Sejarah Garut Dijuluki Kota Intan, Ternyata Sang Proklamator Yang Memberi Gelar Itu, Ini Alasannya - WisataHits
Jawa Barat

Sejarah Garut Dijuluki Kota Intan, Ternyata Sang Proklamator Yang Memberi Gelar Itu, Ini Alasannya

DESKJABAR – Garut dikenal sebagai kota intan. Ternyata gelar itu tidak diberikan oleh siapapun.

Presiden Soekarno-lah yang memberi Garut julukan Kota Intan saat itu. Hal ini dilakukan oleh Proklamator Indonesia pada tahun 1960-an. Saat itu Bung Karno sedang melakukan kunjungan dinas.

Ada alasan kuat kenapa Garut dinobatkan sebagai Kota Intan. Bung Karno terkesan dengan lingkungan Garut yang sangat bersih dan memiliki pemandangan yang indah. Ia juga menilai masyarakat Garut tertib dan membuat tamunya nyaman.

Baca Juga: Kembali ke Bandung? Yuk wisata kuliner, berikut 5 bakso viral yang enak banget dan banyak dikunjungi pembeli

Berdasarkan fakta tersebut, Bung Karno menyatakan Garut sebagai kota intan dalam pidatonya di Babancong. Berlian bukanlah batu permata dalam arti sebenarnya, melainkan kependekan dari indah, rapi, aman dan nyaman.

Namun di balik singkatnya, Garut dipandang sebagai berlian yang memancarkan cahaya gemerlap.

Tidak hanya terkenal dengan kota intan, Garut juga memiliki julukan lain, misalnya Kota Dodol, Swiss van Java, Garut Mooi (Garut yang indah), Garut Pangirutan.

Baca juga: GEMPA Garut Hari Ini, Sabtu 3 Desember 2022, Sore Dikagetkan Warga Kota Ciamis

Garut, kota kecil yang juga punya sejarah. Banyak ulama atau tokoh yang telah memberikan kontribusi besar bagi bangsa dan negara Indonesia. Sebut saja KH Mustafa Kamil, KH Yusuf Tauziri, KH Anwar Musaddad, KH Badruzaman, KH Muhammad Munir, Aruji Kartawinata dan lainnya.

Dengan caranya masing-masing, para ulama ini turut membantu mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia. Peran ulama Indonesia dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia tidak boleh diremehkan. Bahkan hari ini.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button