Pemandangan & Tengara di Boyolali - WisataHits
wisatahits

Pemandangan & Tengara di Boyolali

Pemandangan & Tengara di Boyolali

Jika Anda bepergian ke Semarang atau Solo dari arah timur, pasti melewati Kabupaten Boyolali. Kabupaten ini masih merupakan wilayah Jawa Tengah dan terletak di utara kota Solo.

Pemandangan & Tengara di Boyolali

Kabupaten Boyolali dikenal sebagai penghasil susu sapi. Anda bisa menikmati susu segar yang bisa Anda temukan di pedagang pinggir jalan.

Pemandangan & Tengara di Boyolali

Tak hanya susu sapi, Kabupaten Boyolali juga masih terbilang alami karena sedikit pembangunan yang dilakukan di sana. Karena kawasannya masih alami, tidak heran jika jumlahnya banyak Wisata alam di Boyolali.

Jika anda berkunjung ke Semarang atau Solo, jangan lupa mampir ke Boyolali dan kunjungi tempat wisata di Boyolali seperti kota susu sapi.

Berikut Tempat Wisata di Boyolali Jawa Tengah

1. Tempat Wisata di Tlatar Water Park

Tur-Tlatar-Boyolali

Satu dari Tempat Wisata Boyolali yang up adalah tempat wisata Tlatar Boyolali. Tempat wisata ini terletak di Desa Kebonbimo, Kabupaten Boyolali. Tempat wisata water park Tlatar ini bisa dijangkau dari pusat kota dengan jarak yang sangat dekat, hanya 4 km.

Apa yang dapat Anda lakukan di Taman Air Tlatar?

Di tempat wisata bahari Tlatar ini ditawarkan berbagai macam fasilitas yang sangat menarik. Fasilitas yang ada seperti kolam renang, taman wisata, tempat pemancingan, kios souvenir dan beberapa panggung yang digunakan untuk pertunjukan hiburan.

Tidak hanya menawarkan wisata wahana air, di sini juga dijadikan wisata kuliner ke Boyolali yang enak dan mudah. Tlatar coock water park merupakan tempat wisata untuk wisata keluarga karena anak-anak bisa bermain air bahkan ada kolam terapi ikan disini. Tak heran jika taman air Tlatar banyak dikunjungi wisatawan lokal.

2. Tempat Wisata Gardu Pandang Baru Selo

Gardu-Pandang-Baru-Selo-Boyolali

Tempat wisata Selo Boyolali menyuguhkan pemandangan sejuta warna. Anda bisa melihat pemandangan pegunungan yang terletak di Gunung Merapi dan Taman Nasional Gunung Merbabu.

Dari pos inilah Anda akan melihat panorama Gunung Merapi dan Gunung Merbabu yang menakjubkan. Tidak hanya sebagai tempat wisata, tempat wisata New Selo juga dijadikan sebagai salah satu jalur pendakian ke Gunung Merapi.

Tidak hanya melihat kawasan pegunungan, disini anda juga akan melihat kawasan hutan, joglo dan beberapa tempat makan dari gardu induk. Untuk menuju ke sana, Anda bisa berjalan kaki atau menyewa mobil van.

3. Tempat Wisata Omah Bambu Merapi

Omah-Bambu-Merapi-Boyolali

Masih berlokasi di Selo Baru, jika ingin melihat sisi lain dari Boyolali, tidak ada duanya. Rumah bambu atau wisata Omah Bambu di Boyolali menjadi pilihan yang tepat.

Tak hanya melihat keindahan alam yang super asri, Anda bisa mengunjungi rumah bambu sebagai objek wisata. Anda akan merasa menyatu dengan alam.

Tempat wisata Omah Bambu Merapi merupakan tempat wisata baru di Boyolali dan lama kelamaan menjadi tempat wisata yang populer karena keunikan keindahan dan karakternya. Tempat wisata Omah Bambu Merapi merupakan tempat yang tepat untuk berfoto untuk menghiasi status media sosial Anda.

Anda akan mendapatkan lanskap Gunung Merapi dan Gunung Merbabu di latar belakang. Tentunya perpaduan tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi siapapun yang berkunjung ke tempat wisata Omah Bambu Merapi.

Harga tiket masuk ke Omah Bambu Merapi juga murah yaitu hanya satu Rp5.000 hanya dengan sepeda motor.

4. Tempat Wisata Bukit Gancik

Bukit-Gancik-Boyolali

Tempat wisata boyolali merupakan tempat wisata Bukit Gancik. Sebagai pesaing New Selo, Bukit Gancik juga menawarkan pemandangan yang tak kalah indah. Tempat wisata Bukit Gancik terletak di Selo Nduwur, Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.

Karena tempatnya yang lebih tinggi, pemandangan di sini berbeda dengan New Selo. Pos pengamatan di sini berada di ketinggian 2000 mdpl, sehingga ideal untuk berpijak dengan pemandangan pegunungan dan awan.

Tempat wisata Bukit Gancik ini bisa Anda kunjungi sambil berfoto-foto. Sehingga membuat perjalanan Anda lebih menyenangkan.

