Pantai Pandan, pantai pasir putih yang mempesona dan panorama matahari terbenam di pusat kota Tapanuli - WisataHits
wisatahits

Pantai Pandan, pantai pasir putih yang mempesona dan panorama matahari terbenam di pusat kota Tapanuli

Harga tiket: Rp3.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Jl. Padang Simppuan, Kec. Pandan, Kab. Pusat Tapanuli, Sumatera Utara; Kasus: Cek lokasi

Pantai Pandan adalah salah satu pantai yang ada di pesisir pantai Sibolga, di pusat kota Tapanuli, sudah tidak asing lagi bagi penduduk Medan, Sibolga dan sekitarnya. Dengan warna yang indah, kombinasi air laut yang biru jernih, pasir putih dan pepohonan yang rindang, pantai ini menjadi salah satu destinasi favorit para wisatawan. Oleh karena itu, pantai ini tidak pernah sepi pengunjung.

Berada di teluk berarti pantai ini memiliki ombak yang tenang. Pasir putihnya yang halus juga asyik dinikmati tanpa alas kaki. Beberapa rombongan wisata bahkan sering terlihat bersepeda di sekitar pantai. Dengan pepohonan yang rindang, wisatawan akan betah berlama-lama di sini.

Masyarakat di sekitar Pantai Pandan juga unik. Letak geografis Sibolga yang berbatasan dengan Sumatera Barat membuat budaya masyarakatnya sama-sama tercampur. Masyarakatnya mencampurkan bahasa Batak dan Minang, sehingga memberikan aksen yang unik. Anda akan mendengarnya jika Anda berinteraksi dengan masyarakat setempat.

Atraksi Pantai Pandan

Hal yang Dapat Dilakukan di Pantai PandanKredit gambar: Facebook Astra Honda Care

1. Keindahan pantai

Tidak kalah dengan pantai-pantai lain yang memiliki keindahan yang mempesona, pantai ini juga memiliki keindahan yang akan memikat hati Anda. Suasananya dinaungi pepohonan, pasir putih yang lembut dan ombak yang tenang. Anda tidak perlu khawatir untuk bermain air atau sekedar berjalan-jalan di pantai.

Pantai Pandan juga bersih, tidak ada sampah berserakan dimana-mana. Tentu saja hal ini sangat berpengaruh terhadap kecantikan. Anda pasti akan merasa jauh lebih nyaman menikmati tempat wisata tanpa diganggu oleh sampah yang berserakan. Kebersihan pantai ini juga harus dijaga oleh pengunjung sendiri dengan membuang sampah pada tempatnya.

2. Matahari terbenam

Pantai merupakan tempat yang selalu menjadi pilihan untuk melihat keindahan matahari terbenam. Begitu pula dengan pantai pesisir Sibolga ini. Anda bisa melihat matahari terbenam dengan warna langit yang kekuningan. Menikmati sunset bersama orang tersayang di pantai ini tentunya akan jauh lebih romantis.

3. Perahu nelayan

Hal yang Dapat Dilakukan di Pantai PandanKredit gambar: Facebook Astra Honda Care

Pantai yang tenang memungkinkan banyak pemancing untuk mencari ikan di perairan Pantai Pandan. Pada sore hari, perahu-perahu ini menjadi daya tarik tersendiri. Dengan latar belakang matahari terbenam dan langit ungu, perahu-perahu ini membuat pemandangan di depan mata Anda terlihat seperti lukisan alam.

4. Flora dan Fauna

Selain keindahan alamnya, pantai ini juga menjadi rumah bagi flora dan fauna yang indah. Masyarakat sekitar pantai terus menjaga dan melestarikan tumbuhan dan pepohonan di sekitar pantai. Selain itu, terumbu karang di perairan pantai ini juga dalam kondisi baik, sehingga ekosistem di sana juga terjaga.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pantai PandanKredit Gambar: Instagram Surya Tito

Pantai Pandan terletak di Tapanuli tengah, Sumatera Utara. Lokasinya berada di Jalan Singsingamangaraja yang berada di Desa Pandan, Kecamatan Pandan. Infrastruktur pantai ini sudah sangat baik. Oleh karena itu, Anda dapat mengaksesnya dengan mudah.

