Bupati: "Pekan Kreatif Sleman" soroti potensi industri kreatif - ANTARA News Yogyakarta - WisataHits
Yogyakarta

Bupati: “Pekan Kreatif Sleman” soroti potensi industri kreatif – ANTARA News Yogyakarta

Sleman (ANTARA) – Bupati Daerah Istimewa Sleman Yogyakarta Kustini Sri Purnomo mengatakan kegiatan “Sleman Creative Week #2” yang digelar di Conatur Culinary Park “Sleman Creative Space” bertujuan untuk membuka potensi peningkatan produktivitas dan kapasitas pelaku ekonomi kreativitas. .

“Acara ‘Sleman Creative Week #2’ ini bertujuan untuk mendukung terwujudnya masyarakat Sleman yang sejahtera melalui kemandirian ekonomi,” kata Kustini saat membuka resmi Sleman Creative Week #2 pada Jumat sore.

Dikatakannya, dengan diadakannya kegiatan Sleman Creative Week #2 dan kegiatan sejenis lainnya dapat menciptakan ekosistem yang kondusif untuk meningkatkan kreativitas masyarakat dan berdampak pada peningkatan ekonomi makro di Sleman.

“Kegiatan ini dimaksudkan sebagai wadah pertemuan para penggiat ekonomi kreatif di Sleman dan sekitarnya untuk mewujudkan terbentuknya kelembagaan dan jaringan kemitraan ekonomi kreatif guna terciptanya sinergi dengan pengembangan industri kreatif khususnya dalam upaya pemulihan kondisi perekonomian” , katanya.

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo membuka Sleman Creative Week #2 2022 yang ditandai dengan pemukulan gong dan pemotongan pita.

Kegiatan Sleman Creative Week #2 kali ini merupakan kerjasama Pemerintah Kabupaten Sleman melalui Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman dan Komunitas Kreatif Sleman.

“Pekan Kreatif Sleman” tahun ini memiliki motto “Hidup Budaya Kolaborasi”.

Bertepatan dengan pembukaan acara ini, Pemerintah Kabupaten Sleman juga mencanangkan bulan Oktober sebagai Bulan Ekonomi Kreatif Kabupaten Sleman sesuai SK Bupati Sleman No. 72/2022 Bulan Ekonomi Kreatif.

Direktur Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman Ishadi Zayid mengatakan, “Pekan Kreatif Sleman #2” ini merupakan bentuk fasilitasi demonstrasi pengembangan potensi 17 subsektor ekonomi kreatif oleh para pelaku ekonomi kreatif di Kabupaten Sleman.

Ia berharap melalui Sleman Creative Week #2 ini dapat menjadi awal pengenalan pencanangan bulan Oktober sebagai Bulan Ekonomi Kreatif Kabupaten Sleman yang bertujuan untuk mengenali potensi ekonomi kreatif di Kabupaten Sleman.

“Kami terus berupaya mendorong pembangunan ekonomi melalui industri kreatif dengan menetapkan Oktober sebagai Bulan Industri Kreatif. Pernyataan ini diharapkan menjadi momentum pertumbuhan ekonomi di Sleman karena industri kreatif merupakan sektor yang potensial,” ujarnya.

Rangkaian Sleman Creative Week #2 diawali dengan Pesta Boneka #8 yang diselenggarakan pada 3-9 Oktober di Kampung Media dan Kampung Wisata Kelor.

Kemudian dilanjutkan dengan “Sleman Creative Week” yang akan berlangsung pada 21-23 Oktober 2022 di Sleman Creative Space, Taman Kuliner Condongcatur.

Rangkaian acara Sleman Creative Week #2 akan berakhir pada 23 Oktober dengan acara Bedog Arts Festival yang akan diadakan di Studio Banjarmili, Banyuraden, Gamping, dengan tema Memayu Hayuning Sukma.

Kegiatan Sleman Creative Week #2 juga akan diisi dengan enam workshop yang menampilkan narasumber dari berbagai pelaku kreatif.

Selain itu, pameran produk dikunjungi oleh 26 tenant produk dari industri kreatif. Acara ini juga dimeriahkan oleh 13 kelompok seni tradisional dan modern.
Penampilan pelaku industri kreatif Sleman pada pembukaan “Sleman Creative Week #2” di “Sleman Creative Space” Taman Kuliner Condongcatur, Jumat (21/10/22). ANTARA/HO-Prokopim Seksi Sekretariat Sleman

Berita ini disiarkan di Antaranews.com dengan judul: Bupati: “Pekan Kreatif Sleman” angkat potensi industri kreatif

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button