Waspada pencopetan di kawasan wisata religi lampu lalu lintas Sunan - WisataHits
Jawa Timur

Waspada pencopetan di kawasan wisata religi lampu lalu lintas Sunan

Surabaya, memorandum.co.id – Tindakan penjambretan dan pencopetan sangat meresahkan para jemaah haji di kawasan wisata religi Sunan Ampel. Ini bisa terjadi tiga sampai empat kali sehari. Kondisi ini dapat menimbulkan citra buruk bagi Surabaya. Pasalnya, korbannya adalah warga luar Surabaya yang pernah berziarah ke makam Sunan Ampel.

“Berdasarkan informasi yang diterima, peristiwa kriminal sering dialami jemaah haji di luar Surabaya, dan ini sudah berulang kali terjadi,” kata Kepala Bareskrim Polres Semampir Iptu Doni.

Sehingga mereka ragu untuk melaporkannya ke polisi. Karena itu, polisi sulit menindaklanjuti proses penyidikan. “Banyak laporan yang masuk. Tapi itu bukan laporan resmi dari korban, hanya informasi di tempat karena korban enggan untuk melaporkannya,” ujarnya.

Selain itu, para terduga pelaku pencopet diketahui berkonspirasi di wisata religi Ampel. Mereka berbagi tugas dari setiap tindakan. Sehingga calon korban yang nekat bisa dengan mudah ditipu oleh pelaku yang mungkin memiliki dua sampai tiga pelaku di lokasi untuk mengelabui korbannya.

Modusnya pun bervariasi mulai dari nyaru pengunjung hingga pengamen jalanan. “Kami baru-baru ini memenangkannya sebagai musisi jalanan,” kata Doni.

Karena itu, pihaknya mengimbau kepada jemaah haji agar selalu waspada. Namun, polisi masih berusaha mencari tersangka lainnya. Selain itu, beberapa pencopet ditangkap, komplotan lain melarikan diri.

“Masih ada pelaku yang belum tertangkap, kami masih memburu. Sejauh ini, tiga pencopet telah ditangkap,” katanya. (Alf)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button