Air Terjun Riam Dait, nikmati keindahan air terjun 7 lantai di Kalimantan Barat - WisataHits
wisatahits

Air Terjun Riam Dait, nikmati keindahan air terjun 7 lantai di Kalimantan Barat

Air Terjun Dait Air Terjun memiliki pesona yang memukau dan keunikan tersendiri. Sebuah air terjun berlantai tujuh terbentuk dari Rift Sungai Dait di Kalimantan Barat.

Harga tiket: Rp 10.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Engkitip, Sekendal, Kec. Air Besar, Kab. Landak, Kalimantan Barat; Kasus: Cek lokasi

Kalimantan Barat sudah lama dikenal dengan seribu sungai. Bukan tanpa alasan, namun provinsi Kalimantan Barat berada pada letak geografis yang banyak dialiri sungai. Erosi vertikal menjadi salah satu penyebabnya sehingga banyak juga air terjun di tempat ini. Berbicara tentang air terjun, Anda tidak boleh melewatkan mengunjungi Riam Dait.

Air Terjun Riam Dait merupakan destinasi wisata tersembunyi di pelosok Pontianak. Lokasinya yang indoor membuat tempat wisata ini masih begitu alami dan memiliki udara yang super segar. Anda yang berkunjung pasti akan lebih betah setelah melihat penampakan air terjun bersusun tujuh.

Curug Riam Dait memang berada di tempat terpencil. Dari pusat kota Pontianak saja, dibutuhkan waktu 6 jam untuk sampai ke sana. Namun akhir-akhir ini tempat wisata ini begitu populer berkat panorama alam yang terlihat begitu menakjubkan. Anda juga bisa bersantai sambil melakukan banyak aktivitas yang bisa dilakukan selama berkunjung.

Tempat wisata air terjun Riam Dait

Pesona Air Terjun Riam DaitKredit gambar: Google Maps Maniur Nainggolan

Air terjun Riam Dait memiliki daya tarik yang menarik untuk diketahui. Berikut beberapa tempat wisata air terjun di kalimantan barat yang wajib anda ketahui.

1. Memiliki air terjun 7 tingkat

Daya tarik utama dari riam air terjun ini terletak pada keberadaan air terjun tujuh tingkat. Adanya begitu banyak tingkatan tentunya merupakan fenomena yang berbeda dan berbeda dari yang lain. Pemandangan air terjunnya pun semakin indah dengan setiap tingkat memiliki ketinggian yang berbeda-beda. Anda yang ingin melihat juga harus berjuang untuk naik.

2. Pemandangan alam yang menawan

Air Terjun Riam Dait terletak di daerah terpencil Pontianak. Hal ini membuat alam di sekitar lokasi wisata masih sangat terjaga. Pengunjung yang datang akan melihat langsung area lokasi yang masih begitu alami. Sensasi dinginnya juga sangat terasa bagi Anda yang berniat untuk bersantai. Rasa lelah akibat aktivitas sehari-hari bisa menular.

3. Pasir putih

Meski pasir putih biasanya hanya terdapat di tepi pantai, namun fenomena ini tidak berlaku di air terjun ini saja. Riam dait menawarkan keindahan alam yang menakjubkan disertai dengan hamparan pasir putih yang jernih. Ada juga pengunjung yang akan semakin terpesona dengan keindahan air terjun ini ditemani pasir putihnya.

4. Penuh tantangan

Bagi Anda yang menyukai tantangan, aksi ini sangat direkomendasikan. Karena untuk melewati setiap level, Anda harus berjuang untuk melewatinya. Fakta ini diperkuat dengan adanya beberapa track dan tebing pendek sebagai persimpangan jalan yang harus ditempuh. Namun, level 3 hingga 7 hanya direkomendasikan untuk pengunjung berpengalaman.

5. Udara segar

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, air terjun Riam Dait masih seindah dulu. Lokasinya yang berada di pelosok belum terjamah oleh tangan manusia. Nah, berkat itu, udara alami di sekitarnya jadi menyegarkan. Berkunjung bersama teman atau keluarga tentunya akan membuat waktu liburan semakin seru. Selain itu, ada juga tempat berkemah yang bisa Anda pilih.

6. Aliran air jernih yang menawan

Selain memiliki pasir putih yang membentang di sekitar air terjun, air terjun ini juga terkenal dengan kejernihannya. Hal ini cukup wajar mengingat air tersebut berasal langsung dari sumber hulu. Karena itu, kejelasannya sangat terbangun. Bahkan pengunjung bisa langsung meminum airnya karena sangat jernih.

Alamat dan rute menuju lokasi air terjun Raim Dait

Alamat Air Terjun Raim DaitKredit Gambar: Google Maps Eka Kurniawati Journey

Datang ke Air Terjun Riam Dait membutuhkan pengorbanan yang tidak biasa. Karena perjuangan menuju kesana akan sangat panjang. Perlu diketahui bahwa air terjun ini terletak di desa Skendal, kecamatan Air Besar, Kabupaten Landak. Lokasi seperti ini cukup jauh untuk diakses dan membutuhkan perjalanan yang cukup lama untuk sampai ke sana.

Jika ditempuh dari pusat kota Pontianak, harus menempuh waktu 6 jam. Ini membuktikan bahwa air terjun ini berada di tempat terpencil. Bahkan, akses dari Entikong akan semakin dekat. Entikong merupakan perbatasan dua negara yang berdekatan, yaitu Indonesia dan Malaysia.

