Pantai Ora, Maluku Tengah, pantai yang indah dan spot favorit para pecinta snorkeling - WisataHits
wisatahits

Pantai Ora, Maluku Tengah, pantai yang indah dan spot favorit para pecinta snorkeling

Harga tiket: Gratis, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Jl.Kecamatan,Kecamatan. Seram Utara, Kab. Maluku Tengah, Maluku; Kasus: Cek lokasi

Tak mau kalah dengan pariwisata di Indonesia bagian barat, tempat wisata di Indonesia bagian timur tidak boleh dianggap remeh. Sebut saja Pantai Ora di wilayah tengah Maluku. Meski tidak setenar pantai-pantai di Bali, pantai ini memiliki ciri khas tersendiri yang bisa membuatnya dijuluki sebagai surga tersembunyi.

Air laut yang jernih memudahkan pengunjung untuk melihat dan mengagumi keindahan bawah laut. Tidak hanya itu, karena letaknya yang terpencil, Anda bisa bersantai di resort yang tersedia tanpa khawatir diganggu oleh wisatawan lain. Bagi Anda yang ingin menikmati keindahan pantai hingga tengah malam, berkemah bisa menjadi pilihan.

Dengan predikat sebagai salah satu tempat wisata yang “eksklusif”, tak heran jika Pantai Ora menjadi incaran para high-end traveller. Namun, seperti semua lokasi wisata alam di Indonesia, siapapun yang berkunjung bebas menikmati keindahan dan surga kekayaan bahari negeri Maluku.

Atraksi Ora.

Ora.  Atraksi PantaiKredit gambar: Instagram Ms. Waas • –

1. Pemandangan yang luar biasa

Tidak hanya perjalanan panjang menuju pantai ini yang menjadikannya pantai yang “menarik” untuk dikunjungi. Pantai yang indah ini memiliki beberapa keindahan yang sayang jika dilewatkan.

Mari kita mulai dengan lanskap besar. Pantai Ora merupakan pantai yang memiliki beberapa tebing besar. Uniknya, kamu bisa menemukan gua-gua kecil yang bisa kamu kunjungi saat menyelam. Pantainya sendiri memiliki pasir putih hangat yang siap menyambut langkah Anda saat berkunjung ke pantai ini.

2. Susunan yang tidak kalah dengan Maladewa

Ketika Anda memasuki akomodasi pilihan Anda, Anda mungkin akan terkejut melihat jembatan kayu yang biasa digunakan untuk menghubungkan stasiun satu sama lain. Di bawahnya, terumbu karang berjajar indah, menyediakan perlindungan bagi ikan-ikan kecil yang berenang di bawah sinar matahari.

3. Tempat yang sempurna untuk Ssnorkeling Di mana Dhidup

Atraksi Ora.Kredit Gambar: GalantBlack Instagram

Meski ombak di pantai ini bukanlah ombak khas yang cocok untuk berselancar, ada penginapan yang menyediakan perlengkapan untuk kano. Jika Anda tidak terlalu suka berkano, berenang dengan tenang, snorkelingDi mana menyelam menjadi pilihan olahraga air yang bisa Anda praktikkan di pantai ini.

4. Kenali kehidupan laut dari dekat

Uniknya, menurut beberapa sumber, Anda tidak perlu menyelam terlalu dalam untuk mengenal biota laut lebih dalam. Dari kedalaman dua hingga tiga meter, Anda bisa melihat bagaimana ekosistem laut di kawasan ini sangat luar biasa dan masih sangat terjaga kelestariannya.

Dengan keindahan pemandangannya, Anda tidak perlu khawatir kehabisan stok untuk berfoto. Tidak cukup hanya berfoto, menikmati sunset di pantai ini yang akan membawa Anda ke malam yang romantis. Tentunya menginap di hostel di sekitar Pantai Ora, terutama yang berada di atas laut, akan memberikan Anda pengalaman bermakna yang tidak dapat ditemukan di mana pun.