Anda juga bisa menggunakan dua pilihan untuk menuju pantai ini, yaitu jalur udara dan jalur darat. Menggunakan jalur udara, Anda bisa menggunakan Wings Air dari Bandara Kualanamu, Medan menuju Bandara Pinangsori, Sibolga.

Sedangkan menggunakan road trip akan memakan waktu yang cukup lama jika anda berada di Medan. Perjalanan yang akan dilakukan bisa 8 sampai 10 jam. Namun jika anda berada di pusat Kota Tapanuli Utara, ikuti saja jalan Jl. Sibolga Barus menuju Jl. Ade Irma Suryani Nasution kemudian menuju ke Jl. Sutoyo Siswomiharjo lalu menuju lokasi pantai.

Apalagi, ada banyak pilihan transportasi umum yang bisa Anda pilih untuk menuju ke sana. Setiap hari perjalanan minibus dan bus umum Medan-Sibolga banyak beroperasi. Anda dapat menggunakan opsi ini jika tidak memungkinkan untuk membawa kendaraan sendiri.

Harga tiket masuk objek wisata

Harga Tiket Pantai PandanKredit Gambar: Facebook Jon Damanik

Pantai Pandan buka setiap hari selama 24 jam dan tidak dipungut biaya masuk. Jika pantai populer lainnya memungut tiket masuk, namun di pantai ini Anda bisa berlibur menikmati panorama alam yang tersaji secara gratis.

Anda hanya perlu membayar biaya parkir jika membawa kendaraan pribadi, itupun sangat terjangkau. Anda hanya perlu membayar Rp 3000 untuk sepeda motor dan Rp 4000 untuk mobil.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Pantai Pandan

Aktivitas menarik di Pantai PandanKredit gambar: Facebook Sumut Kita

Ada banyak aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan di wisata pantai ini. Anda bisa melakukan berbagai aktivitas di sekitar pantai. Selain itu, Anda juga dapat menikmati berbagai permainan di air yang tenang.

1. Ambil gambar

Liburan pasti kurang lengkap tanpa mengabadikan momen. Selain itu, di pantai ini banyak terdapat spot foto yang menarik. Jika Anda datang saat langit cerah, bidikan yang Anda dapatkan juga akan lebih bagus lagi. Perpaduan langit dan laut, pasir putih dan perahu nelayan akan mendapatkan background foto yang indah.

2. Berenang

Ombaknya yang tenang membuat pantai ini sangat aman untuk berenang. Anda bahkan bisa mengajak keluarga dan anak-anak untuk bermain air laut, apalagi air di pantai ini sangat jernih sehingga berasa betah berlama-lama berendam di air.

3. Jetski

Jet ski adalah olahraga air yang populer di kalangan anak muda saat ini. Menariknya, fasilitas water sport ini sudah tersedia di Pantai Pandan. Jika ingin mencobanya, Anda bisa menyewa berbagai peralatan Jet Ski yang tersedia di sekitar pantai.

4. Di Sekitar Pulau

Anda bisa mengunjungi pulau-pulau di sekitar pantai di pesisir pantai Sibolga. Ada beberapa pulau terdekat yang bisa Anda kunjungi seperti Pulau Mursala dengan air terjunnya yang indah atau Teluk Tepian Nauli. Anda membutuhkan waktu dua jam untuk mengarungi pulau-pulau tersebut dengan menyewa perahu berkapasitas maksimal 25 orang dengan harga sewa 2 juta rupiah.

Jika tidak, Anda juga bisa mengunjungi Batu Lobang atau dikenal juga dengan nama Batu Gajah yang berada di ujung teluk. Cukup merogoh kocek Rp 10.000 per orang untuk menyewa perahu nelayan. Sedangkan waktu yang dibutuhkan hanya 45 menit.

