Umbul Cokro Klaten, destinasi wisata air untuk rafting dan tubing - WisataHits
wisatahits

Umbul Cokro Klaten, destinasi wisata air untuk rafting dan tubing

Umbul Cokro merupakan salah satu pemandian alam Klaten, Jawa Tengah. Atraksi air yang memiliki penglihatan alami sangat menawan dan menawarkan wahana air yang seru seperti arung jeram dan river tubing.

Harga tiket: Rp15.000, Jam operasional: 08.00-17.00 WIB, Alamat: Jl.Cokro, Kec. Tulung, Kab. Klaten, Jawa Tengah; Kasus: Cek lokasi

Klaten merupakan tempat yang memiliki segudang tempat wisata, salah satunya yang paling terkenal adalah wisata bahari. Wisata bahari yang paling banyak dikunjungi di Klaten adalah wisata Umbul Cokro. Tempat wisata ini merupakan tempat wisata yang memiliki sumber mata air alami.

Wisata air di Klaten tidak hanya menawarkan aktivitas berupa berenang dan mandi, namun di pemandian umum ini banyak aktivitas menarik yang bisa dilakukan.

Umbul Cokro merupakan tempat wisata air yang memiliki air yang jernih dan sejuk. Selain itu, tempat wisata bahari ini juga memiliki suasana yang menentramkan. Anda bisa menjadikan tempat ini sebagai tempat liburan akhir pekan berikutnya.

Daya tarik Umbul Cokro

Atraksi Panji CokroKredit gambar: Google Maps gazal wijdan

1. Banyak spot foto

Air sungai yang jernih dan mengalir ini bisa dijadikan spot foto unik. Menyelam dan berfoto di dalam air merupakan salah satu tempat yang unik dan langka untuk berfoto. Banyak pengunjung yang mengunggah foto-foto indah saat menyelam ke dalam air.

Bebatuan yang tertata alami dan rapi di tepi sungai menjadi spot foto yang keren. Selain itu, Anda bisa berkeliling tempat wisata ini untuk mendapatkan spot foto yang indah. Dengan keindahan alam yang tersaji di tempat ini, Anda tidak akan menyesal berlibur di tempat ini.

2. Menawarkan berbagai aktivitas yang menyenangkan

Di Wisata Umbul Cokro Klaten tidak hanya bisa melakukan aktivitas berenang, namun wisata air ini akan memberikan berbagai aktivitas menarik dan seru untuk dilakukan bersama teman dan keluarga.

Yang menarik orang untuk mengunjungi tempat wisata ini adalah banyaknya rute yang ditawarkan. Wahana ini disediakan untuk semua wisatawan yang ingin bermain.

Alamat, lokasi, rute dan harga tiket masuk Umbul Cokro

Alamat Spanduk CokroKredit gambar: Google Maps Yudhi Sugiyarto

Lokasi wisata air Umbul Cokro Klaten berada di Cokro, Tulung, Klaten, Jawa Tengah. Dari Alun-Alun Klaten Anda bisa mencapai lokasi selama 30 menit. Jarak yang ditempuh kurang lebih 14,3 km. Anda bisa menggunakan mobil atau kendaraan roda dua untuk menuju tempat wisata populer ini.

Rute yang akan ditempuh untuk sampai ke tempat ini dimulai dari Alun-Alun Klaten dan kemudian bisa mengikuti jalan raya utama. Jalan raya utama ini akan membawa Anda ke Gor Degreesena dan monumen Joang 45.

Lurus saja sampai menemukan pertigaan lalu belok kanan. Setelah itu pilih kiri jika ada belokan. Sesampainya di desa Kadirejo anda akan melihat pertigaan lagi, di pertigaan pilih kiri, jika menemukan belokan lain anda bisa mengarahkan kendaraan ke kanan.

Anda akan menemukan taman di ujung jalan dan ikuti saja jalan setapak. Kemudian Anda akan menemukan kantor desa gledeg. Pilih kanan jika Anda menemukan tikungan besar. Datanglah ke tugu ikan dan belok kendaraan Anda ke kiri. Kemudian Anda akan menemukan masjid dan terus lurus.

Anda akan menemukan pertigaan terakhir di dekat masjid. Anda akan segera tiba, lurus ke depan dan ikuti jalan. Tidak jauh dari tikungan Anda akan sampai ke tempat wisata air Umbul Cokro Klaten.

Pemandian alami ini menawarkan tiket masuk per orang sebesar Rp 15.000. Wisata bahari yang terkenal ini buka setiap hari, dengan jam buka dari jam 8 pagi sampai jam 5 sore.

Selain tiket masuk, Anda akan dikenakan biaya parkir. Parkir motor biasanya dikenakan biaya Rp 3.000. Biaya parkirnya Rp 5.000.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Umbul Cokro

Kegiatan Panji CokroKredit Gambar: Google Maps Nikky Kenya

1. Mengapung dalam arus

Tempat wisata populer ini memiliki aliran air yang jernih dan sejuk. Anda bisa mengapung di arus air mata air alami ini. Sambil menikmati kesegaran kolam renang yang dikelilingi pepohonan hijau besar, Anda bisa bersantai sejenak.

Aliran air sungai di tempat wisata Umbul Cokro Klaten ini sangat jernih dan menyejukkan. Aliran ini tidak hanya digunakan sebagai tempat bermain, Anda bisa menghilangkan stres karena keindahan tempat ini.

