Depok Wiladatika Park: Harga Tiket, Wahana, Atraksi, Fasilitas - WisataHits
wisatahits

Depok Wiladatika Park: Harga Tiket, Wahana, Atraksi, Fasilitas

Taman Wiladatika – Ketika akhir pekan tiba dan kita terlalu lelah untuk melakukan perjalanan yang sangat jauh untuk rekreasi, maka pilihan tempat rekreasi yang dekat dengan rumah pasti menjadi sasaran.

Taman ini berada di kawasan Depok dan merupakan taman rekreasi keluarga. Meski namanya menggunakan kata “Cibubur”, taman ini sebenarnya berada di wilayah kecamatan Cimanggis. Sedangkan kata wiladatika merupakan singkatan dari Widya Mandala Krida Bakti Pramuka. Ternyata, taman bunga ini tidak jauh dari Bumi Perkemahan Cibubur.

Selain udaranya yang segar, pemandangan di sini juga sangat indah. Ada begitu banyak jenis bunga hias di taman ini. salah satu tempat rekreasi masyarakat Jakarta ini memiliki air terjun buatan, goa mini dan air mancur. Taman yang diresmikan oleh Presiden Soeharto pada tahun 1980 ini awalnya dibuka untuk mendanai kegiatan Pramuka. Namun seiring berjalannya waktu, nyatanya taman ini menjadi tempat wisata favorit keluarga di Depok dan sekitarnya.

Keindahan Taman Bunga Cibubur WiladatikaKeindahan Taman Bunga Cibubur Wiladatika

Lokasi dan rute menuju Taman Wiladatika

Lokasi taman ini berada di Jalan Jambore nomor 1, Cimanggis, Depok, Jawa Barat. Taman seluas 15 hektar ini terletak di dekat pintu tol Cibubur. Bagi pengguna angkutan umum, ambil terminal Kampung Rambutan karena jalur ini akan melewati jalan menuju Taman Bunga.

Gunakan jalur 121 dan K44 untuk angkutan kota atau bus AC42 dari Tanjung Priok. Rute akan membawa Anda langsung ke halte Melia Cibubur RSU dan dari sana Anda bisa berjalan kaki ke Taman Wiladatika.

Harga tiket masuk Taman Wiladatika

Tiket masuk ke taman ini cukup terjangkau. Harga tiketnya Rp 8.000,- untuk umum, dan biaya Rp 4.000,- hanya untuk pramuka. Beda lagi dengan rombongan karena akan ada diskon.

Misalnya, rombongan 50 orang akan mendapat diskon 10% atau rombongan 100 orang akan mendapat diskon 20%. Tarif kendaraan juga murah. Kendaraan besar seperti bus atau truk hanya dikenakan biaya Rp 15.000, sedangkan mobil cukup membayar Rp 6.000 dan sepeda motor Rp 3.000.

Untuk wahana, pengunjung juga harus membayar biaya tambahan. Misalnya untuk kolam renang akan dikenakan biaya sebesar Rp25.000 per orang. atau naik becak mini, bola air dan perahu air yang dikenakan biaya masing-masing hanya Rp 10.000. Jika Anda tertarik untuk menyewa sepeda di sana, Anda hanya perlu membayar Rp 5.000.

Di dalam Taman Wiladatika, kamu juga bisa melakukan pemotretan atau syuting video lho. Tentunya akan dikenakan biaya tambahan, yaitu:

  • Foto pengantin / prewedding Rp 275.000,-
  • Foto publisitas Rp 550.000,-
  • Foto Amatir Rp 100.000,-
  • Videografi / shooting film Rp 2.500.000,-

Aktivitas yang dapat dilakukan di Wiladatika

Taman Cibubur WiladatikaTaman Cibubur Wiladatika

Taman Wiladatika adalah rumah bagi Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pramuka Nasional (Pusdiklatnas). Oleh karena itu, tidak heran jika di taman ini terdapat arena olahraga dan balai pertemuan. Selain itu, di Wiladatika juga terdapat area go out, kolam renang, tenis dan akomodasi.

Untuk anak kecil disediakan ruang berupa: tempat bermain. Lengkap dengan perosotan, jungkat-jungkit dan jungkat-jungkit. Selain itu, anak-anak juga bisa bermain di terowongan siput atau di rumah jamur seperti di film-film dongeng.

Sembari anak-anak bermain, para orang tua bisa menikmati kesejukan taman ini di bawah rindangnya pepohonan. Usia taman yang relatif tua membuat pepohonan cukup rimbun dan hijau, sehingga udaranya sangat menyegarkan.

Banyak fasilitas yang tersedia disana mulai dari air mancur, sawah hingga masjid juga telah disediakan. Bagi yang ingin mengadakan arisan atau gathering, pengelola menyediakan gazebo yang bisa dipesan. Bahkan pernikahan bisa diadakan di sini berkat gedung serbaguna di dalamnya.

Kunjungi juga: Taman bunga nusantara senang!

Aktivitas Seru di Taman Hiburan Cibubur Wiladatika

Liburan di sini bukan hanya sekedar melihat bunga yang indah, ada banyak aktivitas seru yang bisa kita lakukan bersama keluarga atau teman.

Jadi jika Anda sedang berlibur, jangan sendirian. Anda tidak akan kuat. ha ha ha. Meski udara di sini segar dan menentramkan, jika sendirian, Anda juga akan rapuh.

Taman indah yang ditumbuhi banyak pepohonan ini memiliki banyak daya tarik bagi wisatawan. Tidak sering kita pergi ke goa untuk bermain, sekarang pengelola sendiri menyediakan goa mini, air mancur dan air terjun buatan.

