Pantai Rancabuaya, pantai unik berpadu dengan indahnya air terjun di Garut - WisataHits
wisatahits

Pantai Rancabuaya, pantai unik berpadu dengan indahnya air terjun di Garut

Harga tiket: Rp 5.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Jl. Buaya Ranca, Purbayani, Kec. Caringin, Kab. Garut, Jawa Barat; Kasus: Cek lokasi

Pantai Rancabuaya merupakan salah satu objek wisata tepi laut di Garut. Pantai ini memiliki pasir putih bersih yang kontras dengan pemandangan alam. Karena warna pasir putih dan teksturnya yang halus menyatu dengan panorama yang disajikan, pantai ini menjadi salah satu favorit wisatawan, baik domestik maupun mancanegara.

Pemandangan lautan yang luas dari tempat ini seolah memukau para pengunjung yang datang. Tak hanya itu, perpaduan biru dan hijaunya air laut turut membantu menghadirkan pemandangan alam yang eksotis. Anda juga bisa merasakan deburan ombak dari bibir pantai dan angin sepoi-sepoi yang dibawa oleh ombak di pantai ini. Sangat direkomendasikan sebagai tujuan liburan.

Pengunjung Pantai Rancabuaya dapat merasakan kelengkapan fasilitas yang disediakan oleh pengelola pantai. Fasilitas yang disediakan sangat lengkap, mulai dari tempat parkir mobil yang luas, toilet, hingga banyak hotel untuk bermalam. Serta beberapa gazebo khusus bagi pengunjung yang ingin bersantai di pantai eksotis ini. Fasilitas yang tersedia dapat memenuhi kebutuhan liburan wisatawan

Daya Tarik Pantai Rancabuaya

Objek Wisata Pantai RancabuayaKredit gambar: Google Maps Ryanto Amandita

Pantai indah ini menjadi salah satu destinasi palancong favorit di antara sekian banyak pantai di Garut. Banyak wisatawan yang datang ke Pantai Rancabuaya karena tertarik dengan pesonanya.

1. Panorama eksotis yang disajikan

Berdasarkan nama yang diberikan, Rancabuaya mengandung dua kata, yaitu ranca yang berarti rawa dan kata lainnya adalah buaya. Meski namanya terdengar menyeramkan, wisatawan tak perlu khawatir. Padahal, nama pantai ini berbanding terbalik dengan kenyataannya. Pemandangan eksotis yang disuguhkan sangat mempesona dan tentunya jauh dari kata menakutkan.

Pantai Rancabuaya memiliki bentang alam yang tak terbantahkan karena keindahannya. Warna putih bersih dari ombak yang menggulung birunya lautan membawa semilir angin yang sejuk. Sehingga menjelang siang pun udara di sekitar pantai tetap sejuk. Tidak hanya ombaknya yang indah, perpaduan biru laut dan pasir putih yang lembut juga menambah keindahan pantai ini.

Wisatawan juga bisa merasakan keindahan pantai ini saat matahari terbenam. Senja menjadi hal yang ditunggu-tunggu oleh para penikmat senja. Nah, jika waktu sore sudah dekat, tepatnya sebelum matahari terbenam. Pantai ini akan menunjukkan keindahannya yang maksimal. Pemandangan eksotis tak luput dari pantai pasir putih ini. Dijamin pengunjung akan merasa puas berada di sini.

2. Ada air terjun yang ikonik

Objek wisata ini banyak didatangi pengunjung tepatnya pada saat-saat seperti liburan Tahun Baru.Wisatawan mulai berdatangan karena pantai ini memiliki pemandangan yang eksotis seperti pantai-pantai Bahama. Tidak hanya pemandangan alam yang menjadi daya tarik utama, namun air terjun yang mengalir di dekat pantai juga menjadi daya tarik lainnya.

Sungguh suatu hal yang mengejutkan jika di sebuah pantai terdapat air terjun. Posisi air terjun yang umumnya berada di ketinggian cukup mengejutkan ketika bergesekan dengan pantai-pantai di zona rendah. Namun berbeda dengan eksotisme pantai Rancabuaya. Selain menyuguhkan pemandangan yang tiada tara, di pantai ini juga terdapat air terjun.

