Pantai Pandan Tapteng, pantai pasir putih yang menakjubkan di Tapanuli tengah - WisataHits
wisatahits

Pantai Pandan Tapteng, pantai pasir putih yang menakjubkan di Tapanuli tengah

Pantai Pandan Tapteng, pantai pasir putih yang menakjubkan di Tapanuli tengah

Pantai Pandan Tapteng merupakan destinasi wisata tepi laut di Tapanuli tengah yang memiliki keindahan dan pesona yang unik. Fasilitas pantainya juga cukup lengkap.

Harga tiket: Bebas, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Jl.Sisimangaraja Desa Pandan, Kec. Pandan, Kab. Tapanuli Tengah, Sumatera Utara; Kasus: Verifikasi lokasi

Bagi masyarakat Tapanuli Tengah pasti sudah mengenal Pantai Pandan karena memang sudah terkenal di sana. Saat hari raya umat Islam tiba, pantai ini banyak dikunjungi wisatawan. Pantai Pandan Tapteng bisa menjadi pilihan dalam memilih tempat wisata yang bagus.

Pengelolaan pantai ini dipastikan langsung oleh pemerintah, sehingga lingkungan benar-benar terjaga. Ada pemandangan yang memanjakan mata yang bisa dilihat dari pantai. Hamparan air laut dan pasir yang indah membuatnya dapat diakses oleh berbagai wisatawan.

Air laut di pantai ini juga sangat indah dengan warna hijau kebiruan dan selalu terlihat jernih dan bersih. Ada juga pepohonan yang bisa dijadikan tempat berteduh. Suasana ini membuatnya sejuk dan menenangkan.

Objek Wisata Pantai Pandan Tapteng

Atraksi di Pantai Pandan TaptengKredit Gambar: Google Maps Traveler Mager

Jika anda ingin mengetahui lebih jauh tentang pantai ini, kami akan memberitahu anda tentang daya tarik Pantai Pandan, yaitu sebagai berikut :

✦ Hamparan pasir putih

Daya tarik pertama yang muncul dari pantai ini adalah hamparan pasir putihnya yang menawan dan indah. Pasir putihnya juga sangat lembut jadi yang terbaik adalah berjalan tanpa alas kaki untuk menikmati sensasi pasir putih ini.

Selain pasir putihnya yang memanjakan mata, wisatawan bisa menikmati suasana pantai yang menyenangkan dengan nuansa tropis. Pasirnya juga cocok untuk bermain istana pasir atau bermain bola voli tanpa alas kaki.

✦ Gelombang tenang

Daya tarik selanjutnya dari pantai ini adalah ombaknya yang tenang dan tidak berbahaya. Oleh karena itu, anak-anak hingga orang dewasa dapat bermain di air seperti berenang atau bermain di air biasa.

Namun, untuk anak kecil, disarankan untuk tidak bermain di tengah laut melainkan di pinggir pantai saja agar tetap aman.

✦ Pemandangan matahari terbenam yang indah

Jika ingin ke Pantai Pandan, belum lengkap rasanya jika tidak menikmati pemandangan matahari terbenam yang indah. Datanglah pada sore hari agar Anda dapat menikmati pemandangan.

Warna jingga yang dipadukan dengan birunya air laut akan menciptakan pantulan warna yang indah dan romantis. Pemandangan akan terlihat seperti lukisan dan juga membuat para wisatawan merasa tenang dan damai melihat pemandangan ini.

✦ Bersihkan Pantai Pandan

Kebersihan merupakan hal yang mempengaruhi minat pengunjung yang datang ke tempat wisata tersebut. Namun, Anda tidak perlu khawatir jika ke Pantai Pandan Tapteng. Pemandangannya indah dan tidak ada sampah yang berserakan.

Hal ini membuat wisatawan lebih menikmati liburannya di tempat ini. Pantai yang bersih dapat menghanyutkan pikiran yang lelah karena yang disajikan hanyalah pemandangan yang indah dan mempesona.

✦ Ada perahu nelayan

Daya tarik lain dari pantai ini adalah banyaknya perahu nelayan di sana. Perahu memang digunakan untuk memancing karena ombak di Pantai Pandan cukup tenang.

Pemandangan perahu-perahu di tepi pantai juga mengesankan, terutama di sore hari. Pemandangan ini membuatnya semakin indah.

✦ Flora dan Fauna

Pantai Pandan Tapteng juga memiliki flora dan fauna yang bisa dijelajahi. Misalnya, terumbu karang di garis pantai membuatnya semakin indah.

Di pinggir pantai juga terdapat pepohonan yang terlihat kokoh dan asri. Kemudian, jika ingin melihat satwa liar, wisatawan bisa snorkeling untuk melihat keanekaragaman biota laut.

