Pantai Rancabuaya Garut - Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket - WisataHits
wisatahits

Pantai Rancabuaya Garut – Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi dan Harga Tiket – Pantai Rancabuayasalah satu pantai terindah di Garut dengan pesona alamnya yang mempesona dan gugusan karang yang terjal.

Harga tiket: Rp 5.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Purbayani, Kec. Caringin, Kab. Garut, Jawa Barat; Kasus: Cek lokasi

Pantai Rancabuaya merupakan salah satu tujuan wisata pantai di kabupaten Garut. Pantai yang terletak di Desa Purbayani ini berjarak sekitar 135 km dari pusat kota Garut. Secara administratif, pantai ini dibatasi pada setiap sisi wilayahnya. Di sebelah utara pantai Rancabuaya berbatasan langsung dengan desa Caringin, di sebelah timur berbatasan dengan desa Sinarjaya. Sebelah selatan berbatasan langsung dengan Desa Indralayang. Sedangkan bagian barat berbatasan dengan Samudera Hindia.

Rancabuaya memiliki arti khusus yaitu Ranca yang artinya pinggir laut.Pantai menawan ini memang berbentuk seperti buaya yang meregangkan badan ke arah laut.Oleh karena itu pantai ini dinamakan Pantai Rancabuaya.

Daya Tarik Pantai Rancabuaya

Objek Wisata Pantai RancabuayaKredit gambar: Google Maps Novian Air

Objek wisata bahari yang terletak di Purbayani, Garut, Jawa Barat ini memiliki pesona keindahan alam yang tiada duanya. Penduduk lokal daerah Purbayani juga sangat ramah terhadap wisatawan yang datang, baik lokal maupun mancanegara.

1. Matahari terbenam yang menakjubkan

Meskipun secara geografis letak pantai ini berada di bagian selatan Samudera Hindia, namun pantai Rancabuaya memiliki kemiringan yang menghadap ke barat. Kemiringan ini cukup bagi wisatawan untuk menikmati pesona sunset yang indah.

Banyak wisatawan memilih datang ke pantai ini pada sore hari hanya untuk menikmati keindahan matahari terbenam. Panorama matahari terbenam dengan warna jingga keemasan akan memantulkan cahayanya di permukaan air laut, sehingga warna air laut pun seolah berubah menjadi keemasan.

2. Fenomena air terjun yang indah

Daya tarik lain yang dimiliki Rancabuaya adalah air terjun yang berasal dari tebing yang menghadap ke laut. Tebing mengalirkan air dingin dan segar dengan saluran anak sungai yang mencapai tiga aliran. Wisatawan bisa merasakan segarnya percikan air langsung dari tebing ke laut.

Pemandangan ini sungguh eksotis mengingat keindahan pantai yang memukau berpadu dengan pemandangan air terjun yang sangat indah. Tentunya fenomena air terjun ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk berfoto bersama konteks pantai dan air terjun. Lengkap rasanya destinasi liburan di Pantai Rancabuaya Garut.

3. Ada pelelangan ikan segar

Pantai ini tidak hanya menawarkan keindahan alam yang sangat eksotis, tetapi juga menampilkan hasil laut yang benar-benar kaya. Ya, di kawasan pantai ini ada tempat pelelangan ikan segar hasil tangkapan para nelayan.

4. Restoran Gazebo dengan menu Jawa

Selain itu, di kawasan pantai ini juga terdapat tempat makan berupa gazebo yang sangat nyaman dengan menu utamanya yaitu makanan Jawa. Di sini Anda bisa menikmati hidangan berupa hasil tangkapan laut yang segar. Tidak hanya itu, sambil menikmati makanannya, Anda juga bisa menikmati keindahan dan suasana laut yang memukau.

Objek wisata yang dimiliki Pantai RancabuayaKredit gambar: Google Maps Ipoonk Sarkipoonk

5. Pasir putih yang halus dan bersih

Wisatawan yang berlibur di Pantai Rancabuaya akan disuguhkan dengan hamparan pasir putih yang halus dan bersih. Hamparan pasir putih ini terbentang sepanjang 1.000 hingga 2.000 meter dengan lebar sekitar 100 hingga 200 meter.