5. Tempat Wisata Air Terjun Kedung Kayang

Air Terjun-Kedung-Kayang-Boyolali

Tempat wisata alam Boyolali yang sedang naik daun adalah tempat wisata Air Terjun Kedung Kayang. Lokasi wisata Air Terjun Kedung Kayang terletak diantara 2 gunung besar di Jawa Tengah yaitu Gunung Merapi dan Gunung Merbabu.

Jika anda ingin menuju tempat ini dari Boyolali atau Magelang, maka anda akan menempuh jarak 30 km atau 1 jam. Jika dimulai dari Jogja, jaraknya sekitar 55 km dengan waktu tempuh sekitar 1 jam 45 menit.

Tempat wisata air terjun ini sempat menjadi rebutan antara masyarakat Kecamatan Selo, Boyolali dan Kecamatan Sawangan, Magelang. Namun pada akhirnya aksi Kedung Karyng ditetapkan sebagai wisata Boyolali.

Harga tiket masuk air terjun ini hanya Rp 2.500 per orang. Di tempat wisata Air Terjun Kedung Kayang ini terdapat tempat untuk beristirahat sambil menikmati pemandangan air terjun. Ada juga penginapan di sekitar air terjun.

6. Tempat Wisata Gardu Suroteleng

Gardu Pandang-Suroteleng-Boyolali

Kecamatan Selo tidak henti-hentinya menyuguhkan pemandangan yang menarik. Ada lagi wisata Boyolali di Jawa Tengah yang berlokasi di kecamatan Selo tepatnya di desa Suroteleng yaitu Gardu Pandang Suroteleng.

Sebelumnya, pos pengamatan ini memiliki jalur yang ekstrim, namun karena pemandangannya yang indah, tidak menghalangi wisatawan untuk berbondong-bondong ke sini.

Tempat ini ramai dengan anak muda yang suka traveling dan ingin berfoto dengan pemandangan yang bagus dan menarik.

Simak dan baca juga: Wisata Malam di Semarang

7. Tempat Wisata Candi Lawang

Candi-Lawang-Boyolali

Tempat wisata di Kabupaten Boyolali memang cukup lengkap, termasuk candinya. Di Boyolali juga terdapat tempat wisata yaitu Candi Lawang.

Candi Lawang merupakan bangunan bersejarah peninggalan umat Hindu. Di sekitar tempat wisata Candi Lawang tidak terdapat relief yang menjadi saksi peninggalan sejarah agama Hindu.

Lokasi di sekitar candi masih banyak reruntuhan dan batu-batu candi yang berserakan, jelas batu-batuan tersebut merupakan ornamen masa lampau.

Tempat Wisata Candi Lawang terletak di Desa Gedangan, Kecamatan Cepogo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah. Jalan terdekat menuju candi ini adalah dari Jogja ke Klaten Baru dan lurus ke Boyolali.

8. Tempat Wisata Candi Sari

Candi-Sari-Boyolali

Selain tempat wisata Candi Lawang, masih ada peninggalan sejarah milik kerajaan Hindu di Boyolali yaitu Candi Sari. Berbeda dengan Candi Lawang yang tidak ada keterangan tahun candi tersebut dibangun atau ditemukan oleh masyarakat Boyolali.

Candi Sari memiliki sejarah masa lalu yang ditemukan oleh penduduk setempat pada tahun 1967. Tempat wisata Candi Sari terletak tidak jauh dari Candi Lawang.

Menurut warga sekitar, Pura Sari hingga saat ini masih dikeramatkan masyarakat karena memiliki sumber yang dapat dipercaya. Hal inilah yang menyebabkan masyarakat sekitar candi masih melestarikan candi Sari hingga saat ini.

9. Pemandian Umbul Pengging

Pemandian Pengging-Umbul

Tempat wisata alam di Boyolali lainnya adalah Pemandian Umbul Pengging. selain Klaten yang memiliki umbul atau mata air, namun Boyolali juga memiliki umbul yang sangat ingin anda langsung menyelam dan merasakan kejernihan airnya.

Anda juga bisa menuju Umbul Pengging dengan jarak tempuh sekitar 20 menit dari Solo. Tempat wisata Umbul Pengging terletak di kecamatan Banyudono.

Pada zaman dahulu tempat pemandian Umbul Pengging disebut dengan pemandian Tirto Marto. Karena pernah menjadi tempat pemandian keluarga bangsawan, maka jangan heran jika melihat bangunan unik berarsitektur khas Jawa tempo dulu di sekitar umbul.

Untuk bangunan yang terletak di sini, Anda masih bisa merasakan suasana Keraton Kasunan Surakarta. Membuat perjalanan lebih menarik.

Baca Juga : Tempat Wisata di Kota Solo

Demikian informasi 9 tempat pariwisata di Boyolali Jawa Tengah sedang booming. Lokasi ini sangat cocok sebagai tempat wisata yang harus anda kunjungi.

Source: wisatabagus.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button