✦ Perbukitan yang indah di sekitar

Di sekitar pantai, wisatawan dapat menemukan bukit yang tinggi di sisi kanan pantai. Inilah yang menjadi ciri khas pantai ini dibanding pantai-pantai lain di Tapanuli tengah. Jika penasaran, wisatawan bisa mendaki bukit ini untuk melihat pantai dari atas.

Alamat, lokasi rute dan tiket masuk

Alamat Pantai Pandan TaptengKredit Gambar: Peta Google Muhammad Mufti

Pantai Pandan berada di Jl. Sisingamangaraja, Desa Pandan, Kecamatan Pandan, Sumatera Utara. Tempat ini mudah dijangkau wisatawan berkat jalan yang mendukungnya.

Untuk menuju tempat ini, Anda bisa menempuh jalur udara maupun darat. Jika Anda datang dengan pesawat, gunakan Bandara Kualanamu untuk menuju Bandara Pinangsori Sibolga.

Kemudian, jika melalui jalur darat, Anda bisa menggunakan minibus travel jurusan Medan-Sibolga. Jika menggunakan bus besar, waktu tempuhnya sekitar 10 jam.

Wisatawan yang ingin ke pantai ini tidak perlu membayar tiket masuk. Biaya yang harus dibayar hanya terkait dengan parkir kendaraan. Untuk kendaraan roda dua harus membayar tiket sebesar Rp 3.000 dan untuk kendaraan roda 4 yaitu sebesar Rp 4.000.

Kegiatan yang menarik untuk dilakukan

Aktivitas Menarik di Pantai Pandan Tapteng TapanuliFoto oleh Boy Atlaliust Simangunsong di Flickr

Jika Anda tertarik mengunjungi Pantai Pandan, Anda bisa melakukan berbagai aktivitas seru, antara lain:

1. Berburu Foto

Kegiatan pertama yang tidak boleh dilewatkan adalah berburu foto. Itu karena dekorasinya sangat indah sehingga sayang untuk tidak memanfaatkan momen tersebut. Disarankan untuk membawa kamera agar tidak melewatkan pemandangan indah ini.

2. Berenang

Wisata tepi pantai tentu menjadi cara terbaik untuk berendam. Di Pantai Pandan Tapteng, lautnya tenang dan jernih, sehingga sangat cocok untuk berenang santai.

3. Menyelam

Baik mereka yang menyukai olahraga air, mencoba menyelam di pantai yang indah ini. Kegiatan menyelam di tempat ini sangat menarik karena wisatawan dapat melihat pemandangan bawah laut yang indah yang akan memberikan pengalaman yang tak terlupakan.

4. Mainkan jetski

Selain menyelam, Anda juga bisa mencoba jet ski bagi mereka yang menyukai wahana menantang dan memacu adrenalin. Dengan begitu, perjalanan Anda ke Pantai Pandan akan semakin menyenangkan.

5. Nikmati memasak

Tempat ini juga menawarkan kuliner yang menyajikan hidangan khas dari pusat Tapanuli. Ini membuatnya lebih mudah untuk mengetahui makanan khusus apa yang ada. Selain itu, wisatawan juga bisa mencicipi seafood segar dari pantai hingga menyiapkan hidangan seafood.

Ada juga air kelapa yang melengkapi keunikan pantai. Lebih enak lagi jika Anda menikmati makanan sambil menyaksikan matahari terbenam yang indah. Ini akan memberi Anda pengalaman yang menyenangkan di pantai ini.

6. Perburuan Suvenir

Kegiatan terakhir yang bisa dilakukan di Pantai Pandan adalah berburu oleh-oleh. Jangan langsung pulang setelah menikmati keindahan pantai ini. Wisatawan bisa berburu oleh-oleh seperti kenang-kenangan dan kenang-kenangan.

Ada banyak souvenir unik di tempat ini yang dijual dengan harga terjangkau. Contohnya adalah gaun pantai, kalung dan gelang. Harganya juga murah, sekitar Rp 5.000 per item.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas di Pantai Pandan TaptengKredit gambar: Google Maps Reza Rahmansyah

Pantai pusat Pandan Tapanuli memiliki banyak fasilitas yang dapat digunakan oleh semua wisatawan. Fasilitas umum di sana misalnya seperti toilet. Toilet di pantai ini juga cukup bersih, jadi Anda tidak perlu khawatir melihat ke luar pantai.

Ada juga gazebo eksotis untuk menikmati pemandangan tempat ini. Gazebo ini berguna untuk berteduh dan bersantai.

Selain itu, terdapat juga restoran dan warung bagi wisatawan lapar yang ingin mencoba wisata kuliner di tempat ini. Harga yang ditawarkan untuk makanan disana juga cukup murah dan terjangkau.

Pantai Pandan Tapteng merupakan destinasi wisata tepi laut di Tapanuli tengah yang memiliki keindahan dan pesona yang unik. Ada banyak pemandangan dan atraksi dari pantai ini.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button