2. Bersantai di gazebo

Jika Anda tidak ingin berenang dan basah kuyup, Anda bisa menikmati keindahan alam sekitar sambil berlindung di gazebo yang tersedia untuk Anda. Anda bisa duduk sebagai alternatif relaksasi. Anda juga bisa memperhatikan aktivitas menarik di Umbul Cokro.

Selain itu, Anda bisa bersantai di gazebo ini. Banyak wisatawan juga beristirahat dengan makan dan menikmati bekal atau jajanan yang dibawa. Alternatif lain jika Anda tidak membawa makanan sendiri adalah dengan memesan hidangan dan jajanan lezat di sekitar tempat wisata ini.

3. Berenang di Waterboom Cokro Tulung

Di tempat wisata ini terdapat sebuah kolam renang yang bernama Waterboom Cokro Tulung. Tempat ini selalu ramai dikunjungi pengunjung, anak-anak dan orang dewasa.

Di kolam ini disediakan perosotan kecil untuk anak-anak. Ada juga seluncuran dewasa dengan jalur berkelok-kelok membuat tempat ini seru. Ada air mancur dan wahana air seru lainnya.

Yang membuat Kolam Cokro Tulung populer dan selalu ramai adalah air kolamnya berasal dari mata air alami. Jadi sangat sejuk dan segar. Selain itu, air kolam ini tidak berbau kaporit dan aman untuk anak-anak.

4. Arung Jeram dan Turbin Sungai di anak sungai

Selain berenang dan terapung di air sungai, aktivitas air lainnya di tempat ini adalah arung jeram. Di tempat wisata ini, arung jeram merupakan kegiatan yang menarik dan favorit. Anda bisa mengikuti arus sungai ini sejauh 3,5 km. Jalur berbatu dengan aliran air yang deras membuat aktivitas ini seru.

Wisatawan yang ingin menyusuri sungai dengan melakukan arung jeram ini akan ditawari fasilitas berupa lambung kapal yang besar dan ban agar aman. Kegiatan ini selalu menjadi kegiatan utama yang dilakukan oleh pengunjung ketika datang ke tempat ini.

Jalur yang menyenangkan dan menantang ini dapat menciptakan momen indah untuk Anda. Di ujung jalur arung jeram, Anda akan disambut oleh air terjun yang indah. Air terjun yang indah ini bisa dijadikan sebagai spot foto yang bagus bersama teman-teman.

Bagi Anda yang menyukai tantangan, tempat wisata ini menawarkan wahana turbin pasang surut. Turbin pasang surut ini merupakan kegiatan yang dilakukan dengan mengikuti arus sungai yang deras. Game ini sangat cocok untuk kamu yang ingin berpetualang di sekitar sungai.

5. Tamasya yang menyenangkan

Di wisata air Umbul Cokro Klaten ini tidak hanya aktivitas basah saja. Tapi Anda bisa melakukan aktivitas menarik lainnya tanpa menyentuh air.

Jalan-jalan seru ke tempat wisata ini menjadi pilihan bagi sebagian wisatawan yang datang bersama rombongan atau teman-teman. Kegiatan outbound ini selalu menyenangkan dan menarik jika dilakukan bersama-sama.

Di area exiting ini terdapat beberapa aktivitas yang bisa dimainkan oleh anak-anak maupun orang dewasa. Kegiatan yang menyenangkan adalah bungee jumping yang dilakukan dengan melompat dari jembatan. Kegiatan ini dilakukan dengan menggunakan tali tunggal. Game ini cocok untuk kamu yang menyukai tantangan.

Ada flying fox yang bisa mengajak Anda berseluncur dengan ketinggian sekitar 20 meter. Masih banyak kegiatan seru lainnya yang bisa dilakukan bersama. Ada mini trail yang merupakan permainan seru untuk anak-anak.

6. Berjalan di sekitar area berenang

Di kawasan wisata ini terdapat aliran air buatan yang sengaja dibuat untuk mempercantik tempat ini. Ada jembatan penyeberangan di atas sungai.

Di tempat ini, orang sering berjalan-jalan dan menikmati keindahan alam Umbul Cokro Klaten. Air yang jernih, segar dan kehijauan ini selalu membuat pengunjung ingin berlama-lama di sini.

Fasilitas yang tersedia di Umbul Cokro Klaten

Umbul Cokro.Kredit Gambar: Google Maps Lina-nya

Fasilitas yang disediakan di lokasi terpopuler di Klaten ini adalah parkir dan toilet. Selain itu, terdapat beberapa gazebo tempat pengunjung beristirahat. Ada kios-kios yang menawarkan makanan dan minuman. Ada tempat persewaan peralatan renang.

Apalagi di sekitar tempat wisata ini juga terdapat beberapa hostel yang bisa Anda sewa dengan harga yang disesuaikan dengan fasilitasnya. Bagi Anda yang berasal dari luar daerah, Anda bisa bermalam di hostel agar keesokan harinya bisa melanjutkan perjalanan ke tempat wisata ini.

Selain digunakan sebagai tempat liburan, hiburan dan bermain, masyarakat sekitar Wisata Air Umbul Cokro juga menjalankan tradisi Padusa di sekitar kawasan wisata ini. Tradisi ini dilakukan sebelum memasuki bulan Ramadhan. Sehingga tempat wisata ini tidak hanya ramai dikunjungi wisatawan, tetapi juga dengan penduduk lokal.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button