Kemenparekraf mendukung "Festival Kreatif Lokal" untuk pengembangan desa wisata Indonesia - WisataHits
Jawa Timur

Kemenparekraf mendukung “Festival Kreatif Lokal” untuk pengembangan desa wisata Indonesia

KONFERENSI PERS

KEMENTERIAN PARIWISATA DAN INDUSTRI KREATIF/BADAN PARIWISATA DAN INDUSTRI KREATIF

Kemenparekraf mendukung “Festival Kreatif Lokal” untuk pengembangan desa wisata Indonesia

Bangli, 12 Agustus 2022 – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) mendukung pelaksanaan “Local Creative Festival 2022” yang akan menghadirkan berbagai program untuk mendukung pengembangan desa wisata di tanah air.

“Kita patut bersyukur karena saat ini pariwisata sedang booming lagi, tetapi kita perlu memastikan bahwa pariwisata yang kembali ke Bali lebih berkualitas dan memiliki aspek keberlanjutan. Oleh karena itu, kita juga harus terlibat dalam ‘Festival Kreatif Lokal’ yang merupakan hasil kerja sama Adira dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, yang akan meningkatkan kekuatan dan daya tarik desa wisata,” kata Sandiaga Uno, Menteri Pariwisata. Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, pada pembukaan Festival Kreatif Lokal 2022 di Desa Wisata Undisan, Bangli, Bali, Jumat (12/8/2022).

“Local Creative Festival 2022” merupakan program yang digagas Adira Finance yang berfokus pada pengembangan pariwisata, budaya, kearifan lokal dan pemberdayaan UMKM di Indonesia, khususnya di desa-desa wisata. Lokal Creative Festival 2022 akan digelar di 5 desa wisata di Jawa dan Bali, yang akan mencakup kegiatan desa wisata kreatif yaitu pelatihan dan pendampingan UMKM, festival pasar rakyat dan penjelajahan desa wisata ramah pengemudi.

Keberadaan desa wisata, kata Menteri Pariwisata dan Industri Kreatif Sandiaga, terbukti mampu mendorong revitalisasi ekonomi dan menciptakan lapangan kerja. Di tengah pandemi terakhir, jumlah kunjungan wisatawan ke desa liburan meningkat 30 persen.

“50 desa liburan teratas yang dipilih tahun lalu (ADWI 2021) semuanya mengalami peningkatan jumlah pengunjung. Kami ingin semua desa liburan meningkatkan kualitasnya dan itu adalah tantangan. Kita tidak bisa bekerja sendiri, kita harus bekerja dengan multiple pentahelix Adira,” kata Sandiaga.

“Saya ingin program-program strategis ini terus dilaksanakan ke depan untuk merevitalisasi pariwisata kita,” kata Menparekraf Sandiaga.

Direktur Utama Adira Finance Dewa Made Susila menjelaskan, Local Creative Festival 2022 terdiri dari beberapa kegiatan. Yang pertama Desa Wisata Kreatif, program pengembangan UKM lokal untuk membuat paket wisata desa wisata ramah kendaraan yang bisa dijual dan memiliki nilai eceran. Kegiatannya meliputi pendampingan dan peningkatan kapasitas pengelola destinasi pariwisata di sektor pariwisata dan industri kreatif di masing-masing lima desa wisata.

Kemudian explore desa wisata ramah pengemudi yang merupakan kegiatan penggerak puluhan komunitas otomotif untuk mempromosikan potensi wisata dan ekonomi kreatif desa wisata dalam bentuk konten multimedia dan kegiatan promosi digital.

“Akhirnya Festival Pasar Rakyat yang dikampanyekan oleh gerakan sosial untuk meningkatkan simpati masyarakat menjadikan Pasar Rakyat di kawasan Desa Wisata sebagai ruang publik yang kreatif. Selain itu, ada juga workshop yang membantu para pedagang pasar dan UMKM dengan edukasi keuangan,” kata Dewamachen Susila.

Program ini dilaksanakan di 5 desa wisata yaitu Desa Saung Ciburial, Kabupaten Garut, Jawa Barat; Desa Karanganyar, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah; Desa Rejowinangun, Kota Yogyakarta, DI Yogyakarta; Desa Sanankerto, Kabupaten Malang, Jawa Timur; dan Desa Carangsari, Kabupaten Badung.

“Terima kasih atas kepercayaan yang telah Anda bangun selama ini. Program yang kita bangun bersama ini merupakan konsep yang berangkat dari keinginan besar untuk membantu perekonomian Indonesia, termasuk sektor pariwisata dan industri kreatif khususnya segmen UMKM,” kata Direktur Utama Adira Finance Dewa Made Susila.

Turut hadir Bupati Bangli, Sang Nyoman Sedana Arta; Unit Khusus Keamanan Destinasi dan Isu Strategis, Ario Prawiseso; Direktur Tata Kelola Destinasi Kemenparekraf/Baparekraf, Indra Ni Tua; Kepala Dinas Perhubungan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, I Gusti Ayu Dewi Hendriyani; dan Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali, Tjokorda Bagus Pemayun.

I Gusti Ayu Dewi Hendriyani
Kepala Dinas Perhubungan
Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif/Badan Pariwisata dan Industri Kreatif

Source: kemenparekraf.go.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button