Jika Anda datang dari Bandara Internasional Supadio, Pontianak. Kemudian, Anda harus melanjutkan perjalanan ke kabupaten Landak. Perjalanan dengan angkutan umum bisa memakan waktu 3 jam. Kemudian setelah itu ke Serimbu dengan waktu hingga 2 jam kemudian dilanjutkan ke air terjun. Coba kalau Dayang menggunakan kendaraan yang cocok untuk off-road.

Biaya masuk ke air terjun 7 tingkat

Harga Tiket Air Terjun 7 TingkatKredit gambar: Google Maps Jun San

Untuk bisa mengunjungi tempat-tempat indah tidak perlu mengeluarkan banyak uang. Misalnya seperti datang ke air terjun Riam Dait yang cukup murah dan terjangkau. Anda bisa leluasa mengunjungi destinasi menawan ini hanya dengan Rp 10.000 per kendaraan.

Harga tiketnya terlihat sangat murah. Selain itu, Anda dapat menemukan alam yang masih sangat terawat. Biaya tambahan lebih terkait jika ingin membeli makanan di kawasan wisata. Sedangkan air minum harus dibawa secukupnya karena air dari air terjun dapat dikonsumsi langsung mengingat asli dari perbukitan.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Air Terjun Riam Daita

Aktivitas di Air Terjun Riam DaitKredit gambar: Google Maps

1. Bersantai dan nikmati pemandangan

Perjalanan menuju air terjun Riam Dait sangatlah panjang. Namun begitu sampai di tempat wisata tersebut, Anda akan dibuat takjub dengan pemandangannya. Air terjun tujuh tingkat ini cukup menarik untuk dinikmati sambil bersantai di area yang tersedia. Anda bisa bersantai di lantai satu yang terdapat gazebo dan kantin.

2. Pelacakan di air terjun

Bagi Anda yang menyukai tantangan, aksi ini sangat direkomendasikan. Bukan tanpa alasan, namun aksi ini menawarkan perjuangan ekstra untuk mendaki setiap level. Semakin tinggi levelnya, semakin sulit rintangannya. Kondisi trek yang tertutup dan memiliki tebing membuat Anda harus mendaki dengan perlahan.

3. Berkemah di air terjun

Air Terjun Riam Dait sudah lama dikenal sebagai tempat perkemahan. Nuansa alam yang sejuk dan pemandangan yang mempesona membuat banyak pengunjung yang berniat untuk berkemah. Lokasi yang direkomendasikan untuk membuat tenda adalah di air terjun tingkat dua. Tingkat kedua dikenal lebih bersahabat dengan kondisi tanah datar.

Mengingat banyaknya peminat yang datang ke perkemahan, Anda harus cepat datang jika mau juga. Disini banyak peminatnya, sedangkan lokasinya tidak bisa menampung semuanya sekaligus. Meskipun memiliki banyak level, namun untuk level 3 hingga 7 tidak disarankan karena masih dianggap gurun dan bahkan tidak banyak cahaya di antaranya.

4. Makan Kuliner

Seperti dijelaskan di atas, ada beberapa kantin yang tersedia di lokasi wisata. Kantin terletak di tingkat terendah dari air terjun ini. Oleh karena itu, Anda yang ingin menyantap makanan enak bisa langsung membelinya. Bahkan kantin buka 24 jam sehari, yang menjadikannya nilai tambah setiap saat.

5. Fotografi

Bagi Anda yang menyukai dan memiliki hobi fotografi, mengunjungi air terjun ini akan menjadi tempat yang tepat. Karena ada banyak pilihan spot yang bisa dieksplor. Jika pemotretan dilakukan dengan benar, bukan tidak mungkin menghasilkan bidikan yang indah. Selain itu, lingkungan alam dan bebatuan akan sangat cocok sebagai background foto.

6. Bermain air

Datang ke air terjun belum lengkap jika belum bermain air. Selain itu, air yang turun dari Riam Dait berasal dari sumber langsung ke hulu sehingga sangat segar. Namun, tidak semua level memungkinkan pengunjung untuk bermain air. Di antara tujuh tingkat tersebut, hanya beberapa tempat saja yang diperbolehkan bermain air demi menjaga keselamatan wisatawan.

Fasilitas yang tersedia di Air Terjun Riam Dait

Fasilitas air terjun Riam DaitKredit gambar: Google Maps menjelajahi pariwisata dan berbagi

Meski Air Terjun Riam Dait terletak di lokasi yang relatif terpencil, bukan berarti tidak ada fasilitas yang ditawarkan di sana. Beberapa fasilitas umum untuk menunjang aktivitas pengunjung sudah tersedia dengan baik, seperti toilet dan kantin. Keberadaan toilet sangat penting agar pengunjung tidak bingung jika terjadi keadaan darurat.

Maka kantin adalah tempat yang tepat bagi anda yang lapar dan tidak membawa bekal. Selain keduanya, ada fasilitas umum lainnya berupa gazebo. Gazebo ini merupakan tempat yang nyaman untuk bersantai di kawasan wisata. Harap diperhatikan bahwa semua fasilitas umum yang ditawarkan hanya tersedia di lantai satu atau lantai paling bawah.

Itulah beberapa penjelasan mengenai destinasi wisata air terjun Riam Dait. Air terjun ini masih sangat alami sehingga belum terjamah oleh tangan manusia. Hal ini sangat dipengaruhi oleh letak geografisnya yang jauh dari perkotaan. Meski butuh usaha ekstra selama perjalanan, Anda akan terpuaskan setelah melihat pemandangannya.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button