Air terjun objek wisata ini memiliki air yang jernih dan jauh dari pencemaran. Tidak hanya air terjun yang menjadi ikon, tetapi juga pemandangan hijau yang indah di sekitar air terjun yang menjadi favorit para pengunjung. Pemandangan jernihnya air yang mengalir dan lumut hijau yang mengelilingi air terjun merupakan kombinasi indah yang hanya dimiliki oleh pantai eksotis ini.

3. Keanekaragaman biota laut yang luar biasa

Daya tarik lain dari pantai eksotis ini adalah keanekaragaman biota laut yang indah. Tidak hanya menampilkan keindahan pantai, objek wisata ini juga memiliki keanekaragaman biota laut yang bagus. Pantai Rancabuaya memiliki banyak jenis biota laut yang tidak kalah indahnya dengan pantai-pantainya. Wisatawan yang berkesempatan melihat keindahan biota laut ini pasti akan merasa takjub.

Wisatawan tidak perlu khawatir untuk menyelam ke kedalaman hanya untuk melihat keindahan biota laut, tunggu saja air di pantai ini surut di sore hari, Anda akan melihat berbagai biota laut yang eksotis. Banyak nelayan juga memanfaatkan kesempatan ini untuk berburu ikan di dekat terumbu karang.

Dengan keanekaragaman biota laut di pantai ini, menjadikannya pantai favorit bagi para wisatawan. Tidak hanya cantik secara tampilan, namun juga keindahan biota laut pantai ini tidak terbantahkan. Sangat direkomendasikan untuk pengunjung yang ingin datang bersama keluarga, dijamin pengalaman liburan paling berkesan.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pantai RancabuayaKredit gambar: Google Maps Iyan Azh

Pantai Rancabuaya adalah salah satu pantai eksotis yang terletak di Garut, Jawa Barat. Destinasi wisata eksotis ini berjarak sekitar 135 km dari pusat kota Garut. Meski lokasinya jauh dari hiruk pikuk kota Garut, akses pantai dinilai memadai dan sudah beraspal. Tentu ini menjadi keunggulan lain dari pantai eksotis ini.

Waktu tempuh untuk mengunjungi pantai ini bervariasi mulai dari 4 jam dari kota Garut. Waktu tempuh ini juga tergantung dari jumlah wisatawan yang datang, biasanya saat libur tahun baru dan libur kerja semakin dekat, jalan menuju lokasi akan sedikit ramai mengingat keindahan pantai ini yang menarik orang untuk datang kesini.

Pengunjung dapat menggunakan kendaraan umum atau pribadi seperti mobil dan sepeda motor untuk mengunjungi pantai. Wisatawan yang datang dapat memarkir kendaraannya di tempat parkir yang luas di Pantai Rancabuaya, sehingga pengunjung yang berniat mengunjungi pantai ini tidak perlu khawatir dengan lahan parkir yang sempit karena pengelola pantai telah menyediakan tempat parkir yang memadai.

Wisatawan yang berada di Garut dapat mengambil jalan raya Garut – Cikajang kemudian menuju ke arah Jalan Margawati. Setelah itu melanjutkan perjalanan menuju Bratayudha dan Jalan Pasundan. Kemudian ke Jalan Papandayan dan kemudian ke Jalan Cimanuk. Setelah sampai di Jalan Cimanuk, lanjutkan perjalanan menuju jalan raya Cisarupan – Cikajang menuju Jalan Cidatar hingga Jalan Amblas dan Cipang Ramatan.

Setelah sampai di Cipang Ramatan, lanjutkan perjalanan menuju Jalan Ciparay lalu ke selatan hingga bertemu dengan jalan raya Cihurip dan Cisompet. Tiba di jalan raya Cidogeg, menuju ke barat di pertigaan Jalan Cilauteureun. Setelah sampai di sini, lanjutkan perjalanan hingga menemukan Jalan Rancabuaya. Kemudian terus berjalan sampai Anda menemukan objek wisata tujuan.

Harga tiket masuk objek wisata

Harga tiket atraksiKredit Gambar: Facebook Jelajahi Indonesia

Pantai Rancabuaya terletak cukup jauh dari pusat kota Garut, yaitu 135 km. Meski letaknya terpencil, pengunjung yang berkunjung ke pantai ini tidak pernah merasa rugi dengan biaya yang harus dikeluarkan untuk mengunjunginya. Karena wisatawan puas melihat keindahan yang disuguhkan, mulai dari pasir putih, air terjun, warna biru laut, hingga udara segar di sini.