Alamat dan rute menuju lokasi pantai

Lokasi pantai Ora.Kredit Gambar: Instagram INDONESIA | #ayo

Pantai menawan ini terletak di provinsi Maluku, tepatnya di Kabupaten Maluku Tengah. Secara spesifik, wisata pantai ini terletak di ujung barat Teluk Sawai, bersebelahan dengan Desa Sawai dan Desa Saleman. Pantai ini terletak sekitar 45 km dari Taman Nasional Manusela.

Perjalanan menuju lokasi pantai bisa dibilang cukup “berbelit-belit” karena lokasi pantai ini tersembunyi. Nah, jika Anda ingin berlibur ke pantai ini, berikut yang harus Anda lakukan:

1. Lokasi Anda → Ambon

Ambil penerbangan ke kota Ambon. Jika Anda datang dari Jakarta, ada banyak pilihan penerbangan yang bisa Anda pilih. Namun, rata-rata membutuhkan transit (biasanya di Makassar). Beberapa kota menawarkan penerbangan langsung ke Ambon, misalnya penerbangan dari Surabaya atau dari Makassar.

2. Road Trip Bandara Pattimura (Ambon) → Pelabuhan Pelabuhan Tulehu

Lanjutkan perjalanan Anda menuju Pelabuhan Tulehu. Dari bandara Anda harus pindah ke bagian timur pulau, menempuh jarak sekitar 35 km.

3. Pelayaran Laut Tulehu – Amahai

Amahai adalah nama pelabuhan yang wajib kamu kunjungi sebelum ke Pantai Ora, Maluku Tengah. Di Pelabuhan Tulehu, feri dapat membawa Anda ke Pelabuhan Amahai. Feri ini tersedia dua kali sehari (09:00 WIT dan 16:00 WIT dari Senin hingga Sabtu), sedangkan pada hari Minggu hanya tersedia pada pukul 11:00 WIT.

4. Pelabuhan Amahai → Desa Saleman

Saat ini, Anda hanya dapat mencapai Desa Saleman dari Amahai dengan menyewa kendaraan karena transportasi umum belum tersedia. Perjalanan akan memakan waktu sekitar 2,5-3 jam tergantung situasi perjalanan.

Perjalanan dari Amahai ke Desa Saleman mengharuskan Anda melintasi jalan Trans Seram yang melintasi jalur pegunungan yang indah. Belum lagi, Anda juga akan melewati kawasan Taman Nasional Manusela.

5. Desa Saleman → Pantai Ora Pantai

Untuk sampai ke pantai, Anda masih harus menyewa perahu motor kecil untuk sampai ke sana. Berjalan di jalan setapak itu mungkin, tetapi bagi pengunjung yang tidak berpengalaman itu bisa sedikit berbahaya. Saat ini, hanya warga Desa Saleman yang memiliki pengalaman di bidang ini.

Perkiraan biaya perjalanan ke pulau

Biaya Perjalanan ke Pantai OraKredit Gambar: Google Maps Imam Kurnianto

Anda tidak dikenakan biaya apapun untuk memasuki kawasan Pantai Ora – meskipun sebaliknya Anda harus membayar biaya transportasi yang sangat tinggi untuk mengunjungi pantai ini. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah ilustrasi harga transportasi dari Jakarta ke wilayah pesisir:

  • Tiket Pesawat Jakarta-Ambon (PP, harga Juli 2021): Rp 4.000.000,-
  • Biaya transportasi Ambon-Tulehu: Rp 200.000,- (perkiraan anggaran)
  • Ferry Teluhu-Amahai (PP): Rp 300.000,- sd Rp 500.000
  • Biaya sewa kendaraan di Amahai-Saleman (PP): Rp 1.600.000,-
  • Saleman Boat-Pantai Ora (PP): Rp 200.000,-

Jika dijumlahkan maka biaya transportasi yang perlu anda siapkan adalah Rp 6.300.000 per orang. Ingatlah bahwa Anda dapat menurunkan biaya per orang jika Anda bepergian dalam kelompok. Selain itu, biaya ini selalu merupakan perkiraan biaya yang dapat berubah sewaktu-waktu, naik atau turun.

