyaman dan tentram. Di sekelilingnya ditumbuhi berbagai jenis pohon yang membuat pesonanya semakin terasa.

Daya tarik pantai Air Manis

Objek Wisata Pantai Air ManisKredit gambar: Google Maps Al Hafizh PRM

Keindahan yang disuguhkan di pantai ini membuat banyak orang berbondong-bondong untuk mengunjunginya. Ditambah dengan keberadaan legenda nusantara yang paling terkenal, tempat wisata indah ini tidak pernah sepi wisatawan. Beberapa daya tarik yang dimiliki oleh pantai Air Manis yang indah ini antara lain :

✦ Kisah fenomenal legenda Malin Kundang

Kisah yang mengisahkan seorang anak yang durhaka kepada ibunya telah menjadi legenda yang sangat dikenal masyarakat Indonesia. Pantai menawan di pulau Sumatera ini erat kaitannya dengan legenda yang sangat populer ini. Batu yang terlihat seperti anak laki-laki yang sedang membungkuk itu memang benar keberadaannya.

Hal inilah yang membuat orang datang berkunjung, karena ingin melihat patung tersebut dari dekat. Meski keadaan patung sudah sedikit terendam air, namun setiap detailnya masih bisa terlihat dengan jelas. Di sekitar patung Malin Kundang juga terdapat berbagai ornamen pecahan kapal yang menambah kesan unik.

✦ Nikmati pasir yang indah

Daya tarik selanjutnya yang selalu membuat pesona pantai Air Manis kangen adalah hamparan pasirnya yang indah. Warnanya coklat muda dan terlihat lebih mengkilat, dengan tekstur lembut yang membuat kaki berjalan di atasnya terasa nyaman. Hal inilah yang membuat banyak orang betah bermain dan berlama-lama di pantai.

Tak bisa dipungkiri, suasana di pantai terpopuler di Kota Padang ini mampu menghipnotis wisatawan berlibur. Banyak aktivitas yang bisa dilakukan di sini, terutama di sekitar pantai. Mulailah dengan sekadar berjalan-jalan menikmati deburan ombak di pantai atau bermain pasir.

✦ Suasana damai saat matahari terbenam

Momen yang paling dinantikan di Pantai Air Manis adalah saat matahari terbenam, semburan warna jingga di langit membuat suasana menjadi damai. Peristiwa tersebut dapat memberikan tampilan alam yang luar biasa indah. Bermain di sore hari juga lebih nyaman.

Karena sunburn tidak terasa terlalu ekstrim, beda halnya ketika siang hari. Saat matahari sedang terik, tentunya wisatawan tidak bisa bermain dengan bebas dan nyaman. Namun jika Anda berkunjung pada siang hari, biasanya banyak pengunjung yang hanya memanfaatkan waktunya untuk bersantai di pantai.

Selain itu, saat ini sudah banyak tersedia berbagai jenis makanan dan stan souvenir. Dengan demikian, wisatawan yang datang bisa membeli makanan khas Padang yang tersedia, sambil menikmati keindahan pantai eksotis ini. Selain itu juga terdapat tempat seperti saung sebagai tempat istirahat para wisatawan yang berkunjung.

✦ Gelombang ramah

Obyek wisata bahari ini juga sering digunakan untuk kegiatan surfing. Deburan ombak di pantai yang menerjang Padang cukup kencang. Suara ombak dari pantai juga sangat keras, yang membuat suasana semakin seru dan menyenangkan untuk berselancar. Namun Anda tidak perlu khawatir, karena ombak ini masih tergolong aman.

Oleh karena itu wisatawan yang datang tidak perlu takut untuk bermain di pantai, karena ombak pantai yang indah ini masih tergolong aman dan tidak berbahaya. Aktifitas atau aktivitas di pantai masih bisa dinikmati seperti berenang, bermain pasir atau sekedar merasakan deburan ombak di kaki.

✦ Mengunjungi Pulau Pisang Ketek

Di sisi lain pantai Air Manis terdapat sebuah pulau kecil yang ditumbuhi berbagai jenis pohon. Inilah yang membuat warna pulau ini hijau dari jauh. Pulau mini ini jaraknya sangat dekat, hanya setengah kilometer dari bibir pantai.