Pasirnya bertekstur halus, sehingga sangat nyaman untuk berjalan tanpa alas kaki. Tak hanya itu, berfoto di atas pasir putih juga akan menghasilkan beberapa jepretan yang sangat Instagramable tentunya.

6. Tebing berukir

Di sekitar Rancabuaya juga terdapat tebing yang menjulang tinggi. Sebelumnya, tebing ini merupakan daerah perbukitan. Namun karena erosi dan abrasi, lama kelamaan bukit ini terkikis dan menjadi tebing yang indah.

Kini tebing-tebing yang menjulang tinggi di sekitar pantai diukir dengan berbagai pola pantai yang indah untuk mempercantik pemandangan agar terlihat lebih estetis.

7. Air laut dengan tiga warna kontras

Air laut pantai ini memiliki karakteristik yang unik. Jika dilihat dari dekat, warna air laut tampak begitu jernih sehingga bisa dilihat dengan mata telanjang hingga kedalaman sekitar 2 meter ke dasar laut.

Namun, dari langit, pantai Rancabuaya akan terlihat memiliki tiga kombinasi warna yang menakjubkan. Warna pertama putih yang dihasilkan dari buih laut, warna kedua hijau yang dihasilkan dari tumbuhan laut. Dan yang terakhir adalah warna biru tua yang dihasilkan dari terumbu karang dan terlihat jelas di tengah laut.

Alamat dan rute menuju lokasi pantai Rancabuaya

Alamat Pantai RancabuayaKredit gambar: Google Maps Dadi Mulyana

Rancabuaya terletak di Desa Purbayani, Kecamatan Caringin, Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat. Untuk mencapai kawasan pantai ini juga banyak alternatif rute yang bisa Anda pilih. Pantai Rancabuaya juga dekat dengan jalan raya utama Trans Jawa Barat dan jalan raya Rancabuaya.

1. Petunjuk arah dari pusat kota Garut

Wisatawan yang datang dari arah Garut dapat mengambil jalan raya Garut menuju Cikajang kemudian dilanjutkan ke Margawati. Kemudian perjalanan dilanjutkan ke jalan Bratayudha yang dilanjutkan ke jalan Pasundan, jalan Papandayan dan juga jalan Cimanuk.

Dari Cimanuk, ambil jalan raya Cisurupan – Cikajang, lalu menuju ke arah Cidatar hingga sampai di jalan Ambalsa yang melewati Cipang Ramatan. Perjalanan dilanjutkan di jalan Ciparay lurus ke selatan menuju jalan raya Cihurip dan Cisompet. Lanjutkan ke Cigodeg melalui jalan Cilauteureun menuju jalan Rancabuaya.

Waktu tempuh dari kota Garut ke pantai Rancabuaya kurang lebih 4 jam. Waktu yang diperlukan telah dilalui dengan rute normal tanpa kemacetan dan kecepatan rata-rata 135 km.

2. Arah dari Kota Bandung

Jika Anda datang dari arah kota Bandung, ada beberapa alternatif rute yang bisa dipilih. Salah satunya melalui Canning Road. Arah perjalanan dilanjutkan ke Jalan Baranangsiang, Jalan Jendral Ahmad Yani, Jalan Asia Afrika dan kemudian Jalan Jenderal Sudirman.

Kemudian dilanjutkan di Jalan Nasional III, Jalan Soekarno Hatta, Jalan Terusan Pasirkoja, hingga Tol Soraja. Perjalanan pulang dilanjutkan ke Jalan Al-Fathu, Jalan Raya Soreang Banjar, Jalan Pahlawan, lalu ke Kebon Kelapa, Jalan Raya Palalengan, Jalan Situ Cileunca dan Jalan Raya Wates.

Lanjut lagi ke jalan Cukul, jalan Talegong, jalan Puwabhakti, jalan Cisewu – Sukarame, hingga sampai di jalan Rancabuaya. Untuk menuju lokasi Pantai Rancabuaya, Anda bisa mengikuti petunjuk arah yang ada di papan petunjuk.