5. Menyelam

Aktivitas di Pantai PandanKredit Gambar: Google Maps Dian F Nainggolan

Anda juga bisa melakukan aktivitas menyelam di Pantai Pandan. Selain itu, keindahan terumbu karang di perairan ini sangat indah. Jika Anda ingin menyelam, sudah ada peralatan selam lengkap yang bisa Anda gunakan.

6. Main bola

Di sekitar pantai, banyak pengunjung yang bermain bola, seperti voli pantai atau sepak bola pantai. Memang pasir pantainya yang lembut sangat enak digunakan untuk tempat olahraga ini. Jika Anda berkunjung, Anda juga bisa bermain bola di pantai ini.

7. Kuliner

Di kawasan pantai ini banyak sekali wisata kuliner yang bisa Anda coba. Banyak menu kuliner lokal yang tersedia untuk Anda cicipi. Seafood yang merupakan hasil laut masyarakat setempat menjadi salah satu favorit. Sementara itu, kelapa muda adalah minuman yang banyak tersedia untuk menghilangkan dahaga Anda.

8. Perburuan Suvenir

Banyak barang souvenir yang dijual di sekitar pantai ini. Ada barang-barang seperti kalung, gelang, serta pakaian pantai yang bisa Anda beli sebagai oleh-oleh. Harga oleh-oleh di sekitar pantai juga tidak mahal, bahkan ada yang hanya seharga Rp 5.000 per item.

Penginapan murah di sekitar pantai

Akomodasi Pantai PandanKredit gambar: Google Maps Elida Sintariana

Ada beberapa penginapan yang tersedia tidak jauh dari Pantai Pandan. Anda bisa memilih penginapan di sekitar pantai dengan harga yang berbeda-beda. Berikut adalah 3 rekomendasi akomodasi terdekat untuk Anda pilih.

1. Hotel Pandan Carita

Pandan Carita Hotel berada di lokasi yang strategis dengan lokasi di pinggir pantai. Anda bahkan dapat berjalan kaki dari hostel ke pantai. Harga sewanya juga sangat murah, hanya berkisar Rp 150.000 hingga Rp 350.000 per malam tergantung kamar yang akan Anda tempati. Fasilitasnya juga cukup lengkap seperti tempat tidur yang nyaman, AC, kipas angin, restoran, area parkir, dll.

2. Pia Hotel Pandan

Hostel ini berjarak 122 meter dari pantai. Anda bisa memilih beberapa tipe kamar yang tersedia, harga termurah tipe single standar dengan harga sewa Rp 465.000 per malam dan yang paling mahal tipe President Suite dengan harga Rp 1,9 juta per malam. Fasilitas yang disediakan oleh Pia Hotel Pandan juga sangat lengkap.

3. Hotel Prima Indah

Hostel ini juga memiliki beberapa tipe kamar. Tipe Deluxe seharga Rp 296.000 per malam. Juga, tarif Deluxe Triple adalah Rp 394.000 per malam. Yang paling mahal adalah tipe kamar Suite dengan harga Rp 460.000 per malam. Dengan harga segitu anda sudah mendapatkan fasilitas lengkap termasuk sarapan pagi dan free wifi.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Pandan Sibolga

Fasilitas Pantai PandanKredit gambar: Google Maps Alyad Ulya Iman

Ada banyak fasilitas yang telah disediakan pengelola untuk memenuhi kebutuhan wisatawan. Ada tempat parkir yang aman untuk kendaraan pribadi Anda. Ada juga banyak gazebo untuk duduk dan beristirahat.

Selain itu, toilet umum juga tersedia untuk pengunjung. Jika perlu mengisi perut, di area pantai juga terdapat tempat makan yang menawarkan hidangan dengan harga terjangkau.

Pantai Pandan harus menjadi pantai favorit Anda untuk tujuan liburan Anda berikutnya. Berbagai aktivitas bisa Anda lakukan tanpa harus membayar biaya masuk. Dengan demikian, pengunjung harus selalu menjaga kebersihan saat berkunjung.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button