Tiket dan Atraksi TERJUN SIGERINCING - WisataHits
wisatahits

Tiket dan Atraksi TERJUN SIGERINCING

Tiket dan Atraksi TERJUN SIGERINCING

Harga tiket masuk Air Terjun Sigerincing: Rp 5.000 hingga Rp 10.000. Jam buka: 24 jam. Nomor telepon: -. Alamat/Lokasi: Desa Tuo, Lembah Masurai, Merangin, Jambi, Indonesia, 37372.

Air Terjun Sigering menghadirkan sebuah kawasan wisata yang diselimuti keindahan alam yang masih sangat asri di Merangin Jambi. Terletak di situs geologi yang secara morfologi berupa bukit dengan struktur akibat patahan. Terdapat bebatuan di area air terjun yang merupakan hasil erupsi Gunung Masurai sebelum kaldera.

Lokasi destinasi wisata ini berada di kawasan pedesaan yang tenang. Cukup jauh dari pusat kota Jambi. Bagi para pecinta alam, kawasan tersebut menjadi rekomendasi destinasi wisata daerah di Jambi. Karena wisatawan bisa menjelajahi alam sambil menikmati air terjun yang sejuk.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Sigering

Air Terjun Sigerincing terkenal sebagai destinasi wisata alam murah. Karena menawarkan harga masuk yang relatif terjangkau untuk semua kalangan. Jadi jika wisatawan ingin ke sana, jangan khawatir anggaran. Selain itu siapkan juga biaya parkir jika membawa mobil.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Sigering
Tiket masuk 5.000 per orang
Parkir hanya untuk sepeda motor Bebas
Tempat parkir mobil 10.000

Baca: GUNUNG MASURAI Masih Alami dengan 4 Danau

Jam buka

Wisatawan dapat mengunjungi air terjun kapan saja. Karena kawasan wisata ini tidak memiliki jam buka tertentu. Perkebunan terbuka untuk umum 24 jam sehari. Namun tempat ini belum memiliki penerangan yang memadai, sehingga wisatawan harus pulang sebelum langit menggelap.

Jam buka
Setiap hari 24 jam

Obyek wisata air terjun sigerincing

Kawasan Curug SigerincingKawasan Curug Sigering. Foto: google maps/Taharudin

Pemandian Air Terjun Sigerincing seakan menjadi primadona masyarakat Lembah Masurai. Air terjun yang indah dan alamnya yang masih alami menjadi hal yang membangkitkan minat. Ini beberapa.

Air terjun deras dengan perbukitan hijau

Derasnya aliran air terjun yang jatuh dari perbukitanLuapan deras air terjun yang jatuh dari perbukitan. Foto: google maps/Vedy Yandra

Curug Sigerincing memiliki ketinggian hingga 40 meter. Tampilan air terjunnya begitu menawan, dan aliran airnya cukup besar. Tabrakan air terjun cukup deras hingga menghasilkan gemuruh. Derasnya air terjun terlihat jelas, airnya menerjang bebatuan di bawah dengan sangat deras.

Airnya juga sangat jernih sehingga wisatawan bisa melihat kehidupan biota sungai, seperti ikan-ikan kecil. Selain itu, kawasan ini juga terasa teduh dan asri di ketinggian 740 mdpl.

Baca: Tiket ATHAYA GARDEN dan Berbagai Wahana Bertema

lanskap hijau

Pemandangan hijau di sekitar air terjun SigerincingPemandangan hijau di sekitar air terjun. Foto: google maps/Adi Guna

Area di sekitar air terjun menampilkan pemandangan hijau alami yang asri. Ada pohon-pohon tinggi, rimbun, dan semak-semak yang lebat. Kawasan sekitar air terjun masih belum tersentuh manusia, terlihat dari bangunan-bangunan yang nyaris berdiri. Banyaknya tumbuhan hijau membuat suasana air terjun menjadi lebih sejuk dan udaranya menyegarkan.