Harga tiket masuk kawasan pantai Rancabuaya

Harga Tiket Masuk Pantai RancabuayaKredit gambar: Google Maps AwisFals

Untuk bisa menikmati keindahan alam wisata bahari ini, Anda harus membeli tiket masuk terlebih dahulu. Harga tiket masuk ini tidak mahal yaitu hanya sekitar Rs 5.000 untuk hari biasa atau hari dalam seminggu. Sedangkan untuk liburan atau akhir pekan, harga tiket masuknya naik dua kali lipat menjadi 10 ribu rupiah.

Harga tiket berlaku untuk satu pengunjung. Hasil penjualan tiket tersebut akan digunakan oleh pengelola untuk biaya perawatan dan pemeliharaan serta keamanan pantai.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Pantai Rancabuaya

Aktivitas Menarik Pantai RancabuayaKredit gambar: Google Maps Dadi Mulyana

Di pantai yang indah ini, wisatawan tidak hanya dimanjakan dengan pesona alamnya yang indah, tetapi juga banyak aktivitas menarik yang bisa dilakukan sambil menikmati semua keindahan ini.

1. Perkemahan

Hal yang tidak pernah hilang dari liburan pantai Rancabuaya adalah berkemah. Dimana wisatawan akan lebih memilih untuk mendirikan tenda camping di pinggir pantai sambil menikmati sejuknya suasana pantai.

Berkemah juga biasanya dilakukan dengan membakar hasil laut seperti ikan, cumi-cumi, udang atau hal lainnya yang membuat suasana menjadi lebih hidup. Tujuan dari perkemahan ini umumnya untuk menikmati suasana alam yang paling nyata. Lebih banyak untuk dinikmati Matahari terbit besok.

2. Lakukan berbagai aktivitas air

Selain berkemah, Anda juga bisa berlatih berbagai aktivitas air yang menarik. Dari berselancar, snorkeling, berenang atau melakukan castil dengan pasir pantai. Semua hal menarik ini bisa kamu lakukan selama liburan di pantai Rancabuaya. Apalagi jika kegiatan tersebut dilakukan bersama keluarga akan lebih menyenangkan.

3. Memancing dan berburu hewan laut

Anda juga bisa menikmati keindahan alam di sekitar pantai dengan berburu hewan laut di pinggir pantai. Biasanya Anda akan melihat bintang laut atau ikan-ikan kecil di pinggir pantai.

Selain itu, Anda juga bisa memancing menggunakan gala atau gubuk kecil. Namun, hasil perburuan ini nantinya bisa Anda kemping di pinggir pantai. Pasti seru banget.

Akomodasi murah dekat pantai Rancabuaya

Akomodasi murah dekat pantai RancabuayaKredit gambar: Google Maps Dizay Production

Di sekitar lokasi Rancabuaya juga banyak pilihan akomodasi. Baik di daerah pantai atau cukup jauh dari pantai. Ada juga banyak jenis akomodasi yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda.

Ada penginapan dengan harga murah tapi fasilitas terbatas, ada juga tipe penginapan dengan harga cukup mahal tapi penginapannya cukup lengkap. Kisaran harga akomodasi di kawasan sekitar pantai ini berkisar dari harga 200.000 rupiah per malam hingga hanya 600.000 rupiah per malam.

Fasilitas Wisata yang Tersedia di Pantai Rancabuaya

Fasilitas Pantai RancabuayaKredit gambar: Google Maps Lia Indra

Fasilitas yang disediakan oleh pengelola Pantai Rancabuaya adalah mushola, flushing room, toilet, gubuk atau gazebo. Namun jika wisatawan ingin menikmati wisata kuliner, di sekitar pantai ini banyak terdapat warung makan berupa gazebo yang menawarkan menu makanan khas Jawa.

Warung-warung makan ini terutama menawarkan makanan olahan dari hasil tangkapan laut segar sebagai menu utama. Namun, ada juga warung makan yang menawarkan masakan khas Garut.

Tak hanya itu, ada juga berbagai mall yang menyediakan segala macam pakaian hingga makanan khas yang bisa dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Salah satu yang paling terkenal adalah ikan jamaroti.

Berikut beberapa atraksi, rute menuju pantai Rancabuaya, harga tiket masuk, fasilitas yang disediakan oleh pengelola pantai ini. Bagi Anda yang ingin berlibur dengan suasana alam yang mempesona, pantai indah di Garut ini bisa menjadi pilihan yang tepat.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button