Namun, pulau ini hanya bisa dikunjungi pada waktu-waktu tertentu, terutama saat air laut sedang surut. Jadi wisatawan tinggal jalan kaki ke pulau cantik ini. Pada malam hari kondisi air laut akan mengalami pasang surut, sehingga diperlukan moda transportasi laut untuk melintasinya dari dan ke dataran pantai.

Alamat, lokasi rute dan tiket masuk

Alamat Pantai Air ManisKredit gambar: Google Maps Nabiha Mashut (Bie)

Lokasi Pantai Air Manis yang terkenal berada di belakang Gunung Agung, atau alamat lengkapnya berada di Kecamatan Padang Selatan, Kota Padang, Sumatera Barat. Akses ke pantai ini juga sangat mudah, wisatawan bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun umum. Jika Anda menggunakan mode privat, sebaiknya gunakan Google Maps sebagai bantuan navigasi.

Namun jika Anda memilih angkutan umum, Anda bisa menggunakan bus yang memiliki rute Lubuk Buaya-Pasar Raya kemudian menuju Jalan Raya Teluk Bayur. Setelah itu, Anda bisa berhenti di perempatan tersebut dan menggantinya dengan alat transportasi lain seperti ojek atau angkutan umum.

Harga masuk ke Pantai Air Manis cukup murah yaitu Rp 5.000 pada hari biasa. Selama ini, pada hari libur nasional atau akhir pekan, harga tiket sedikit lebih mahal yakni Rp10.000.

Kegiatan yang menarik untuk dilakukan

Aktivitas menarik di Pantai Air ManisKredit gambar: Google Maps Fauzi ST

Beberapa kegiatan yang bisa dilakukan saat mengunjungi pantai yang terletak di kota Padang ini antara lain:

1. Berjalan-jalan di pantai

Pasir pantai wisata bahari cantik ini cukup lembut karena bentuknya yang landai, sehingga cocok dijadikan tempat untuk menjernihkan pikiran dari hiruk pikuk disana. Wisatawan dapat berjalan-jalan di sepanjang pantai, sambil menikmati pemandangan sekitarnya.

2. Berfoto di Pantai Air Manis

Latar belakang yang indah bisa menjadi pilihan yang tepat untuk mengambil foto yang estetik. Apalagi di sore hari menjelang sunset, suasana damai dengan langit jingga bisa menjadi pemandangan yang indah untuk diabadikan.

3. Mainkan wahana sepeda gunung

Di pantai Air Manis terdapat tempat yang menyediakan kendaraan wisata yang dapat digunakan untuk berkeliling pantai yaitu sepeda gunung. Hanya dengan Rp 100.000 per jam, wisatawan sudah bisa menggunakannya untuk menjelajahi seluruh pantai tanpa harus berjalan kaki.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Pantai Air ManisKredit gambar: Google Maps Masril Rustam

Jika anda sedang berkunjung ke tempat wisata yang menjadi sumber legenda terkenal, anda tidak perlu khawatir, fasilitas yang tersedia saat ini cukup lengkap untuk menjamin kenyamanan setiap orang yang datang.

Salah satunya adalah adanya toilet yang selalu bersih. Kamar mandi untuk ruang ganti atau membilas kamar setelah bermain pasir di pantai juga tersedia. Bagi yang membawa anak-anak, tempat bermain yang menawarkan wahana lengkap bisa menjadi tempat yang menyenangkan.

Tak jauh dari taman bermain anak terdapat tempat parkir yang sangat luas, bahkan bisa menampung bus wisata. Ada juga fasilitas istirahat dan warung makan. Jadi, wisatawan bisa dengan mudah menemukan berbagai jenis hidangan seafood dan masakan Padang di sini.

Pantai menjadi salah satu pilihan tempat wisata favorit masyarakat untuk berlibur. Salah satu pantai yang paling populer dikunjungi oleh banyak wisatawan adalah Pantai Air Manis. Keunikan dan keindahannya membuat pantai indah ini tidak pernah sepi pengunjung, baik lokal maupun wisatawan dari luar kota Padang.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button