Aktivitas seru yang bisa dilakukan di Pantai Ora

Kegiatan di Ora.Kredit gambar: Google Maps Yossy Okvianty

1. Menikmati keindahan pantai

Keindahan pantai timur Indonesia memang tidak bisa dipandang sebelah mata. Pantai Ora merupakan salah satu pantai yang keindahannya masih alami – sedikit campur tangan manusia.

2. Berenang, snorkeling atau menyelam

Seperti pantai, Anda tidak bisa menghindari godaan untuk guyuran air, kan? Baik itu berenang, snorkeling, atau menyelam di sekitar tebing, pantai ini memiliki semuanya.

3. Berburu Foto

Buat kamu yang suka fotografi, terutama foto landscape, siap-siap bawa kartu memori tambahan! Jangan pulang tanpa mengambil ribuan foto untuk dicetak atau Anda akan tersesat.

Penginapan murah dekat pantai

Kredit Gambar: Google Maps Oka Mahendra

1. Ora Beach Resort (Mulai Rp 850.000 hingga Rp 3.500.000 per malam)

Resor Pantai Ora menjadi salah satu pilihan akomodasi eksklusif Anda saat mengunjungi Pantai Ora dan sekitarnya. Resor ini bisa mahal, namun dengan fasilitas yang ditawarkan dan posisi yang ditempatinya, harga yang ditawarkan terkesan masuk akal.

Kamar yang luas dan tiga pilihan lokasi resort (kamar darat, kamar laut atau rumah laut) yang dapat Anda pilih sesuai dengan anggaran yang telah Anda siapkan.

2. Oracave Eco-Lodge (mulai Rp 1.100.000 per malam)

Dengan luas 25m2 untuk setiap git, Anda dapat menjalani pengalaman ‘tinggal eksklusif” di hostel ini. Mungkin agak jauh dari pantai, tapi kamu bisa mencoba kano atau sekedar nongkrong di balkon yang disediakan untuk setiap chalet.

3. Kakatua Bungalow (mulai Rp 650.000,- per malam)

Jika Anda ingin sedikit berhemat, Kakatua Bungalow bisa menjadi pilihan akomodasi yang tepat untuk Anda pilih selama berkunjung. Kamar yang tersedia sedikit lebih sempit dan fasilitasnya standar, tetapi Anda dapat memilih lokasi kamar Anda: dekat pantai, atau sedikit lebih jauh di lepas pantai.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Pantai Ora.Kredit Gambar: Google Maps jihanalkatiri28 Fahira

Berbeda dengan pantai-pantai lain yang memiliki fasilitas umum seperti toilet dan warung-warung kecil yang berjejer di tepi pantai, Pantai Ora tidak dilengkapi dengan fasilitas apapun. Fasilitas yang tersedia adalah yang disediakan oleh resort/hotel tempat Anda menginap.

Pada umumnya toilet sudah tersedia di setiap kamar akomodasi yang Anda tempati. Restoran juga tersedia di setiap hostel. Perlu diingat, karena tidak ada restoran lain yang tersedia di area ini, tidak jarang harga makanan di atas rata-rata. Oleh karena itu, Anda perlu menyiapkan anggaran lebih.

Selain restoran, perahu dan peralatan untuk snorkeling dan diving adalah fasilitas tambahan berbayar yang bisa Anda temukan di area pantai. Meski tidak murah, bagi Anda yang menyukai dunia bawah laut, snorkeling atau diving adalah hal yang wajib dilakukan di pantai ini.

Bagaimana? Siap mengunjungi Pantai Ora! Memang perjalanan ke pantai ini sama sekali tidak memakan biaya yang murah – bahkan bisa dikatakan sangat “eksklusif”. Namun, Anda hanya dapat memiliki pengalaman yang luar biasa dan berbeda dari pantai lain di pantai ini.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button