Anda bisa melihat keberadaan tebing-tebing tinggi yang mengelilingi destinasi Tebing yang ditumbuhi tumbuhan hijau alami yang menyejukkan pemandangan. Burung-burung yang hinggap dari satu pohon ke pohon lainnya semakin memeriahkan panorama.

Baca: PULAU INDAH Keindahan pantai dan pulau eksotis

Pelangi di Air Terjun Sigerincing

Pelangi yang sering muncul di area air terjunPelangi yang sering muncul di sekitar air terjun. Foto: google maps/kanal Maulidi

Salah satu daya tarik terbaik dari air terjun ini adalah kapan saja wisatawan dapat menyaksikan pelangi. Kehadiran pelangi bisa dilihat jika pengunjung beruntung. Tetesan air sisa yang mengambang di udara dapat memantulkan cahaya sehingga membentuk pelangi. Penampakan pelangi di air terjun ini begitu indah dan sering dijadikan objek foto.

Perjalanan seru ke air terjun

Rute menuju air terjun harus melewati jalanan di kanan kiri hutan dan perkampungan. Jalur tersebut dinilai ekstrem karena jalannya berkelok-kelok. Pengendara harus fokus agar tidak kehilangan kendali di setiap belokan.

Mendekati air terjun, wisatawan akan menemukan sungai yang mengalir deras. Berada di dekat jalan raya, wisatawan dapat memarkir kendaraannya sejenak untuk turun ke sungai. Sungai mengalir dari air terjun dan dihiasi dengan batu hitam legam. Wisatawan bisa selfie atau sekedar cuci muka di aliran air yang tidak terlalu deras.

Digunakan sebagai PLTA

Air terjun Sigerincing yang airnya berasal dari Sungai Siau berpotensi menghasilkan listrik. Sehingga warga air terjun memanfaatkan tempat tersebut untuk menjadi Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA). Pemanfaatan aliran air terjun dalam pembangkit listrik tenaga air sudah berlangsung lama. Potensi pembangkit listrik tenaga air ini pada akhirnya bermanfaat sebagai sumber listrik penerangan di desa setempat.

Akses menuju air terjun Sigering

Untuk menuju air terjun, wisatawan harus berjalan kaki sekitar 500 meter dari tempat parkir. Dibutuhkan sekitar 10 menit dengan berjalan kaki. Jalannya sudah bagus, hanya saja tanahnya cukup menguras tenaga dengan drop yang cukup tinggi. Bagi wisatawan yang tidak ingin lelah berjalan kaki, bisa naik moto taxi sampai ke bawah.

Tangga juga tersedia untuk memudahkan wisatawan turun ke air terjun. Ada kurang lebih 30 anak tangga yang akan memandu perjalanan pengunjung. Naik turun membutuhkan energi yang cukup. Sehingga pengunjung disarankan untuk memiliki kondisi fisik yang sesuai.

Kemudahan

Di pemandian Air Terjun Sigerincing terdapat toilet yang juga berfungsi sebagai ruang ganti. Selain itu, tempat parkir juga cukup untuk wisatawan yang membawa sepeda motor atau mobil. Fasilitas tersebut cukup membuat pengunjung merasa nyaman.

Namun, pengunjung harus membawa perbekalan sendiri saat berkunjung ke air terjun. Begitu juga untuk perlengkapan mandi, pengunjung harus membawa sendiri. Karena tidak ada warung atau pedagang. Sehingga sulit mendapatkan kebutuhan pokok dan tidak bisa menemukan penjual makanan saat lapar.

Lokasi Air Terjun Sigering

Wisata air terjun ini terletak di desa Tuo, kecamatan Lembah Masurai, Kabupaten Merangin, Jambi 37372. Jarak tempuh dari pusat kota Jambi adalah 326,8 kilometer. Membutuhkan waktu hingga 8 jam untuk berkendara ke air terjun. Kota terdekat dengan air terjun adalah kota Bangko. Dari kota ini jarak menuju air terjun sekitar 80 kilometer. Dengan waktu tempuh kurang lebih 2 jam perjalanan.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button