Wisatawan yang ingin mengunjungi pantai ini bisa naik bus dari Garut-Pamengpeuk. Pengunjung yang menggunakan bus akan dikenakan tarif Rp 35.000. Kemudian perjalanan dapat dilanjutkan dengan menggunakan pick up menuju Shayangheulang dengan tarif Rp 15.000. Setelah itu, wisatawan dapat menyewa sepeda motor untuk sampai ke tujuan.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Pantai Rancabuaya

Aktivitas di Pantai RancabuayaKredit gambar: Google Maps Ceng Chiang

1. Menikmati sunset ditemani pemandangan yang eksotis

Tidak perlu diragukan lagi keindahan yang disuguhkan pantai Rancabuaya ini, apalagi saat waktu sunset mendekat. Wisatawan yang berkunjung bisa bersantai ditemani pemandangan eksotis sambil menyaksikan detik-detik sunset. Kehangatan cahaya sore dengan cahaya jingga yang redup juga melengkapi keindahan sunset di sini.

2. Manjakan mata dengan view air terjun

Air terjun di sekitar pantai tidak kalah indahnya dengan objek wisata utama. Dengan udara segar pepohonan hijau dan suara gemericik air yang menyejukkan jiwa, sangat cocok bagi wisatawan yang ingin bersantai dan memanjakan mata dengan keindahannya. Wisatawan yang berkunjung wajib menjaga kebersihan di sini, itulah sebabnya kawasan di sini sangat bersih dari sampah.

3. Lihat berbagai biota laut yang mempesona

Tidak hanya pemandangan Pantai Rancabuaya saja yang patut diacungi jempol, namun keindahan bawah laut pantai yang indah ini juga patut diacungi jempol. Wisatawan bisa melihat berbagai biota laut yang hidup di bebatuan. Tak perlu ke tengah pantai, wisatawan bisa menunggu hingga sore hari. Air di pantai ini akan surut dan menampakkan keindahan bawah lautnya sendiri.

Penginapan murah di sekitar pantai

Menginap di Pantai RancabuayaKredit gambar: Google Maps Villa Jaya Sakti

1. Akomodasi Rancabuaya

Hostel ini merupakan hostel terdekat, 30 meter dari pantai. Dengan menginap di hostel ini, pengunjung bisa langsung menikmati pemandangan pantai tanpa harus keluar dari area hostel. Mengusung tema tradisional dengan ornamen kayu membuat pengalaman liburan semakin berkesan.

2. Villa Jaya Shakti

Hostel ini memiliki 3 lokasi berbeda yaitu Villa Jaya Sakti 1, 2 dan 3. Villa Jaya Sakti 1 memiliki view langsung ke Pantai Rancabuaya. Fasilitas yang disediakan villa ini sangat lengkap, mulai dari AC, televisi, kipas angin, kamar mandi pribadi dan lain-lain. Dekorasi yang ditata oleh hostel ini memiliki nuansa minimalis namun tidak kekurangan nuansa kemewahan.

3. Vila Pantai Nagla

Lokasi villa ini hanya 500m dari objek wisata pantai. Mengusung tema Bali dengan penambahan kolam renang di area villa, villa ini menjadi favorit. Tidak hanya itu, hostel ini juga difasilitasi oleh 5 kamar yang cukup besar dengan tambahan bungalow. Sangat direkomendasikan untuk pelancong yang lelah setelah bermain di pantai.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Rancabuaya Garut

Fasilitas di Pantai RancabuayaKredit gambar: Google Maps Naha Asneverwas

Fasilitas yang disediakan pengelola wisata pantai ini cukup lengkap dan memadai. Pengunjung bisa menikmati panorama pantai sambil ditunjang dengan fasilitas yang ditawarkan. Selain itu, pengunjung dapat piknik kecil di gazebo dengan makanan yang tersedia dari warung makan. Selain itu, fasilitas umum seperti tempat parkir yang luas juga tersedia.

Demikian beberapa informasi menarik tentang pantai Rancabuaya yang hits di Garut. Pantai ini masih tergolong asri dan sangat jauh dari kata sampah. Air terjun di pantai ini masih sangat jernih dan belum tercemar. Tugas kita selanjutnya adalah menjaga kebersihan dengan membuang sampah pada tempatnya demi kelestarian lingkungan yang asri.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button