Gua mini di taman bunga WiladatikaGua mini di taman bunga Wiladatika

Di area taman bunga Cibubur juga terdapat rumah Jepang yang bisa menambah keseruan saat berkunjung ke taman tersebut. Sebagai salah satu destinasi wisata favorit keluarga, Taman Bunga Wiladatika juga menawarkan taman bermain untuk anak-anak agar buah hati Anda bisa bermain dengan bebas.

Rumah tradisional Jepang melalui youtubeRumah tradisional Jepang melalui youtube

Jika Anda berlibur bersama anak-anak, ada banyak wahana seru di sini, seperti yang sudah dijelaskan di atas, ada ayunan, jungkat-jungkit, perosotan dan permainan anak lainnya. Selain itu, ada juga terowongan berbentuk siput yang juga bisa menjadi tempat bermain anak-anak.

Ada juga rumah jamur yang bentuknya seperti kartun. Tak hanya wahana kiddie, di kawasan objek wisata ini juga terdapat beberapa wahana air yang bisa dinikmati oleh orang dewasa.

Wahana air termasuk bola air, perahu air dan becak mini. Bagi Anda yang hanya ingin menikmati keindahan taman bunga wiladatika sambil menemani buah hati Anda, Anda bisa duduk di kursi yang dilengkapi payung untuk bersantai.

Kunjungi juga: Kebun Buah Mekarsari Obyek wisata keluarga, Bogor

Atraksi lain dekat Taman Wiladatika

selain ke wiladatika, anda bisa melanjutkan kunjungan anda ke tempat-tempat berikut ini:

Buperta Cibubur

Buperta Cibubur

Buperta adalah singkatan dari Scout Campground. Lokasinya di Graha Wisata Cibubur, Jalan Raya Jimbore, Cimanggis. Banyak fasilitas yang ada disana yaitu paintball, kolam renang dan outing. Tak heran jika tempat ini sangat luas karena ukurannya mencapai 210 hektar.

Kampoeng Cibubur

Kampoeng CibuburKampoeng Cibubur

Ada beberapa desa, antara lain Kampoeng Utama, Kampoeng Adat dan Kampoeng Keluarga. Ada juga banyak wahana, yaitu ketapel raksasa, permainan mancing bambu, memukul gong, dll. Setiap desa memiliki kegiatan dan fasilitas yang berbeda-beda. Alamatnya berada di ujung timur laut Bumi Perkemahan dan Resort Graha Wisata Pramuka, kurang lebih 1,1 km dari Gerbang Buperta.

Danau Telaga Warna

Tempat ini merupakan tempat dimana kita akan belajar menanam padi dan membajak sawah, memancing, berenang dan lain-lain. Fasilitas yang ada adalah kolam renang dan tempat pemancingan, danau, donat apung dan masih banyak lagi. Alamatnya di Jalan Jambore RT. 05/RW. 06, Harjamukti, Cimanggis.

desa cina

Objek wisata ini adalah Komplek Perumahan Kota Wisata Cibubur yang bisa dimasuki secara gratis. Seperti di China, desa ini sangat kental dengan ornamen dan desain negeri Panda. Alamatnya di Jalan Boulevard Kota Wisata, Cibubur.

Cibuggeria

Susu Kebun CibuburSusu Kebun Cibubur

Cibugary adalah tur yang dimiliki oleh pribadi yaitu Bapak Rachma Bagory. Daerah ini merupakan daerah penangkaran sapi perah dan kambing perah. Tujuan dibuatnya Cibugary adalah untuk menambah pengetahuan anak-anak dalam beternak sapi.

Selain itu, Cibugary juga mendukung gerakan minum susu sapi segar atau susu kambing segar di Indonesia. Alamatnya di Komplek Peternakan DKI Blok C No.1 Rt 01 Rw 02 Pondok Ranggon Cipayung, Jakarta Timur.

Museum Perangko

Museum ini merupakan wisata pameran perangko permanen yang diprakarsai oleh Ibu Tien Suharto. Museum Perangko dibangun di atas lahan seluas 9590 m2 dengan gaya arsitektur Bali.

Kawasan ini dikelilingi pagar tembok dan dua buah gapura bergaya candi kecil. Ada lambang tugas dari PT Pos Indonesia yaitu bola dunia dan burung merpati yang membawa surat di paruhnya. Lokasinya di Taman Mini Indonesia Indah.

Penutupan

Bagaimana? Tertarik berlibur ke sini di tengah rutinitas harian Anda yang penat?

Apalagi bagi warga ibu kota yang terbiasa dengan kemacetan saat berangkat atau melanjutkan aktivitasnya. Maka tak heran jika di akhir pekan, kawasan Wiladatika juga mirip dengan wisata Bandung, Jogja, Bogor, dll. yang penuh dengan pengunjung. Selain bagus untuk relaksasi, taman ini juga cocok bagi pengunjung yang ingin membawa anak kecil.

Saran bagi pengunjung yang ingin memesan salah satu fasilitas di Taman Wiladatika untuk melakukannya terlebih dahulu. Memang harus konfirmasi waktu reservasi dengan pihak pengelola agar tidak terjadi kesalahan. Biasanya pengunjung saat musim liburan akan bertambah, sehingga dikhawatirkan pengelola tidak bisa menyediakan tempat.

Juga jangan lewatkan: Taman Suropati, taman yang asri dan asri di kawasan Menteng

Source: tempatwisataseru.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button